Status
Not open for further replies.

YOYO

New Member

Apakah anda salah satu orang yang memanfaatkan kemajuan digital dalam peluang usaha bisnis percetakan yang sedang anda jalani ? Jika benar, usaha digital printing apa yang anda jalani, apakah jasa cetak sticker berkualitas, jasa sablon kaos custom, jasa cetak souvenir satuan, atau jasa percetakan lainnya ? Didalam bisnis digital printing bahan/ media yang digunakan tidak hanya menggunakan tinta saja, tetapi juga membutuhkan kertas khusus loh ! Dimana kertas tersebut memiliki banyak jenis yang sesuai kebutuhan para pemangku usaha. Dan inilah informasi penting tentang 8 jenis kertas yang sering digunakan pada dunia percetakan/ printing.

Kertas 3G Opaque
Produk terbaru transfer paper untuk printer inkjet, hasilnya lebih halus dan lebih menyatu pada kain dibanding transfer paper merk lain yang ada dipasaran,transfer paper ini dapat diprint dengan printer desktop / inkjet berbasiskan tinta pigment ataupun dengan tinta Eco-Solvent, tinta lebih cepat mengering dan meresap dengan kuat pada transfer paper sehingga mengurangi resiko luntur.

Kertas Sublime
Kertas yang biasa digunakan sebagai media transfer dari gambar ke barang-barang souvenir seperti (topi, mug, piring kaos dll). Kertas sublime / sublime paper ini cocok sekali digunakan, karena mampu memindahkan tinta secara maksimal pada media dengan warna yang lebih colour full.

Kertas HVS
Kertas yang terbuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mudah berubah warna (kekuningan) meskipun diletakkan dibawah sinar matahari/ lampu. Biasanya kertas HVS digunakan dalam percetakan khususnya fotocopy/ print.

Kertas Art Carton
Kertas ini memiliki permukaan yang halus, licin dan sedikit tebal. Biasanya digunakan untuk jasa cetak brosur seperti (cover buku, kartu nama, katalog).

Kertas Art Paper
Kertas ini memiliki permukaan yang sedikit licin tetapi hasil cetak yang dihasilkan bagus karena kertasnya yang halus. Dan tinta yang cocok digunakan untuk cetak adalah tinta art paper yang di desain khusus untuk head printer Epson.

Bontaks
Jenis kertas ini sering digunakan untuk cetak sticker pada kemasan suatu produk. Biasanya jenis kertas tersebut diprint / dicetak dengan printer Inkjet, dan memiliki texture dengan daya rekat tinggi.

Vinyl
Kertas yang terbuat dari bahan vinyl / sebuah plastik lentur dengan texture yang lembut, tahan lama dan tahan terhadap air bahkan cuaca. Jenis vinyl tidak bisa diprint menggunakan printer Ink jet biasa, tetapi menggunakan laserjet print. Biasanya digunakan untuk sticker outdoor.

Chromo
Kertas stiker memiliki permukaan yang licin sehingga sangat bagus digunakan untuk cetak separasi. Selain itu daya rekat stiker chromo juga sangat bagus sehingga bisa digunakan sebagai label kemasan, stiker pilkada dan stiker promosi.

Itulah jenis kertas yang sering dugunakan dalam dunia percetakan, semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih ♥
 

Attachments

Fachri

New Member
tambahan untuk kertas art paper dan art carton juga terkadang menyediakan dua tekstur, glossy dan doff. terkadang ada juga percetakan yang menggunakan kertas sejenis photo paper juga.
 

YOYO

New Member
tambahan untuk kertas art paper dan art carton juga terkadang menyediakan dua tekstur, glossy dan doff. terkadang ada juga percetakan yang menggunakan kertas sejenis photo paper juga.
wahh sipp mas,
terimakasih sudah diberi tambahan yang benar :)
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top