CARA CERDIK JALANKAN RANTAI USAHA UKM INDUSTRI KREATIF

Status
Not open for further replies.

KangBas

New Member
Baru-baru ini bisnis kreatif Indonesia berkembangan sangat pesat. Bukan hanya mementingkan pada segi bisnis semata, Kreatifitas dengan menggunakan unsur budaya lokal seperti kain tenun,batik dan semacamnya membuat budaya lokal terangkat ke mata dunia.



Kita setuju ketika dikatakan bahwa industri ekonomi kreatif bukan hanya bermanfaat secara ekonomi yang berimbas pada perekonomian nasional dan budaya lokal, akan tetapi menguntungkan secara nilai-nilai moral, budaya, maupun kearifan lokal. Para pebisnis UKM berlomba-lomba untuk meningkatkan kadar daya saing maupun inovasi produk. pastinya industri kreatif Indonesia berharap didominasi oleh UKM yang dapat membuat terobosan terbaru.

kenyataanya seringkali kita dihadapkan bahwa UKM bisnis kreatif harus melawan persaingan yang tidak wajar, contohnya perusahaan besar yang punya modal kuat dan bisnis besar-besaran. Sebenarnya segi positif dari kompetisi itu sendiri dapat dijadikan rumusan untuk maju lebih baik lagi, tetapi ketika kompetisi berjalan tidak adil justru seperti ini yang akan menjadi bencana dan pelemahan pada UKM bisnis inovatif itu sendiri.



Persaingan bisnis kreatif oleh para pengusaha, pekerja, dan perajin UKM harus diterima sebagai pencetus ide dan inovasi. Maka dari itu para pebisnis benar-benar harus mencermati berbagai segi dan kesempatan bisnis yang ada agar dapat bertahan di bisnis kreatif ini. Ini adalah beberapa cara cerdik untuk mengerjakan rantai bisnis industri kreatif bagi para pebisnis UKM yang disiarkan dari Industri UKM.



TARGET DAN SEGMEN PASAR YANG MENGUNTUNGKAN


Sangat penting dapat mempengaruhi strategi ,desain, marketing, harga, service konsumen, dan juga berbagai strategi layaknya komunikasi, ekspansi,digital, serta cara peningkatan inovasi produk. Agar costumer dapat mengerti dengan produk yang dijajahkan.






KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN PRODUK


Amati keunggulan dan kekurangan produk Anda dengan dengan produk lainnya yang sama. Contoh pembandingnya adalah design, produk quality, harga produk. Pikirkan juga keunikan cara marketing yang dijalankan para pebisnis kreatif lainnya. Jadi, Anda dapat menganalisis kekurangan dan kelebihan para pesaing, dan mulai memperlihatkan keunggulan produk Anda untuk memberi ciri khas dan identitas spesial yang berbeda dari produk Anda dengan pebisnis lain.






KUALITAS PRODUK JANGAN PERANG HARGA


Ada baiknya tidak terpengaruh dan menjalankan strategi perang harga dan mementingkan kualitas untuk menarik calon customer. dikarenakan, hal tersebut hanya akan menjatuhkan ciri khas juga identitas bisnis yang Anda kelola, umumnya untuk menghemat biaya produksi yang murah, para pebisnis usaha menurunkan kadar kualitas produk yang mereka pasarkan. Dengan rencana kondisi seperti ini, lebih baik tingkatkan kreativitas Anda dan menciptakan produk unik yang akan terjamin kualitasnya.






PEMBAHARUAN DAN KREATIFITAS


Sebagai pekerja bisnis kreatif, pastinya Anda harus mempunyai wawasan yang luas untuk membuat ide-ide cemerlang dan menginovasi kreasi produk yang Anda perjualkan. Karena itu, tetaplah belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan skill yang Anda punya. Layaknya seperti membaca buku, mencermati trend pasar dari media majalah, tabloid, dan koran, melihat ide-ide segar melalui internet ataupun berjumpa dengan teman baru untuk berbagi ilmu dan bertukar pikiran dengan mereka.
 

Attachments

yakubcahaya

New Member
Bener banget, industri kreatif lagi berkembang banget. Terutama di bidang makanan sama teknologi gitu.
Kalo member di sini minat mau bisnis, kayaknya dua pilihan itu paling tepat deh.
Ngomongin bisnis, ini ada tips berbisnis juga yang bisa Anda tiru, nih. Cek informasinya di video ini ya

 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top