5 Cara Memilih Multivitamin Yang Tepat Untuk Anak

Status
Not open for further replies.

Basri Abdullah

New Member
Suplemen multivitamin memiliki manfaat yang penting sebagai pelengkap gizi dan nutrisi, namun orangtua tetap harus cermat dalam memilah-milah produk yang tepat.

Disebutkan bahwa suplemen vitamin yang tepat mampu melengkapi kekurangan zat gizi pada anak, menjaga vitalitas, dan menghindarkan terhadap risiko gangguan tumbuh kembang. Namun orangtua juga perlu memahami benar bahwa suplemen vitamin bukanlah pengganti makanan (contoh : suplemen stimuno untuk balita), melainkan hanya sebagai pelengkap agar asupan nutrisi anak tetap adekuat.

Para ahli gizi sepakat bahwa multivitamin di butuhkan anak jika mengalami hal-hal seperti: kebutuhan gizi dan nutrisinya tidak seimbang, daya tahan tubuh menurun, anak rewel dan sulit makan, memiliki kondisi medis tertentu seperti penyakit asma atau pencernaan, aktif bermain dan berolahraga, serta menjalani diet vegetarian dan lain-lain.

Nah, berikut ini ada 5 cara memilih suplemen vitamin yang tepat untuk Si buah hati:

Pertama, pahami terlebih dahulu kandungan suplemen apa yang benar-benar di butuhkan anak. Dan pastikan Anda mempelajari dengan cermat dosis yang tepat sesuai umur dan berat badan anak Anda. kurang nutrisi umumnya memang memiliki dampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, tapi kelebihan zat makanan tertentu, termasuk suplemen vitamin, mineral juga bisa memengaruhi kesehatan anak, lho. Sebut saja, seperti kelebihan vitamin C menyebabkan gejala mual-mual, hingga kram di perut, kelebihan selenium membuat rambut rontok.

Kedua, selalu membaca keterangan komposisi produk pda setiap kemasan vitamin, pahami kandungan atau komposisi yang terdapat di dalamnya. Ketahui juga perbedaan setiap ukuran dosis seperti mg, mcg dan ml agar tidak salah dalam dosis pemberian. Dan yang paling penting cocokkan dengan kebutuhan nutrisi yang di perlukan anak.

Ketiga, selalu periksa dan cermati tanggal kadaluwarsa suplemen vitamin yang dibeli, kalua bisa sebaiknya selalu membeli vitamin yang masih jauh tanggal kadaluwarsanya, karena jika produk vitamin yang sudah di beli expired maka hasilnya tidaka akan maksimal, malah membahayakan kesehatan si kecil.


Cermati baik-baik efek samping pemberian vitamin yang tertera dalam label kemasan dan selalu konsultasi dengan dokter suplemen apa yang diberikan pada anak.

Keempat, pilih suplemen yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak, jangan sekali-kali memberikan suplemen vitamin untuk orang dewasa, walaupun hanya dengan dosis kecil.

Kelima, bila anak sedang menderita penyakit tertentu, Anda harus memastikan jika suplemen tersebut tidak akan menyebabkan kontra indikasi dengan terapi yang sedang di beri pada anak. Sebaiknya diskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak.

Demikian 5 tips atau cara memilih suplemen multivitamin yang akan diberikan untuk anak, agar kesehatan, tumbuh kembang, dan daya tahan tubuh si kecil selalu terjaga.

Salam sehat
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top