Kamu Harus Tahu, Ini Cara Menghadapi Kebakaran Yang Terjadi Di Rumah

Status
Not open for further replies.

Muhamad Daniel

New Member
Hingga saat ini, kebakaran yang terjadi tiba-tiba masih saja menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Meski berbagai upaya sudah dilakukan untuk menghindarinya, misalnya dengan membeli alat keamanan dari distributor alat pemadam kebakaran serta tempat jual box hydrant murah, kebakaran sering kali masih saja menyisakan tragedi.


Untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk, kamu harus tahu cara mengatasi kebakaran yang terjadi di rumahmu. Setidaknya, kamu harus mampu menyelamatkan dirimu sendiri dan orang-orang tersayang di dalam rumahmu. Dilansir dari laman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemerintah Kota Depok, berikut adalah tips menghadapi kebakaran yang terjadi di rumah.

Tetap tenang

Bagaimanapun, tenang adalah kunci utama saat menghadapi segala sesuatu, termasuk saat kebakaran mengancam. Usahakanlah untuk selalu bersikap tenang, pikirkan jalan keluar terbaik yang bisa kamu lakukan. Panik hanya akan memperburuk keadaan. Kamu pun akan cenderung bertindak gegabah karena sikap panik tersebut.


Pastikan untuk menguasai dirimu. Lalu, beri tahukan kepada orang lain yang ada di daam rumah untuk segera menyelamatkan diri. Kamu bisa berteriak atau menyalakan alarm kebakaran di rumahmu (jika ada). Pastikan juga agar semua orang di dalam rumah mendengar peringatanmu.


Lakukan evakuasi, jangan dulu berpikir untuk menyelamatkan barang-barang

Keselamatanmu beserta keluarga tentu jauh lebih penting dibandingkan keamanan barang-barang berhargamu. Jadi, pastikan untuk segera membawa semua orang dengan melakukan evakuasi. Jangan lupa untuk meninggalkan barang-barang yang akan menghambat jalannya evakuasi, ya. Bagaimanapun, nyawa adalah prioritas utama.


Atasi sendiri lebih dulu

Nah, jika kebakaran yang terjadi termasuk kebakaran kecil dan masih biasa diatasi sendiri, segeralah memadamkan api menggunakan alat pemadam kebakaran kebakaran yang ada di rumahmu, misalnya Alat Pemadam Api Ringan atau APAR. Jika tidak ada, gunakan air, pasir, tanah, atau karung goni yang telah dibasahi dengan air untuk memadamkan api.


Pastikan kamu mengetahui sumber dan penyebab kebakaran. Jika kebakaran terjadi karena korsleting listrik, segeralah matikan aliran listrik di rumahmu. Tutup ruangan kebakaran supaya api tidak menjalar ke ruangan lain. Namun ingat, tidak perlu mengunci ruangan tersebut karena itu bisa menyulitkan anggota pemadam kebakaran yang nantinya akan masuk.


Perhatikan hal-hal ini

Usahakan agar kamu tidak menghirup asap tebal. Kamu bisa menghindarinya dengan cara merangkat dan bernafas dengan mendekatkan muka pada laintai. Gunakan pula kain basah sebagai penutup hidung untuk membantu kamu bernafas. Nah, jika kamu melalui pintu yang tertutup, periksa lebih dulu suhu daun pintu dengan cara menempelkan belakang telapak tangan. Jika terasa panas, carilah jaur yang lain.


Hubungi pemadam

Jika kebakaran yang terjadi cukup besar, segera hubungi petugas pemadam kebakaran di kotamu. Pastikan pula kamu tidak kembali ke rumahmu sebelum pihak pemadam kebakaran memberikan tanda aman.


Itulah cara menghadapi kebakaran di rumah. Semoga bermanfaat!
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top