Jenis usaha kecil dan menengah yang cocok untuk negara berkembang seperti Indonesia (II)

Status
Not open for further replies.

KangBas

New Member
Jenis-usaha-kecil-dan-menengah-yang-cocok-untuk-negara-berkembang-seperti-Indonesia-II.jpg

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai berbagai jenis usaha kecil menengah yang meliputi usaha ukm seperti makanan, pakaian dan agribisnis. Di artikel ini kita akan membahas jenis ukm lainnya yang cocok untuk dikembangkan di negara berkembang seperti Indonesia. Beberapa jenis ukm ini memang memiliki keunggulan masing-masing sehingga bisa berkembang dan diterima dengan baik di dunia bisnis Indonesia. Lantas jenis UKM apa saja yang ada di Indonesia selain UKM yang sudah di sebutkan sebelumnya?, simak pembahasan jenis usaha kecil dan menengah yang cocok untuk negara berkembang di Indonesia bagian kedua di bawah ini.


Usaha-kecil-menengah-pendidikan.jpg

USAHA KECIL MENENGAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Pendidikan adalah aset di masa depan, dengan semakin berkembangnya bisnis dan ekonomi maka pola pikir masyarakat terhadap pentingnya pendidikan juga semakin besar. Banyak yang kemudian rela menginvetasikan sedikit pendapatannya untuk memperoleh pendidikan yang baik. Melihat potensi ini wajar jika kemudian usaha dalam bidang pendidikan semakin berkembang dengan berbagai macam jenisnya dari mulai usaha les yang memiliki lingkup terbatas hingga usaha pendidikan dengan lingkup yang besar seperti kampus.

Namun perlu diingat walaupun pendidikan adalah salah satu lini usaha kita tidak boleh melupakan aspek moral dan tujuan utama pendidikan untuk memberi pembelajaran yang baik bagi pesertanya. Keuntungan merupakan nilai bonus diluar pencapaian utama.


Usaha-kecil-menengah-otomotif.JPG


USAHA KECIL MENENGAH DALAM BIDANG OTOMOTIF

Mungkin kita semakin sadar kalau otomotif menjadi semakin berkembang dan besar di Indonesia, hal ini terjadi karena bertambahnya kemampuan ekonomi masyarakat dan mudahnya memperoleh kendaraan baru baik yang dengan harga murah maupun sistem kredit. Dengan semakin banyaknya kepemilikan mobil di Indonesia menghadirkan potensi bisnis untuk kelengkapan, pengadaan dan semua hal yang berhubungan dengan otomotif.

Bisnis otomotif bisa meliputi pengadaan kendaraan, kelengkapan kendaraan. Jika anda kesulitan dalam hal modal maka bisa menggeluti bisnis ini dalam pengadaan kelengkapan kendaraan baik aksesoris, sparepart hingga bengkel. Dalam bisnis otomotif hal utama yang perlu di tonjolkan adalah kelengkapan toko, lokasi yang baik, kemampuan personil serta keramahan dalam melayani.


Usaha-kecil-menengah-teknologi.jpg


USAHA KECIL MENENGAH DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN INTERNET

Teknologi internet merupakan salah satu jenis bisnis yang mulai marak dan berkembang di medio tahun 2000 ke atas. Semakin hari perkembangan bisnis ini semakin besar karena kesadaran akan teknologi internet di masyarakat semakin baik. Ada banyak lini bisnis teknologi internet yang bisa di kembangkan salah satunya misalnya menjual hasil produksi dan berbagai komoditi daerah melalui internet. Selama ini komoditi daerah dijual dengan cara mentah sehingga daya jualnya pun rendah, namun jika dikemas dan di jual di internet maka daya jual serta jangkauannya pun menjadi lebih luas. Sehingga memberikan potensi keuntungan yang semakin besar.
 

satpam

Staff member
@KangBas bisa sebutkan ga contoh bisnisnya apa saja? Kalau ga disebutkan sepertinya saya kurang paham bentuk bisnisnya itu spt apa
 

KangBas

New Member
@KangBas bisa sebutkan ga contoh bisnisnya apa saja? Kalau ga disebutkan sepertinya saya kurang paham bentuk bisnisnya itu spt apa
bisnis pendidikan : primagama, english first dll
bisnis otomotif : bengkel motor, toko sparepart dna aksesoris motor dll
bisnis teknologi dan internet : untuk yang ini bukan hanya ukm , tapi juga banyak individu yang kreatif dan inovatif menghasilkan ribuan dollar dengan menjual desain baik itu berupa logo maupun print designa da juga yang mendesain dan membuat theme wordpress. Mereka menjuanya di pangsa luar seperti graphicriver, themeforest.

sebenarnya semua lini bisnis baik itu pendidikan maupun otomotif sekarang ini diharuskan melek dan memanfaatkan internet dan teknologi yang ada sehingga bisa terus berkembang.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top