Tips Pintar Memilih Septic Tank Yang Baik

Status
Not open for further replies.

samuel

New Member
Septic tank adalah satu wadah atau bak untuk menyimpan kotoran yang umumnya terdapat dibawah tanah. Cairan yang berasal dari kamar mandi seperti urin dan tinja akan dialirkan melalui pipa ke dalam bak sepiteng. Salah satu poin penting dalam sebuah rumah ialah sistem sanitasi yang baik. Jika sanitasi dalam tempat tinggal Anda tidak baik, akan ada beragam serangga seperti lalat dapat berdatangan ke tempat tinggal Anda dan banyak virus penyakit yang berkembang. Dengan terdapatnya sistem sanitasi yang baik dan sesuai standart, jadi Anda juga dapat menghindari terciptanya beberaoa penyakit seperti disentri, tifus, serta kolera. Penyakit itu umumnya bisa menyebar lewat kotoran manusia.


Type Septic Tank

Type Konvensional

Septic tank type ini telah dipakai sejak dulu sekali bahkan sejak jaman nenek atau kakek kita oleh sebab itu jenis konvensional ini sangat dikenal luas serta hingga sekarang ini juga masih tetap ada yang memakainya. Untuk type konvensional, tangki umumnya di buat lewat cara cor beton dan dapat digunakan setelah cor beton itu telah kering. Tidak ada sistem penyaringan yang baik pada type konvensional sehingga tinja yang ditampung hanya merembes ke dalam tanah dan mencemari air tanah. Dan alasan inilah yang dapat mengakibatkan bau pada air sumur, terlebih bila tangki yang dibuat jaraknya tidaklah terlalu jauh dengan sumur. Umumnya agar air sumur tidak berbau septic tank beton dibuat dengan jarak minimakl 10 meter dari sumur untuk mencegah rembesan tinja mencemari air sumur.

Type Biotechnology

Septic tank biotech nology ini merupakan solusi ramah lingkungan dan sekaligus solusi untuk menghindari pencemari air tanah disekitar rumah anda. Jika dibandingkan dengan spiteng beton, septic tank biotechnology ini mempunyai sistem penyaringan yang lebih baik sehingga tinja akan diolar dan disaring hingga menjadi cairan yang ramah lingkungan dan layak dibuang ke saluran got.

Proses pengolahan tinja pada septic tank biotechnology sebagai berikut :
  1. Kotoran yang telah masuk kedalam tangki juga akan dihancurkan oleh bioball yang berupa bola-bola kecil dan biofilter honeycom
  2. Kotoran yang berupa padat itu beralih bentuk jadi cairan
  3. Bakteri pengurai juga akan menguraikan cairan hingga cairan itu jernih serta tidak bau
  4. Cairan yang datang dari penguraian itu aman dibuang hingga tidak mencemari air tanah
Tips Cerdas Memilih Septic Tank Yang Baik dan Benar
  • Praktis pemasangannya
Pilih lah septic tank yang mudah pemasangannya dan cepat prosesnya sehingga anda tidak mengalami kesulitan.

  • Irit lahan
Sekarang ini tempat makin terbatas, jadi pastikan tangki yang jenis serta ukurannya sedikit makan tempat ditempat tinggal Anda.

  • Ramah lingkungan
Satu diantara peranan dari tangki penampungan yaitu menyimpan kotoran hingga tidak mencemari lingkungan. Tentukan type tangki dengan kwalitas penyaringan yang baik. Cermati juga bahan yang digunakan untuk membuatnya, pastikan yang memakai bahan yang aman serta tidak mencemari tanah. Tangki penampungan yang bagus umumnya terbuat dari serat fiber kwalitas tinggi hingga tidak cepat rusak. Untuk tempat tinggal bakteri, pastikan yang terbuat berbahan Polyvinyl Chloride (PVC) atau High Density Polyethylene (HDPE).

Sebagai referensi anda bisa memilih Septic Tank BioRich yang sudah teruji mampu mengolah limbah dengan baik serta perusahaan pembuatnya jelas terdaftar dan memiliki sertifikasi sebagai produsen yang baik dan benar.

Sumber artikel : https://www.septictankmodern.com/tips-cerdas-dalam-memilih-septic-tank-bio/
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top