Suka Membuat Kue? Berikut Ini Tips Merawat Dan Membut Kue Dengan Berbagai Cetakan

Status
Not open for further replies.

TikaTikaTika

New Member



Ada banyak model, jenis, dan bentuk cetakan kue tradisional. Karna bentuknya yang unik, kadang membuat kita tidak tau bagaimana cara merawat cetakan tersebut dengan baik dan benar. Berikut cara merawat cetakan kue tradisional :

Cara Bersihkan Cetakan Kue dari Silikon

Air hangat dan sikat lembut
Untuk menghilangkan sisa lemak dan minyak pada cetakan silikon cara yang paling mudah memakai air hangat. Rendam cetakan dalam air hangat beberapa saat. Kemudian cuci dengan air yang diberi sabun cair sambil gosok dengan busa halus hingga bersih.

Panaskan
Jika ada sisa adonan yang lengket dan mengering, agar mudah dibersihkan, panaskan cetakan dalam oven panas selama 10 menit.
Angkat segera dan rendam dalam air panas sambil gosok lembut hingga kotoran terangkat.


Gunakan soda kue

Ada kalanya di lekukan atau celah cetakan terdapat remah adonan yang sulit diangkat atau bekas adonan gosong yang lengket. Cobalah gosok dengan sedikit soda kue. Jika masih sulit, larutkan soda kue dengan sedikit air lalu oleskan pada kotoran yang lengket. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.


Hindari sikat besi

Karena cetakan silikon dilapisi bahan antilengket, gunakan spons yang halus agar tak merusaknya. Jika memakai sikat besi maka permukaan antilengket akan tergores dan rusak. Akibatnya kue akan selalu lengket pada cetakan.


Jangan melapisi dengan minyak atau mentega

Agar cetakan silikon tidak berlumuran minyak atau lemak, sebaiknya jangan mengoles permukaan cetakan dengan minyak atau mentega.

Cetakan ini terbuat dari bahan antilengket jika dilapisi lemak maka cetakan menjadi sangat berminyak dan perlu waktu lebih lama untuk membersihkan atau mencuci.




Menurut Jenis Kuenya


Cetakan Donat
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bagus, giling adonan donat sampai ketebalan 2 cm, lalu cetak dengan cetakan donat yang telah ditaburi tepung. Diamkan adonan selama 30 menit atau sampai mengembang dan goreng dalam minyak panas sedang.

Cetakan Kue Cubit
Cetakan kue cubit yang masih baru sebaiknya dibersihkan dengan cara dipanaskan terlebih dahulu, lalu digosok dengan kertas koran atau abu gosok. Kemudian cuci dengan sabun sampai bersih, keringkan cetakan dan cetakan siap digunakan. Oles cetakan yang sudah dipanaskan dengan sedikit margarin. Tuang adonan kue cubit sampai penuh, diamkan beberapa saat dan tutup cetakan, hal ini dilakukan agar adonan dapat mengembang dengan sempurna.

Cetakan Bolu Kukus
Alasi cetakan dengan kertas roti yang dipotong sesuai dengan ukuran cetakan yang digunakan, atau gunakan paper cup. Panaskan dandang sampai benar-benar panas sebelum cetakan yang berisi adonan dimasukkan.

Cetakan Putu Mayang
cetakan kue putu mayang sebaiknya dialasi bagian dalam cetakan putu mayang ini dengan daun pisang atau kertas roti yang dibentuk seperti tabung, olesi dengan sedikit minyak. Isi cetakan dengan adonan putu mayang sampai ¾ tinggi cetakkan. Tekan adonan sampai keluar membentuk mi, sambil diputar satu arah. Kukus putu mayang dalam dandang yang sudah dipanaskan.

Cetakan Kue Talam / Kue Mangkok
Selain terbuat dari plastik, cetakan kue talam atau kue mangkok ini ada yang terbuat dari keramik dan tersedia dalam berbagai ukuran. Olesi cetakan dengan sedikit minyak agar tidak lengket dan mudah dikeluarkan saat sudah matang. Sebelum diisi dengan adonan kukus cetakan dalam dandang yang sudah dipanaskan, agar hasil kue yang dibuat dapat mengembang dengan maksimal.

Cetakan Roti Jala
Seebelum memasukkan adonan kedalam loyan pastikan adonan roti jala benar-benar cair dan lembut, agar adonan dapat keluar dengan lancar. Tuang adonan roti jala di atas pan anti lengket dengan memutar cetakan ke berbagai arah, agar hasil roti benar-benar menyerupai jala.

Cetakan Pastel
Giling adonan sampai benar-benar tipis agar kulit pastel renyah. Potong adonan bentuk bulat dengan diameter melebihi besar cetakan yang digunakan, agar hasil cetakan bagus dan tidak berlubang. Tambahkan isi pada bagian tengah cetakan di atas kulit pastel, jangan terlalu banyak menambahkan isi karena akan sulit dicetak.

Cetakan Kue Rangi
Panaskan cetakan sebelum digunakan. Agar hasil lebih maksimal kue rangi yang dibuat, masak kue rangi di atas bara api kayu bakar. Selain matangnya merata, aroma dan tekturnya pun lebih lembut.

Cetakan Kue Lumpur
Alasi cetakan dengan selembar almunium atau seng, agar panas yang dihasilkan lebih bagus dan adonan dapat matang dengan sempurna. Jika cetakan langsung terkena api, adonan tidak akan matang, malah akan gosong. Selain untuk membuat kue lumpur, cetakan ini juga dapat digunakan untuk membuat carabikang, dengan cara yang sama.
 

AlatResto17

New Member
Peralatan dapur seperti cetakan kue memang harus dirawat agar awet dan memiliki daya guna yang lama. Salah satu perawatannya adalah membersihkannya setelah menggunakan. Tidak hanya cetakan kue saja, peralatan dapur lainnya juga harus dirawat. Tentunya agar peralatan dapur tersebut memiliki umur yang panjang.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top