Komponen Dasar Dalam Internet Marketing

Status
Not open for further replies.

Masirwin

New Member
Internet marketing atau sering disebut juga digital marketing adalah sebuah metode pemasaran yang memanfaatkan akses internet sebagai upaya untuk menjangkau pasar secara luas tanpa terbatas waktu bahkan demografi wilayah. Saat ini, penggunaan pemasaran melalui internet berkembang sangat pesat seiring berkembangnya pengguna internet di dunia.


Dalam internet marketing, segala bentuk promosi dilakukan secara dalam jaringan internet tanpa terbatas waktu dan tempat. Dengan kemudahannya, memungkinkan orang untuk selalu mengakses konten pemasaran kita setiap saat. Misalnya, seperti mencari produk di mesin pencari Google, mencari produk di media sosial bahkan transaksi penjualan di toko online. Layaknya sebuah pemasaran konvensional, dalam Internet Marketing seorang marketer harus mengetahui cakupan dasar seorang marketer untuk memasarkan produknya di internet.


Jika dikelompokkan, ada beberapa bagian-bagian dasar yang perlu diketahui lebih dalam untuk melakukan internet marketing, diantaranya :


1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sebuah teknik internet marketing untuk mengoptimasi website dalam mesin pencari untuk mendapatkan posisi visibilitas di mesin pencari. Dalam hal ini SEO digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian website pada posisi halaman pertama di pencarian mesin pencari. Keuntungan menggunakan teknik SEO adalah memberi peluang besar orang-orang untuk melihat, mengakses dan membeli sesuatu melalui sebuah website melalui perantara mesin pencari.


2. Social Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization (SMO)

Social Media Marketing atau kita kenal sebagai SMM adalah sebuah teknik dalam internet marketing yang fokus dalam aktivitas media sosial baik itu memasarkan atau mengembangkan brand melalui media sosial. Di dalam social media marketing memiliki beberapa metode pemasaran tergantung jenis platform media sosial yang tersedia.


3. Content Marketing (Copy writing)

Copy Writing adalah metode membuat tulisan yang mampu menghasilkan tulisan yang memberikan dampak respon atau tindakan sesuai dengan keinginan penulis. Penggunaan copy writing dalam internet marketing sangat penting menimbang tulisan adalah upaya menjembatani kebutuhan pembeli dengan barang yang kita jual. Copy writing akan mempengaruhi perilaku pembeli seperti mendaftar,membeli,mengingat atau melakukan tujuan lain sesuai tulisan yang kita buat.


4. E-mail Marketing

E-mail marketing atau metode pemasaran dengan memanfaatkan pesan elektronik ( E-mail ) sebagai media penyebaran informasi. Metode E-mail marketing bisa disamakan dengan proses broadcast melalui SMS. Hanya saja dalam E-mail marketing memiliki metode khusus agar E-mail yang kita kirim tidak mengandung unsur spamming.


5. Display Advertising (DA)

Display Advertising adalah metode periklanan melalui website. Konten yang disediakan bisa berupa tulisan,gambar atau video dengan tujuan untuk mengembangkan brand atau memberi respon pengguna untuk mengunjung sebuah website. Seperti iklan di facebook, twitter, instagram atau website – website yang menerima space display advertising.


6. Affiliate Marketing (AM)

Affiliate marketing adalah manajemen pemasaran yang memanfaatkan orang lain untuk membantu menjual produk yang kita miliki melalui website. Affiliate marketing bisa dikatakan seperti reseller atau dropshipper yang mana mereka menjual produk dengan imbalan mendapatkan komisi dari pemilik barang atau menjual kembali dengan harga yang berbeda.


7. Mobile Advertising (MA)

Mobile Advertising memiliki kesamaan dengan display advertising. Hanya saja, media periklanan yang digunakan dalam mobile advertising adalah melalui aplikasi ponsel seperti aplikasi android atau aplikasi IOS
 
Last edited by a moderator:
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top