Beberapa Tahapan Dalam Recruitment Bank Mandiri

Status
Not open for further replies.

Roby Ramadhan

New Member
Siapa yang tidak menginginkan menjadi salah satu pegawai dari bank terbesar di negara Indonesia seperti Bank Mandiri? Bekerja pada salah satu bank merupakan salah satu cita-cita yang banyak diinginkan oleh masyarakat. Hal itu terlihat pada setiap tahunnya saat dibuka recruitment Bank Mandiri selalu penuh dengan calon-calon pegawai yang mendaftarkan diri. Bank yang telah berdiri sejak tahun 1998an ini memang menjadi salah satu bank terkemuka, cabangnya yang sudah berdiri diberbagai daerah Indonesia membuat bank tersebut selalu membutuhkan pegawai baru setiap tahunnya.

Jika Anda salah satu orang yang memimpikan untuk bekerja pada salah satu bank besar tersebut bisa mencari informasi pada beberapa sumber. Umumnya setiap tahun pada situs resmi Bank Mandiri khususnya situs lowongan kerja selalu di update, dari mulai informasi pendaftaran, kualifikasi, penempatan sampai dengan waktu serta tempat seleksi akan dilaksanakan. Tetapi sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Beberapa tahapan tes yang akan Anda lalui yaitu:
  • Tes pertama.
Pertama adalah tahapan awal yaitu persiapan penerimaan, tahapan dimana seleksi pemilihan dari ribuan pelamar yang akan dipanggil. Umumnya Bank Mandiri membutuhkan beberapa posisi mulai dari customer service, teller, sampai dengan pimpinan setiap cabang bank. Nah, dalam hal ini keberuntungan Anda akan diuji karena persaingan pelamar tidak hanya satu dua orang tetapi ribuan. Dan dari pihak HRD sendiri akan memilih CV yang benar-benar masuk dalam kriteria.
  • Tes ujian tertulis.
Setelah Anda bisa lolos pada seleksi tahap pertama saatnya untuk menghadapi tes pertama yaitu ujian tertulis. Sama halnya seperti ujian masuk pada sebuah perguruan tinggi, tetapi yang membedakan pada recruitment Bank Mandiri ini dari soal-soal yang diberikan. Dalam hal ini pastikan Anda tidak terlalu bertele-tele dalam memberikan jawaban. Untuk tes ini umumnya dilakukan dalam beberapa hari, tetapi tergantung dari kebijakan bank.
  • Tes psikotes.
Bagi yang telah biasa melamar pada perusahaan-perusahaan besar tentu tidak asing lagi dengan jenis psikotes yang akan diberikan. Jangan pernah meremehkan pada tahapan ini, karena disinilah perusahaan akan mengetahui sejauh mana soft skill dan juga kemampuan lainnya yang Anda miliki. Misalnya dari mulai cara menghadapi masalah perusahaan, bekerja dengan tim, bergaul dengan orang baru ataupun lainnya.
  • Tes wawancara.
Banyak orang yang menganggap bahwa jika sudah masuk pada tahapan tes ini kesempatan besar untuk menjadi pegawai Bank Mandiri semakin besar. Maka dari itu jangan sampai Anda sia-siakan tahap tes ini dengan jawaban yang tidak terlalu berbobot. Dalam tes ini dapat digambarkan bahwa mereka akan meyakinkan apakah memang orang seperti Anda yang dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Nah, dari beberapa tahapan tersebut harus Anda lalui untuk bisa lolos menjadi salah satu pegawai bank terkemuka. Latihan sebelum mengikuti pendaftaran itu sangat diperlukan, banyak jenis buku-buku tes psikotes untuk masuk bank yang dijual dipasaran. Selain itu ada juga tips dan trik untuk menyambut tes wawancara supaya jawaban yang diberikan tepat dan tidak mengecewakan.

Selain dari kemampuan akademik Anda juga harus mempersiapkan kemampuan secara mental atau diri sendiri. Selain itu dorongan serta dukungan dari teman maupun sahabat juga sangat diperlukan, apalagi doa dari orang tua. Usaha yang maksimal bisa membuat Anda lolos dalam recruitment Bank Mandiri tahun ini. Nah, itulah sedikit informasi dan tips supaya bisa bermanfaat untuk Anda yang bercita-cita menjadi pegawai bank.

*Pinjaman Bank Mandiri*
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top