10 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Status
Not open for further replies.

tinahsutinah

New Member
10 Makanan Penurun Kolesterol - Ternayata makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan sehingga itu, dari sekarang ubahlah pola makan anda menuju yang lebih sehat. Seperti untuk anda yang memiliki kolesterol tinggi, ini dia makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol :
  • Gandum
Gandum adalah salah satu sereal bergizi yang dapat menurunakan kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, makan – makanan dari olahan gandum seperti roti gandum juga dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah serta dapat menurunkan tringliserida.
  • Beras Merah
Berah merah bisa menjadi alternatif makanan pokok untuk menurunkan kolesterol tinggi, karena beras merah mengandung magnesium, vitamin B, fitonutrien dan selenium yang dapat menurunkan kadar lemak dalam darah.
  • Bayam
Sayuran hijau yang mudah di dapat ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Karena syuran hijau ini memilki kandungan yang kaya akan antioksidan serta serta yang bermanfaat untuk melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Cara konsumsi bayam pun sangat mudah dapat di masak jadi sayur atau sop (1 mungkuk bayam perhari) dan dijadikan jus bayam (konsumsi 1 gelas perhari).
  • Kedelai
Kedelai memiliki kandungan isoflavin yang mana dapat membantu menekan pertumbuhan kolesterol jahat sehingga tidak dapat berkembang lagi. Tidak hanya kedelainya saja namun olahan lainnya yang terbuat dari kedelai juga dapat menjadi makanan penurun kolesterolseperti tahu, tempe, susu kedelai dan tepung kedelai. Dan olahan makanan dari kedelai sebaiknya di kuskus jika ingin di goreng gunakan minyak jaitun.
  • Ikan Salmon
Ikan salmon memilki kandungan omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga tekanan darah tinggi. Agar berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat sebaiknya hindari memasak ikan dengan minyak.
  • Teh
Salah satu minuman ini ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Terlebih mengkonsumsi teh hijau, karena mengandung heanine / polifenol dan katekin yang dapat mencegah kolesterol jahat dan menimgkatkan kolesterol baik.
  • Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung low-density lipoprotein dan campuran anti oksidan yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat tanpa mengganggu kolesterol baik. Sehingga minyak zaitun dapat di jadikan alternatif untuk menggoreng makanan yang ingin di konsumsi penderita kolesterol tinggi.
  • Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang baik di konsumsi oleh penderita, kerna mengaundung lemak tak jenuh yang baik untuk meningkatkan kolesterol baik dan menkan pertumbuhan kolesterol jahat.
  • Cokelat
Cokelat disini adalah cokelat hitam yang pekat, yang mana telah ada penelitian bahwa dengan mengkonsumsi cokelat hitam dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.
  • Kacang – Kacangan
Kacang – kacangan seperi kacang panjang, almond, mede, kenari dll memilki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menunkan kolesterol. Namun hindari memakan kacang – kacangan yang sudah menggunakan gula dan garam.
 

Ita Maulani

New Member
Saya pernah menderita kolesterol tinggi sampai 253 mg/dl empat tahun lalu. Saat periksa dokter, saya diminta diet, yaitu menghindari makanan penyebab kolesterol. Misalnya, kuning telur, jeroan ayam, jeroan kambing, jeroan sapi, aneka gorengan, kulit ayam, udang, makanan minuman manis, dsb.

Tetu saja, rajin minum obat penurun kolesterol. Selain itu juga diminta rajin olahraga. Semua saya jalani. Setelah satu bulan, kolesterol turun menjadi 191 alias normal. Setelah kolesterol normal, saya tetap melakukan diet. Tujuannya supaya kolesterol tinggi tidak kambuh.

Awal tahun 2018, saya cek kolesterol lagi di laboratorium kesehatan. Hasilnya, kolesterol saya turun lagi menjadi 188. Diet tetap saya lakukan. Maksudnya, dengan diet tidak berarti menghindari semua makanan/minuman penyebab kolesterol tinggi, tetapi hanya membatasi. Mengonsumsi tetapi sedikit/terbatas.

Di luar itu, saya juga mengonsumsi buah penurun kolesterol tinggi. Ini sebagai pendukung upaya menurunkan kolesterol lebih cepat.

Tidak hanya kolesterol. Darah tinggi saya juga ikut normal. Sudah dua tahun belakangan darah tinggi tidak kambuh. Saya tidak lagi minum obat darah tinggi. Padahal, tensi saya pernah mencapai 190/110 mmHg. Menderita darah tinggi sudah 27 tahun. Terima kasih.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top