Keluar Darah Menstruasi Terus Menerus, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Status
Not open for further replies.

melisa23

New Member

Selamat sore Gan Sis, bagaimana kabarnya? Pastinya baik-baik aja dong? Nah artikel ini adalah artikel Ane di forum maxmanroe dan Ane bakalan ngebahas mengenai masalah menstruasi, langsung aja yah Sis pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Mungkin hampir sebagian besar wanita jika mengalami keluar darah menstruasi terus menerus dan tidak dapat berhenti dalam waktu yang lama pastinya akan merasa khawatir bukan? Apalagi jika hal tersebut baru pertama kali dialami.

Perdarahan menstruasi terus menerus atau berkepanjangan disebut 'perdarahan uterus abnormal' ataupun menorrhagia dan biasanya wanita yang mengalami hal ini akan menyebabkan kehilangan darah dan kram yang cukup parah sehingga Anda tidak dapat mempertahankan aktivitas harian Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa wanita yang mengalami menstruasi normalnya akan kehilangan darah menstruasi sekitar 40 ml darah selama masa menstruasi, yang berlangsung sekitar empat sampai tujuh hari, namun sayangnya bagi beberapa wanita pendarahan mungkin terlalu berat atau berlangsung lebih lama dari biasanya.

Bahkan seorang wanita mungkin bisa saja mengalami 'perdarahan kronis' ataupun pendarahan berat dan berkepanjangan (lebih dari enam bulan) atau mungkin 'perdarahan akut' (yaitu perdarahan mendadak dan parah).

Gejala-Gejala Jika Anda Mengalami Perdarahan Menstruasi Terus Menerus, DIantaranya Adalah:

A. Pendarahan terjadi selama lebih dari delapan hari

B. Kehilangan darah lebih lama selama periode menstruasi, misalnya dapat dihitung melalui berapa banyak Anda mengganti pembalut, namun biasanya perdarahan menstruasi yang berat akan menghabiskan pembalut atau tampon setiap jamnya selama beberapa jam secara berturut-turut.

C. Lebih sering mengganti pembalut atau tampon di malam hari

D. Sering membatasi aktivitas harian karena pendarahan berat

E. Terdapat perdarahan atau bercak di antara periode

F. Mengalami kram dan nyeri di perut bagian bawah

G. Sering merasa kelelahan

Waspada, Inilah Beberapa Penyebab Wanita Mengalami Perdarahan Menstruasi Terus Menerus


A. Ketidakseimbangan hormon karena dalam siklus menstruasi yang normal, keseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron mengatur penumpukan lapisan rahim (endometrium), yang ditumpahkan saat menstruasi. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon, endometrium berkembang secara berlebihan pada akhirnya hilang dan mengakibatkan pendarahan menstruasi yang berat.

B. Keguguran spontan pada kehamilan

C. Kehamilan ektopik

D. Disfungsi ovulasi adalah kondisi di saat ovarium tidak mengeluarkan telur setiap bulannya dan paling umum terjadi pada akhir tahun kedua reproduksi wanita, baik saat pubertas atau saat menopause

E. Endometriosis adalah sel yang melapisi rahim yang dapat melakukan perjalanan dan menempel hingga tumbuh di tempat lain di tubuh, namun sel ini paling sering berada di dalam rongga peritoneum (termasuk di bagian luar rahim atau di permukaan ovarium)

F. Infeksi termasuk klamidia atau penyakit radang panggul (PID)

G. Karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu

H. Karena adanya perangkat kontrasepsi seperti alat kontrasepsi yang bertindak sebagai benda asing di dalam rahim dan memicu menstruasi yang lebih berat.

I. Fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim

J. Polip rahim

K. Gangguan perdarahan yang dapat mencakup penyakit leukemia

L. Karena Kanker yang kebanyakan kanker rahim berkembang di lapisan rahim, meskipun beberapa jenis kanker dapat tumbuh di lapisan otot rahim dan kanker ini paling sering terjadi setelah wanita memasuki menopause.

Siapa Sajakah yang Berisiko Untuk Mengalami Perdarahan Uterus Abnormal?

- Pada gadis remaja yang baru saja mulai menstruasi dan remaja perempuan sangat rentan terhadap siklus an ovulasi pada tahun pertama setelah menstruasi pertama mereka

- Pada wanita yang lebih tua yang mendekati menopause dan wanita usia 40 sampai 50 tahun berisiko lebih tinggi mengalami perubahan hormon yang menyebabkan siklus an ovulasi.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Perdarahan Uterus Abnormal?

Untuk mendiagnosis seseorang mengalami perdarahan uterus abnormal atau tidak maka Anda dapat berkunjung ke dokter ginekologi Anda dan biasanya penyebab potensial pendarahan uterus abnormal melibatkan sejumlah tes termasuk:

A. Pemeriksaan umum
B. Pemeriksaan riwayat kesehatan
C. Sejarah menstruasi
D. Pemeriksaan fisik
E. Tes Pap
F. Tes darah
G. USG pada Miss V
H. Biopsi endometrium



Keluar Darah Menstruasi Terus Menerus, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

A. Mengkonsumsi Suplemen Zat Besi
Jika Anda juga menderita anemia, maka dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda meminum suplemen zat besi secara teratur, karena pada beberapa kasus mengkonsumsi zat besi sangat membantu terutama untuk menambah zat besi karena biasanya wanita akan kehilangan darah dan mengalami anemia.

B. Mengkonsumsi Obat Resep Dokter
Obat anti inflamasi nonsteroid NSAID, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau naproxen (Aleve) karena dipercayai dapat membantu mengurangi kehilangan darah menstruasi tetapi ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda, selain itu NSAID memiliki manfaat tambahan untuk menghilangkan kram menstruasi yang menyakitkan

C. Kontrasepsi Oral
Cara selanjutnya untuk mengatasi darah menstruasi yang datang terus menerus adalah dengan menggunakan kontrasepsi oral yang dapat membantu mengatur siklus menstruasi wanita dan mengurangi periode perdarahan menstruasi yang berlebihan atau berkepanjangan.

D. Mengkonsumsi Progesteron oral
Bila dikonsumsi selama 10 hari atau lebih dari setiap siklus haid, maka hormon progesteron dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan mengurangi darah menstruasi yang datang terus menerus.

Itulah tadi berbagai Sis berbagai macam penjelasan seputar keluar darah menstruasi terus menerus dan cara mengatasinya dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka ada baiknya Anda segera kunjungi dokter Anda.

Sumber: Klinikginekologi.net
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top