Pilih Jenis Scaffolding Sesuai Kondisi Tanah

Status
Not open for further replies.

Melly Triana

New Member


Apakah anda mengetahui apa itu scaffolding? Jika anda menjawab tidak, maka sebenarnya anda hanya belum mengetahui dengan pasti apa yang dimaksud dengan scaffolding. Scaffolding merupakan alat bantu yang biasanya terlihat dari bagian luar gedung yang sedang dibangun. Scaffolding terlihat seperti rangka yang menyelimuti bagian luar sebuah gedung yang sedang dibangun. Untuk menggunakannya ada dua cara yang dapat anda pilih, yang pertama anda membelinya atau cara yang kedua anda dapat Rental scaffolding tersebut pada perusahaan penyewa alat- alat konstruksi.

Scaffolding memiliki banyak sekali kegunaan, mulai untuk memperkuat struktur bangunan yang belum sempurna hingga memberikan pijakan bagi para pekerja bangunan. Untuk melakukan Rental scaffolding anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis - jenis scaffolding. Menurut bentuk dan fungsinya ada beberapa jenis scaffolding, berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Supported Scaffolding. Scaffolding jenis ini merupakan scaffolding yang paling umum digunakan. Scaffolding ini biasanya terdiri dari beberapa bagian yang harus dirangkai terlebih dahulu, dari dasar gedung hingga ke puncak gedung. Kelebihan dari scaffolding jenis ini adalah dapat mengikuti bentuk sesuai dengan bentuk gedung tersebut. Namun untuk menggunakan scaffolding jenis ini anda harus memastikan tanah yang dijadikan pijakan stabil.

  • Suspended Scaffolding. Scaffolding jenis ini biasanya tergantung dari atas gedung. Scaffolding jenis ini bisanya menjadi pilihan jika tanah yang ada di lokasi konstruksi tidak stabil. Scaffolding jenis ini memiliki bentuk kecil dengan bentuk menyerupai sebuah kotak. Kelemahan scaffolding jenis ini adalah tidak dapat membentuk terlalu besar karena tumpuan yang berada di atas gedung.

  • Scaffolding Beroda, scaffolding jenis ini merupakan scaffolding yang memiliki roda di bagian dasarnya, bentuknya hampir mirip dengan supported scaffolding yang harus dirangkai, tetapi memiliki bentuk yang lebih kecil dengan roda di bagian bawahnya sehingga memudahkan untuk memindahkannya pada tempat – tempat yang dibutuhkan. Untuk menggunakan scaffolding jenis ini harus dipastikan dasar atau lantai haruslah rata dan stabil.
Untuk urusan rental scaffolding yang aman dengan standar keselamatan yang sesuai dengan ketentuan pemerintah, PT Reycom Cipta Semesta (RCS) merupakan solusi jitu anda.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top