5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Manusia

Status
Not open for further replies.

Widia

New Member
Kunyit yang juga dikenal sebagai curcuma longa merupakan ramuan alami yang sangat umum. Selain itu, kunyit mengandung berbagai macam sifat antioksidan, antiviral, anti bakteri, anti jamur dan anti inflamasi. Berikut adalah 5 manfaat kunyit untuk kesehatan manusia.


1. Mencegah kanker

Kunyit bisa membantu mencegah kanker prostat, menghentikan pertumbuhan kanker prostat, bahkan bisa menghancurkan sel kanker. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa komponen aktif dalam kunyit mampu melindungi tubuh dari penyakit tumor yang disebabkan oleh radiasi sehingga hal ini menjadikannya sebagai pelindung alami yang memiliki efek pencegahan terhadap sel tumor.

2. Mengontrol diabetes

Selain bisa mencegah kanker, kunyit juga dapat digunakan dalam pengobatan diabetes dengan membantu menstabilkan kadar insulin. Selain itu kunyit juga mampu memperbaiki kontrol glukosa dan meningkatkan efek obat yang digunakan untuk mengobati diabetes. Manfaat lain yang signifikan adalah keefektifan kunyit dalam membantu mengurangi resistensi insulin, yang bisa mencegah timbulnya diabetes tipe-2.

3. Mengurangi tingkat kolesterol

Hanya dengan menggunakan kunyit sebagai bumbu makanan,dapat mengurangi kadar kolesterol. Hal ini dibenarkan oleh para penelitian karena sudah mendapatkan bukti. Fakta lainnya adalah bahwa kolesterol bisa menjadi penyebab munculnya penyakit lain sehingga mempertahankan tingkat kolesterol yang tepat dapat mencegah tumbuhnya berbagai penyakit.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Zat lipopolisakarida yang terkandung dalam kunyit bisa membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan anti jamur, anti inflamasi dan anti bakteri dalam kunyit juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang filek, batuk, dan flu.

5. Menyembuhkan luka

Kunyit merupakan agen antiseptik dan anti bakteri alami yang bisa digunakan sebagai desinfektan yang efektif. Jika anda memiliki luka bakar atau luka sejenis lainnya, anda bisa menggunakan kunyit untuk mempercepat proses penyembuhan. Kunyit juga bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit sehingga bisa digunakan oleh penderita psoriasis dan penyakit kulit lainnya.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top