Tips Agar Genset Tidak Terbakar Dan Meledak

Status
Not open for further replies.

sulis89

New Member
Seiring terus meningkatnya kebutuhan akan suplai energi listrik di sektor, rumah tangga, kantor dan sektor lainya yangkurang di imbangi jumlah pasokan energi listrik dari perusahaan listrik negara, menjadikan masyarakat berbondong-bondong mencari sumber energi listrik alternatif dengan mengandalkan mesin genset berkapastias genset 20 kva atau sesuai dengan kebutuhan kapasitas masing-masing.

genset terbakar.jpg

Pastilah kita pernah mendengar sebuah peristiwa terbakarnya mesin generator diesel atau genset yang sedang digunakan dan hal ini tentunya menyebabkan masyarakat memiliki kekhawatiran disaat akan menggunakan mesin genset. Dari peristiwa tersebut kami berniat memberikan informasikan untuk anda semua mengenai tips agar genset diesel ataupun bensin tidak terbakar dan meledak sewaktu digunakan dan pastinya informasi yang kita bagikan ini adalah hasil wawancara dari salah satu angggota tim ahli kelistrikan dan anggota tim ahli mekanik genset yang kami miliki. Sebelum mulai membahas mengani tips tersebut, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dulu faktor2 apa saja yang menyebabkan mesin genset terbakar dan meledak.

Beberapa Faktor Penyebab Mesin Genset Terbakar dan Meledak
Penyebab mesin genset terbakar dan meledak yang pertama yakni diakibatkan oleh konektor pada kabel accu yang muncul dibagian atas saja, namun lama kelamaan api menjalar ke bagian bawah hingga mengenai tangki yang berguna sebagai penampungan bahan bakar. Bila sudah mencapai tangki bahan bakar, dipastikan mesin genset akan meledak.

Faktor penyebab yang berikutnya bisa terjadi karena over heat pada bagian sel-sel aki yang disebabkan oleh charger yang accu yang sudah rusak. Sebaiknya matikan saja charger accu ketika tidak dipergunakan. Bilamana mesin genset harus beroperasi selama satu hari penuh, sangat disarankan anda memiliki mesin genset tidak hanya satu unit.

Pada bagian atas sudah kita jelaskan mengenai faktor yang menjadikan mesin genset diesel ataupun bensin terbakar dan meledak. Selain kedua faktor tersebut pastinya masih ada beberapa faktor lainya yang tidak bisa kita sebutkan semua. Setelah mengetahui faktor-faktornya, sekarang saatnya saya memberikan ulasan untuk pencegahanya.

Tips Untuk Mencegah Genset Terbakar dan Meledak

Gunakanlah kabel listrik standart SNI dan sesuai daya output
Pakailah kabel yang sudah standart SNI dan sesuai dengan keluaran output mesin genset. Sangat saya kita output genset dimasukan kedaalam jaringan yang sama dengan listrik dari PLN. Sebaiknya tambahkan juga Change Over Switch (COS) agar secara otomatis bisa memilih listrik dari mesin genset atau PLN yang akan mengaliri rumah anda.

Jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar
Ketika mesin genset sedang beroperasi, selain menghasilkan energi listrik, genset juga menghasilkan suhu panas tinggi. Untuk itulah sebaiknya letakan mesin genset yang jauh dari benda yang mudah terbakar seperti misalnya tabung gas, bensin, tinner dan lainya.

Sediakan alat pemadam kebakaran
Alat pemadam kebakaran ini keberadaanya sangat penting untuk anda siapkan dan sebaiknya diletakan dalam radius kurang lebih 10 meter dari lokasi genset. Hal ini bertujuan apabila suatu saat terjadi kebakaran pada genset, api akan mudah dipadamkan.

Bersihkan genset secara berkala
Membersihkan genset tidak cukup di bagian luarnya saja, namun bagian mesin seperti system bahan bakar, system udara dan system oli juga harus dibersihkan secara berkala. Anda juga diwajibkan memeriksa apakah terdapat kebocoran dibagian system bahan bakar, karena genset paling sering meledak diakibatkan oleh kebocoran system bahan bakar yang tidak terdeteksi. Bila anda menemukan kebocoran pada system bahan bakar, segera saja hubungi tim mekanik ahli untuk melakukan perbaikan.

Itulah informasi dari kami mengenai tips mencegah mesin genset terbakar dan meledak yang bisa membahayakan keselamatan anda. Apabila genset anda mengalami kerusakan, sebaiknya segeralah melakukan perbaikan agar tidak membahayakan diri anda dan orang lain.

Sumber artikel
https://rajawaliindo.co.id/blog-post/tips-mesin-genset-tidak-terbakar-dan-meledak
 

Rinto85

New Member
genset memang harus di rawat dengan hati-hati, karna genset dipakai saat-saat darurat bisa jadi karna jarang dipakai karena saat darurat saja waktunya. kalau perlu siapkan trafo yang cukup untuk menambah arus listrik rumah atau pabrik agar terhindar dari padamnya listrik secara tiba-tiba yang memungkinkan genset di gunakan
 

singbeling

New Member
yap gan emang harus dipastikan sebuah bangunan sedia alat pemadam kebakaran, kalo perlu kerja sama dengan yang jual selang hydrant misalnya untuk dicek areanya cocoknya pake yang jenis apa
 

TukangKayu

New Member
Saya pernah baca juga katanya ga boleh diletakkan di dalam ruangan, soalnya gas emisinya kan bahaya banget kalau dihirup. Sebaiknya memang memahami dulu bagaimana kinerja genset sehingga perawatannya bisa maksimal.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top