Mengatasi Beberapa Penyakit Dengan Serai

Status
Not open for further replies.

Widia

New Member
Serai memiliki bau yang harum dan memiliki kandungan yang bermanfaat bag kesehatan. Karena keharumannya serai dijadikan bahan baku untuk membuat sabun, lotion atau minyak. Selain aroma harumnya yang dimanfaatkan, serai juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Anda bisa membuat ramuan sendiri dari serai untuk mengobati penyakit maag, sakit gigi, obat batuk bahkan keseleo.


Khasiat serai

Kandungan anti bakteri dan anti mikroba yang terdapat dalam serai sangat bagus untuk mencegah infeksi. Selain itu, di dalam serai juga terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredakan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi. Manfaat lainnya dari serai yakni dapat digunakan untuk menurunkan panas, meluruhkan dahak, mengobati batuk, sebagai obat kumur serta menghangatkan badan.
  • Serai sebagai obat batuk
Apabila anda mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh meski telah melakukan berbagai pengobatan, silakan coba dengan serai. Anda bisa merebus 50 gram daun serai kering ke dalam 2 gelas air. Rebus sampai air menyusut hingga tersisa setengah gelas. Konsumsi 3 kali sehari untuk mengusir batuk.
  • Serai sebagai obat sakit gigi
Rebus 40 gram serai segar ke dalam 2 gelas air hingga air tersisa setengah gelas. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur hingga sakit gigi yang anda derita sembuh.
  • Serai sebagai obat keseleo/terkilir
Tumbuk 2 batang serai, 3 buah kemiri dan sedikit air. Panaskan di atas api, setelah dirasa cukup panas tempatkan pada bagian yang terkilir. Lakukan sampai bagian tubuh anda yang terkilir sembuh.
  • Serai sebagai obat sakit maag
Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya yakni rebus 40 gram segar dalam 2 gelas air dan biarkan air tersisa setengah gelas. minum 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

Meski demikian, ada yang harus diperhatikan dari serai, apakah itu? Minyak serai. Minyak serai akan terasa sangat panas karena pada beberapa orang minyak serai dapat menimbulkan iritasi pada kulit, terlebih jika anda memiliki kulit sensitif.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top