• Disclaimer
    Forum Maxmanroe tidak bertanggungjawab atas informasi atau promosi yang dibuat member.

Cara Mengatasi Masalah Pada Mesin Grafir (laser, Cutting, Engraving)

Status
Not open for further replies.

YOYO

New Member
Cara Mengatasi Masalah Pada MESIN GRAFIR (Laser, Cutting, Engraving)

Dalam proses ukir atau grafir menggunakan mesin laser cutting engraving ada kalanya mesin ini mengalami problem atau masalah hasil yang kurang maksimal. Dan jika dibiarkan akan justru bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.
Kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana menyelesaikan masalah pada mesin grafir dan langsung membawanya ke tukang servis tanpa mengecek dulu apakah mesin grafir benar-benar rusak atau hanya mengalami gangguan kecil yang dapat ditangani sendiri.
Oleh karena itu penting sekali bagi anda pengguna mesin laser cutting engraving untuk memiliki pengetahuan tentang cara menganalisa trouble mesin grafir agar ketika terjadi gangguan, anda bisa melakukan penanganan dengan tepat, tapi apabila anda sama sekali belum mengetahui trouble atau masalah yang sedang ditangani akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan teknisi mesin grafir. Berikut ini akan kita bahas analisa masalah mesin grafir dan cara mengatasinya :
Hasil Potongan Tidak Rapi Dan Tidak Lurus

Hasil potongan yang tidak rapi bisa terjadi karena ada beberapa faktor, seperti bahan yang diukir atau dipotong tidak sesuai dengan jenis mesin dan rel yang kotor.

Perlu diketahui, mesin grafir terbagi menjadi dua jenis yakni mesin grafir untuk bahan metal seperti carbon steel, stainless, kuningan, aluminium dan sejenisnya, lalu ada juga mesin grafir untuk bahan non metal seperti kertas, kayu, bambu, akrilik, mdf, triplek dan sejenisnya.

Jika anda menggunakan mesin grafir non metal untuk mengukir atau memotong bahan metal maka yang terjadi hasil potong tidak rapi. Gunakan bahan yang sesuai dengan jenis mesin yang dipakai agar hasil potong lebih baik.

Selain itu rel yang kotor juga membuat pemotong laser tidak bekerja maksimal dan membuat hasil potongan menjadi tidak rapi. Setelah mesin grafir digunakan pastikan bahwa rel dalam keadaan bersih. Gunakan pelumas untuk membersihkan dan merawat rel agar terhindar dari korosi dan tahan terhadap gesekan. Pelumas juga bisa menghilangkan asap yang menempel pada bantalan rel.

Sinar Laser Tidak Keluar


Jangan panik atau bingung jika sinar laser meredup atau bahkan tidak muncul sama sekali ketika proses potong atau ukir sedang berlangsung. Sinar laser tidak muncul disebabkan oleh beberapa hal seperti tidak ada tekanan air, power supply mati, dan tabung laser yang kebocoran air.

Sinar laser tidak muncul apabila sistem pendinginan air tidak beroperasi atau tekanan air terlalu rendah dan tidak memadai untuk mendinginkan tabung laser. Cek ketersediaan air selalu memadai agar sistem pendinginan dapat beroperasi.

Sinar laser yang tidak muncul juga disebabkan oleh power supply yang mati. Jika power supply mengalami gangguan atau bahkan mati, jangan mencoba membuka dan memperbaiki power supply sendiri karena voltase kerja internal power supply mencapai 20.000 volt atau lebih. Hubungi tempat servis mesin grafir untuk penanganan yang lebih aman.

Jika air untuk pendinginan sudah tersedia dan power supply baik baik saja namun sinar laser masih tidak muncul, mungkin terjadi kebocoran pada tabung laser. Pastikan bahwa tabung laser dipasang dengan presisi dan dikunci .Selain itu tabung laser yang retak akan mengakibatkan kebocoran air hingga mengakibatkan tabung laser tidak berfungsi bahkan mati total.

Cara mengatasinya yaitu pasang tabung laser dengan benar dan pastikan air yang masuk pada tabung laser tidak berlebihan.

Sistem Pembuangan Angin Tidak Berfungsi


Bila anda memotong bahan kayu, akrilik, kertas dan bahan non berminyak lainnya, biasanya kotoran akan mudah tersedot oleh penyedot udara dan tidak lengket.

Namun untuk bahan lain seperti kulit, kotoran biasanya lengket dan menempel di dalam turbin yang mengakibatkan penyedot udara menjadi kotor sehingga dapat menghambat keluarnya udara dan kotoran lewat lubang keluar dan ini dapat mengganggu jalannya rel potongan.

Agar sistem pembuangan ini berfungsi dengan baik anda harus membersihkannya. Pertama matikan mesin dan vakum lalu lepaskan vakum dari mesin. Gunakan penyedot debu untuk menyedot setiap kotoran yang ada di sana, lalu bersihkan turbin dan semua sisa kotorannya. Lakukan dengan hati hati agar tidak merusak turbin.

Kemudian coba nyalakan blower vakum tanpa menempelkannya ke mesin untuk memastikan bahwa turbin sudah bersih dan dapat berfungsi dengan baik. Jika sudah selesai pasang kembali alat penyedot udara pada mesin.

Itu tadi ulasan mengenai masalah yang sering terjadi pada mesin grafir dan cara mengatasinya. Ada baiknya untuk selalu menjaga dan merawat mesin grafir dengan benar agar mesin awet, tahan lama, dan terhindar dari kerusakan. Semoga bermanfaat
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top