5 Jenis Makanan Ini Tidak Dianjurkan Untuk Di Konsumsi Mentah

Status
Not open for further replies.

Widia

New Member
Makanan sehat memang akan jauh lebih baik jika di konsumsi dalam keadaan mentah. Namun, tidak semua jenis makanan sehat bisa di konsumsi mentah, makanan-makanan berikut ini justru dapat menimbulkan bahaya jika kamu memakannya dalam keadaan masih mentah.


1. Daging ayam

Tidak seperti ikan yang dapat di konsumsi secara mentah. Daging ayam dipenuhi oleh bakteri, yang mana bakteri tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum di konsumsi. Anda setidaknya harus mengolah daging ayam dengan suhu 165 derajat untuk mematikan bakteri yang di dalamnya. Jika anda mengkonsumsi daging ayam dalam keadaan setengah matang, akan membahayakan kesehatan tubuh dan bisa merusak usus.

2. Buncis

Meski ini adalah sayuran sehat, namun buncis tidak dianjurkan untuk di konsumsi secara entah. Mengapa? Buncis mengandung glikosida sianogen (zat asam amino beracun). Sehingga anda harus memasaknya terlebih dahulu untuk di konsumsi. Kukus buncis sebelum dijadikan lalapan jauh lebih baik untuk mencegah datangnya gangguan kesehatan pada tubuh.

3. Terong

Terong tidak baik jika di konsumsi mentah. Ini dikarenakan kandungan solanin yang terdapat pada terong memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh sehingga anda harus memasaknya terlebih dahulu untuk menetralisir kandungan berbahaya tersebut.

Jika anda termasuk orang yang sensitif akan asupan makanan, tidak menutup kemungkinan terong juga bisa menyebabkan diare, mual, kram perut dan muntah saat mengkonsumsi terong.

4. Kentang

Kentang yang di konsumsi setengah matang tidak baik untuk di konsumsi. Sama halnya dengan terong, kentang juga memiliki kandungan solanin yang tentunya akan memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, apabila anda ingin mengkonsumsi kentang, masak hingga matang terlebih dahulu.

5. Bagian dari buah pir

Bagian dalam buah pir yang berada di dekat biji buah dan bertekstur lembut seharusnya tidak di konsumsi. Mengapa? Bagian tersebut mengandung amygladin yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda memakan buah pir cukup sampai pada daging buahnya saja.
 

Widia

New Member
Tapi di jepang ada loh yg makan daging sapi masih mentah atau setengah matang, itu gimana ya buat kesehatannya
Bahaya bagi kesehatan. Karena selain bakteri, dalam daging sapi mentah terdapat cacing yang bisa menginfeksi tubuh. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika cacing-cacing tersebut melakukan siklus hidupnya di dalam tubuh. Sebagai contoh, cacing yang masuk ke dalam usus akan bertelur kemudian tumbuh menjadi larva, tumbuh lagi menjadi cacing dewasa dan begitu seterusnya. Pada akhirnya manusia terinfeksi cacing pita dan akan tumbuh hingga 15 meter yang bertahan beberapa tahun lamanya.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top