Pengaruh Hadirnya Teknologi Dan Industri Digital Pada Bisnis Travel Dan Pariwisata

Status
Not open for further replies.

NiaRainy

New Member
Beberapa tahun terakhir ini, industri tiket online dan pariwisata cukup booming. Sosial media memberikan pengaruh besar pada industri tersebut. Gaya hidup orang banyak mengalami perubahan, foto-foto kerabat atau teman mereka di sosial media memberikan pengaruh besar pada gaya hidup orang banyak sekarang ini. Konsumen di Indonesia yang sangat gemar bepergian, seringkali membagikan foto-foto selama perjalanan ke sosial media.

Apa yang mengubah industri travel dan pariwisata karena hadirnya teknologi dan industri digital yang semakin berkembang pesat?

1. Zero Moment Of Truth (ZMOT)

Review di blog, situs jalan-jalan, rating di berbagai portal yang cukup penting bagi wisatawan dari seluruh dunia di mana mereka mencari informasi jauh-jauh hari sebelum mulai melakukan perjalanan, berselancar di internet untuk menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi, mencari hotel, harga tiket pesawat atau tiket kereta api, spot-spot wisata yang akan dikunjungi, harga tiket masuk tempat wisata, makanan lokal yang menarik untuk dicoba, souvenir yang akan dibeli sebagai oleh-oleh menjadi hal yang wajib untuk dijadikan panduan bagi para traveller. Anda harus tetap memperhatikan review dari konsumen, bukan hanya sibuk melakukan promosi tapi tidak pernah memperhatikan berbagai review dan testimoni dari konsumen yang menggunakan jasa dari bisnis anda.

2. Online Booking And Transaction
Para wisatawan bukan hanya menggunakan media online untuk mencari informasi sebelum melakukan perjalanan. Tetapi juga terbiasa memesan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, hingga tiket masuk ke tempat wisata secara online. Karena melakukan pembelian secara online lebih praktis dan efektif, tidak perlu antri, atau takut kehabisan tiket. Transaksi pembayaran pun mudah untuk dilakukan tanpa harus membayar secara langsung. Konsumen dapat membayar melalui kartu kredit, transfer antar bank, atau paypal dan jenis pembayaran e-payment lainnya.

Salam sukses selalu semuanya!
 

dono88

New Member
Hadirnya teknologi ini bagaimanapun juga dapat memberikan lebih banyak manfaat positif ketimbang manfaat negatifnya. Justru dengna adanya teknologi ini dapat lebih mempermudah pekerjaan dan lebih efisien, misalnya dalam hal bisnis, teknologi ini bisa dimanfatkan untuk membuat website agar komunikasi dengan klien lebih cepat dan hemat waktu.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top