Aktifitas Sepele Yang Dapat Menyebabkan Sinusitis

Status
Not open for further replies.

sahhilaassyafaq

New Member
Sinusitis merupakan nama penyakit yang sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. Saat ini penyakit peradangan atau pembengkakan pada jaringan rongga hidung ini sangat banyak orang yang mengalaminya, karena penyebab yang berbeda-beda. Jika sudah terkena sinusitis maka akan sangat mengganggu aktivitas. Selain dari rasa nyeri hebat yang ditimbulkan penderita sinusitis juga harus pantang terhadap beberapa jenis makanan, salah satunya es.



Penyebab Sinusitis


Penyebab sinusitis seringnya disebabkan oleh bakteri, alergi, polusi, atau polip hidung (pertumbuhan daging jinak di hidung yang bisa bikin Anda tersumbat saat bernapas). Selain itu, sinusitis sering terjadi setelah Anda terkena flu, atau setelah mengalami kontak dengan alergen (seperti makan, minum, menghirup, atau menyentuh).


Selain disebabkan oleh alergi, ternyata aktivitas dibawah ini, jika sering dilakukan juga akan menyebabkan sinusitis, Apa sajakah aktivitas-aktivitas tersebut? Simak penjelasannya!

1. Pergi keluar rumah tanpa menggunakan masker mulut

Hidung merupakan organ tubuh yang sangat sensitif akan debu, asap dan udara yang sudah tercemar. Meskipun hidung memiliki alat penyaring kotoran sendiri yaitu bulu hidung tetapi akan lebih baik jika kita menggunakan masker ya. Lebih sehat juga untuk paru-paru dan organ dalam lainnya.

2. Olahraga pagi menggunakan masker mulut

Jangan salah tanggap ya, memang kita harus menggunakan masker ketika keluar rumah tetapi untuk olahraga pagi tidak perlu menggunakan masker. Mulai dari pukul 5 sampai 7 pagi kita nggak perlu pakai masker, ya karena saat itu udaranya masih segar. Justru saat itulah kita harus menghirup langsung udara segar dari hidung kita agar oksigen yang masuk ke tubuh semakin banyak.

3. Menekan atau mencubit hidung terlalu kuat

Udah menjadi kebiasaan kita nih mencubit hidung seseorang jika merasa kesal kepadanya atau bahkan mencubit hidung sendiri jika terasa gatal. Jika mencubit hidung dilakukan terlalu kuat maka dapat membahayakan kesehatan lho, karena dapat membengkokkan tulang rawan yang membagi antara lubang hidung kiri dan kanan.
Makanya rongga hidung kita akan terasa mampet sebelah dan mukosa atau lendir yang dihasilkan rongga sinus mengalami hambatan menuju rongga hidung. Akibatnya kamu akan terkena sinusitis dan satu-satunya cara untuk menyembuhkannya yaitu melalui operasi, karena tulang hidung yang bengkok itu tidak akan lurus kembali hanya dengan obat.

4. Menggunakan alat untuk memancungkan hidung

Sama halnya dengan nomor 3, alat pemancung hidung dapat menyebabkan tulang yang membentuk hidung kamu menjadi bengkok ke dalam karena tulang hidung terdiri dari tulang rawan yang sangat mudah bengkok. menggunakan alat pemancung hidung sih boleh-boleh saja asal masih dalam pantauan ahlinya.

Sebaiknya kamu mensyukuri bagaimana pun bentuk hidung kamu, selagi hidung kamu masih berfungsi untuk bernafas.

5. Tidak menjaga kesehatan gigi

Sinusitis bukan hanya disebabkan oleh alergi dingin dan debu lho, tapi juga disebabkan oleh infeksi gigi yang berasal dari gigi berlubang. Jadi gigi yang tidak sehat bukan hanya menyebabkan sakit gigi aja tetapi juga penyakit yang lain. Jadi mulai dari sekarang harus rajin sikat gigi ya!

Nah, itu dia aktivitas yang tidak boleh dilakukan jika ingin terhindar dari sinusitis, kedengarannya memang sepele tetapi akan berakibat fatal jika tidak ditaati. Tetap perhatikan kesehatan ya!


Baca Juga:

Obat Herbal Andalan Untuk Sinusitis (Tidak Perlu Operasi)
Testimoni Kesembuhan Sinusitis 1
Testimoni Kesembuhan Sinusitis 2
 

sahhilaassyafaq

New Member
Hemmm kalau di pikir makai otak orang awam "apa hubungan nya ya?".:D
simplenya gini mba, jadi bakteri si perusak gigi tersebut bisa masuk dan merusak juga organ tubuh lainnya termasuk jantung.
untuk informasi seputar kesehatan masa kini bisa mba kunjungi di situs kesehatan ternama di Indonesia, ada forum tanya jawab seputar kesehatan juga, mba bisa kunjungi alodokter
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top