Ketahui Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Bronkitis Sejak Dini

Status
Not open for further replies.

soleh

New Member
Segala bentuk penyakit jika sudah diketahui sejak dini dan segera melakukan pengobatan tentu saja tidak akan bertambah parah dan beresiko lebih besar. Seperti jenis penyakit bronkitis yang sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham. Mulai dari pengertian, penyebab, gejala, ciri ataupun cara pengobatan dan pencegahan yang tepat seperti apa. Padahal secara medis ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah banyak menelan korban akibat kurang pahamnya penderita.


Bronkitis merupakan salah satu istilah yang sangat umum sekali didengar dalam dunia kesehatan mengenai gangguan pada saluran pernafasan. Organ utama pernafasan yaitu paru-paru yang terserang infeksi, virus ataupun terjadi peradanganlah yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit tersebut. Lalu apa saja yang dapat menyebabkan paru-paru terserang infeksi atau virus? Salah satu yang paling terlihat jelas adalah ketika menjadi seorang perokok. Sadar tidak sadar memang ini merupakan penyebab paling banyak dan paling utama dari segala bentuk pemicu lainnya.


Perlu untuk dikenal jika penyakit bronkitis itu dibagi atas 2 jenis yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Keduanya mempunyai tingkat bahaya yang berbeda dan menimbulkan gejala yang berbeda pula, sehingga Anda harus paham untuk bisa melakukan langkah selanjutnya. Dari dokter sendiri akan melakukan diagnosis berdasarkan gejala tersebut. Terkadang dokter sendiri membutuhkan beberapa tahapan terlebih dahulu untuk akhirnya dapat menentukan jenis bronkitis seperti apa yang sedang diderita.


Selain mengenal gejala, Anda perlu paham juga mengenai apa yang menjadi penyebab utama penyakit itu muncul, antara lain:


  1. Merokok.
Ini merupakan penyebab yang paling utama dari munculnya penyakit bronkitis, mungkin untuk beberapa orang tidak paham. Bukan hanya bagi mereka yang sudah menjadi perokok yang aktif tetapi bisa juga menyerang orang yang ada di sekelilingnya dan menjadi perokok pasif.


  1. Istirahat kurang.
Keseimbangan hidup itu sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, salah satunya dengan istirahat. Mungkin banyak sekali masyarakat yang menganggap remeh akan aktivitas ini tetapi tanpa istirahat yang cukup sistem kekebalan tubuh Anda kurang dan bisa mudah terserang virus flu tersebut.


  1. Lingkungan berasap.
Penyebab yang selanjutnya adalah dari lingkungan yang kurang sehat seperti berasap, bukan hanya rokok tetapi bisa juga dari hal lain seperti pabrik, asap kendaraan dan beberapa lainnya. Makanya hindari dan jaga sekali lingkungan sekeliling Anda agar tidak terjadi masalah pada kesehatan.


  1. Pola makan buruk.
Sadar tidak sadar pola makan seseorang itu mempengaruhi dari kesehatan diri, pola makan yang buruk tentu akan memperburuk kekebalan tubuh. Hal itu secara langsung akan menjadi salah satu pemicu munculnya gangguan kesehatan seperti bronkitis.


  1. Olahraga yang kurang.
Seperti yang telah dikatakan diatas jika memang semua dalam hidup itu perlu adanya keseimbangan yang baik, bukan hanya dari makan dan istirahat saja. Tetapi lebih penting lagi dengan melakukan olahraga, meskipun itu ringan tetapi rutin akan memberikan perbedaan yang cukup bagi tubuh Anda.


Sebenarnya selain beberapa hal diatas ada pemicu lainnya yang bisa menjadi penyebab kenapa bisa bronkitis menyerang, salah satunya usia. Meskipun memang semua golongan usia mempunyai resiko yang sama tetapi untuk lansia dan anak usia bawah 12 bulan mempunyai resiko lebih besar. Nah, makanya itu lebih baik lakukan pencegahan sejak dini. Hal itu mudah sekali dilakukan hanya dengan menjaga kesehatan diri, lingkungan, makanan, keseimbangan hidup dan tentunya dari pola hidup atau kebiasaan positif.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top