Sedikit Fakta Tentang Manchester United Yang Mungkin Anda Belum Mengetahuinya

Status
Not open for further replies.

Ramdan

New Member
Manchester United merupakan salah satu klub tersukses di negara dengan julukan The Black Country. United telah mengkoleksi 20 gelar Liga Inggris dan 3 Liga Champions.

Tak hanya sampai disitu saja, Red Devil juga termasuk klub paling mendunia karena prestasiya dan juga klub terkaya di dunia. Tidak heran jika Manchester United selalu diisi oleh pemain top dunia, mulai dari Eric Cantona, David Beckham, Cristiano Ronaldo hingga Zlatan Ibrahimovic.

Namun terlepas dari itu semua, masih banyak fakta unik lainnya yang mungkin belum banyak diketahui anda, klub sepakbola yang bermarkas di Old Trafford ini. Gak percaya? Yuk kita simak aja fakta uniknya.

Sepanjang sejarah klub, hanya baru dua kali dilatih oleh manager dari luar Britania Raya

Dalam sejarah klub, hingga saat ini Man. United telah dilatih oleh 22 orang manager dan mayoritas dari mereka berasa dari Britania Raya. Diantaranya adalah 6 orang berasal dari Skotlandia, dimana diantaranya adalah Sir Alex Fergusson dan David Moyes, sedangkan Ryan Giggs berasal dari Wales.

Namun dari itu semua, MU hanya baru 2 kali dilatih oleh manager yang berasal dari luar Britania Raya, yaitu Louis Van Gaal yang berasal dari Belanda, dan pelatih MU saat ini Jose Mourinho yang berasal dari Portugal.

Pernah menggunakan kandang Manchester City sebagai stadion utama mereka selama 4 musim

Pada tahun 1940 dunia sedang kacau balau akibat perang dunia II, termasuk stadion kandang milik Manchester United. Letak mereka yang dekat dengan kawasan industri Trafford Park menjadikan stadion mereka salah satu sasaran pengeboman oleh Hitler.

Stadion mereka pun kemudian hancur lebur. Manchester City yang merupakan rival mereka kemudian membantu MU dengan berbagi kandang bersama sambil menunggu rekonstruksi pembangunan kembali stadion mereka. MU menggunakan kandang Manchester City selama 4 musim dari tahun 1945 hingga 1949.

Pembangunan kembali Old Trafford rampung pada tahun 24 Agustus 1949, dan dalam pertandingan pertamanya, MU menang dengan skor 3-0 saat melawan Bolton Wanderers.

Klub Inggris pertama yang menjuarai Liga Champions

Sebelum bernama Champions League, kompetisi tertinggi klub Eropa ini bernama European Cup. Meskipun Liverpool merupakan klub Inggris tersukses dalam ajang ini dengan 5 gelar, tapi Manchester United-lah yang menjadi klub Inggris pertama yang menjuarai ajang yang satu ini.

MU menjuarai ajang ini pada musim 1967-1968 saat mampu mengalahkan wakil Portugal, Benfica dengan skor 4-2 melalui perpanjangan waktu. Musim tersebut MU juga mencetak rekor dengan skor kemenangan terbesar, yaitu 10-0 saat mengalahkan Anderlecht di putaran pertama.

Performa MU saat itu memang sangatalah luar biasa. Sebelumnya mereka mengalahkan Real Madrid di babak semifinal dengan aggregate 5-3.

Sumber Fakta
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top