Asal Usul Istilah Unicorn Dalam Startup

Status
Not open for further replies.

Lentera

blogger amatir
Istilah Unicorn sangat familiar di dalam dunia perusahaan rintisan atau yang lebih dikenal dengan startup. Unicorn digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan rintisan yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$1 miliar.

Bagaimana istilah Unicorn bisa muncul dalam startup? Padahal pengertian unicorn adalah nama hewan kuda dalam mitologi Yunani.

Istilah unicorn di dunia startup pertama kali diperkenalkan oleh pemodal kapital Aileen Lee pada tahun 2013. Lee menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari US$1 miliar.

Valuasi startup merupakan nilai ekonomi dari bisnis yang digeluti suatu perusahaan rintisan. Valuasi biasanya dijadikan acuan untuk mengukur seberapa besar potensi bisnis sebuah perusahaan.

Mengutip Tech In Asia, penghitungan valuasi startup dan perusahaan konvensional sebenarnya tidak jauh berbeda.

Valuasi perusahaan konvensional mempertimbangkan beberapa aspek termasuk nilai perusahaan di bursa saham, nilai dari jenis saham lain yang dimiliki perusahaan, utang perusahaan, dan uang tunai yang dimiliki perusahaan.

Sementara bagi startup yang sejak tahap awal berdiri bisnis belum mendapat pemasukan atau keuntungan. Pendiri perusahaan atau calon investor akan mempertimbangkan aspek-aspek seperti jumlah dan nominal transaksi, jumlah pengguna, teknologi produk, kualitas tim, dan kompetitor.

Perusahaan yang mengantongi status unicorn berdasarkan penilaian yang dikembangkan oleh pemodal ventura dan investor yang berpartisipasi dalam putaran pendanaan. Semua unicorn sejatinya adalah startup, hanya nilainya dinilai berdasarkan potensi pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Mengutip laporan Corporate Finance Institute (CFI), penilaian untuk dicap sebagai unicorn tidak ada kaitannya dengan kinerja keuangan masing-masing perusahaan atau data fundamental lainnya.

Perlu dicatat tidak sedikit perusahaan teknologi dunia yang sudah mengantongi status unicorn namun belum menghasilkan keuntungan.

Untuk mengantongi status unicorn merupakan proses yang melibatkan berbagai pertimbangan dari banyak faktor. Termasuk perkiraan pertumbuhan bisnis satu perusahaan dalam jangka panjang.

Di samping itu, pemodal kapital dan investor kerap mempertimbagkan aspek rumit lainnya termasuk soal keberlangsungan satu model bisnis. Terlebih jika satu bisnis menjadi perusahaan pertama di suatu industri yang membuat proses penilaian menjadi semakin kompleks.

Berdasarkan riset CB Insight, hingga Januari 2019 ada lebih dari 300 unicorn di seluruh dunia. Beberapa unicorn bahkan sudah 'naik kelas' dengan mengantongi status sebagai decacorn (valuasi US$10 miliar) dan hectocorn (valuasi US$100 miliar).

Kelima perusahaan dengan valuasi tertinggi di dunia menurut CB Insight yakni Toutiao atau Bytedance (US$75 miliar), Uber (US$72 miliar), Didi Chuxing (US$56 miliar), WeWork (US$47 miliar), dan Airbnb (US$29,3 miliar).

Sementara di Asia Tenggara sejauh ini ada tujuh unicorn dengan empat diantaranya berasal dari Indonesia. Keempat startup unicorn tersebut antara lain Bukalapak, Gojek, Traveloka, dan Tokopedia.

Sumber
 
Last edited:

Ryanadiputra

New Member
Padahal supaya dapet status unicorn butuh proses yang melibatkan berbagai pertimbangan dari banyak faktor, tapi gak sedikit juga perusahaan teknologi dunia yang belum menghasilkan keuntungan walaupun berstatus unicorn. emang gak gampang ya perusahaan itu.
 

Ais elkirami

New Member
Terus yang ngasih label atau nama sebuah perusahaan sudah menjadi unicorn itu siapa? dengan menggunakan metode apa? apakah sejenis ada sertifikatnya? Menjadi unicorn itu apakah ada masa tenggangnya? :D:D
 

Januar Htb

New Member
Wah, begitu ternyata ya gan, sangat bermanfaat informaasinya. Jadi kepikiran kalau seandainya saya bisa programming, menarik juga bikin startup yang produknya berupa kalkulator unicorn berbasis paid membership. :D Jadi para investor yang tertarik menanam modal di atau membeli startup bisa dengan mudah menghitung valuasi sebuah startup. Gimana menurut agan? Prospektif ga? :rolleyes:
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top