Cara Mengobati Baru Kandung Kemih

Status
Not open for further replies.

mrsawada

New Member

Apa itu batu kandung kemih?


Batu kandung kemih adalah segumpal mineral keras pada kandung kemih Anda. Batu kandung kemih terjadi apabila Anda tidak mengosongkan kandung kemih (buang air kecil) secara tuntas, sehingga urin menggumpal dan membentuk kristal mineral.

Seberapa umumkah batu kandung kemih?
Kondisi ini dapat terjadi pada orang yang tidak rutin buang air kecil atau tidak tuntas buang air kecil. Batu kandung kemih paling umum ditemui pada pria di atas 50 tahun, dan lebih sedikit ditemui pada wanita.

Tanda-tanda & gejala
Apa saja tanda-tanda dan gejala batu kandung kemih?
Batu kandung kemih mungkin tidak menyebabkan gejala apabila ukurannya cukup kecil sehingga dapat dikeluarkan saat buang air kecil. Tanda-tanda dan gejala umum dari batu kandung kemih adalah:

  • Nyeri pada perut bawah, kadang rasa sakit sangat intens. Pria juga dapat merasakan sakit pada 'p3n1s'.
  • Kesulitan atau merasa sakit saat buang air kecil.
  • Lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
  • Urin berwarna gelap.
  • Terdapat darah pada urin.
Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?
Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, terutama apabila Anda menderita sakit perut berkepanjangan, sering merasa harus buang air kecil, atau adanya darah pada urin. Hubungi dokter jika Anda tidak yakin terhadap kondisi Anda.

Penyebab
Apa penyebab batu kandung kemih?
Batu kandung kemih biasanya terjadi apabila kandung kemih Anda tidak dikosongkan hingga tuntas. Mineral pada urin akan membentuk kristal dan menjadi batu. Beberapa penyebab umum dari batu kandung kemih:

  • Pembesaran kelanjar prostat: pada pria, prostat yang membesar dapat menghambat aliran urin dan membuat urin terperangkap di dalam kandung kemih.
  • Kandung kemih neurogenik: saraf dan sinyal dari otak ke otot kandung kemih, jika cedera akibat penyakit tertentu, mungkin akan bekerja dengan tidak efektif.
  • Peradangan: jika kandung kemih Anda meradang, batu kandung kemih dapat terbentuk.
  • Perangkat medis: objek yang berada di kandung kemih seperti kateter kandung kemih dan perangkat kontrasepsi dapat membentuk batu kandung kemih pada alat-alat tersebut.
  • Batu ginjal: batu ginjal berukuran kecil dapat turun ke kandung kemih melalui ureter dan menjadi batu kandung kemih jika tidak diangkat.
  • Sistosel: Pada wanita, dinding kandung kemih dapat menjadi lemah dan turun ke m1ss v; hal ini dapat menghambat aliran darah dan membentuk batu kandung kemih.
Faktor-faktor risiko
Apa yang meningkatkan risiko saya untuk batu kandung kemih?
Ada banyak faktor risiko untuk batu kandung kemih, yaitu:

  • Usia dan jenis kelamin: batu kandung kemih terbentuk lebih sering pada pria daripada wanita. Angka juga meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Kelumpuhan: orang yang pernah mengalami cedera tulang belakang yang parah serta kehilangan kendali pada otot pelvis tidak dapat mengosongkan kandung kemih secara tuntas.
  • Bladder outlet obstruction: Ada berbagai faktor yang dapat menghambat aliran urin, salah satu yang paling umum adalah pembesaran prostat.
  • Operasi ekspansi kandung kemih: batu kandung kemih dapat terbentuk setelah operasi yang menangani inkontinensi pada wanita.
Obat & Pengobatan
Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana mendiagnosis batu kandung kemih?
Batu kandung kemih dapat didiagnosis melalui beberapa tes berbeda:

  • Pemeriksaan fisik: dokter dapat memeriksa apabila kandung kemih Anda membesar dengan meletakkan tangan pada perut bawah Anda, atau memeriksa prostat melalui rektum.
  • Urinalysis: dokter dapat menguji sampel urin untuk melihat adanya darah, bakteri, atau mineral yang terbentuk.
  • Spiral computerized tomography (CT) scan dan X-ray: CT scan dan X-ray dapat digunakan pada organ internal.
  • Ultrasound: cara lain untuk melihat detil organ internal melalui suara.
  • Intravenous pyelogram: dokter akan menyuntikan cairan tertentu melalui vena dan menuju ginjal dan kandung kemih Anda.
Bagaimana cara mengobati batu kandung kemih?
Apabila batu pada kandung kemih masih berukuran kecil, Anda hanya perlu minum banyak air untuk mengeluarkan batu secara alami.

Jika ukuran batu terlalu besar dan menyangkut pada kandung kemih Anda, operasi mungkin perlu dilakukan untuk memecahkan dan mengangkatnya.

Menghancurkan batu kandung kemih:

Dengan perawatan cystolitholapaxy, dokter akan memasukkan selang tipis dengan kamera pada uretra (lubang pada ujung 'p3n1s', atau di atas m1ss v). Dokter dapat melihat batu melalui kamera dan menghancurkannya dengan laser, ultrasound, atau alat berukuran kecil lainnya sebelum mengeluarkannya. Prosedur ini memerlukan anestesi.

Komplikasi dari prosedur ini jarang terjadi, namun dapat menyebabkan robek pada dinding kandung kemih dan infeksi. Anda mungkin akan diharuskan untuk menggunakan antibiotik sebelum prosedur untuk mencegah risiko infeksi.

Mengangkat batu kandung kemih dengan operasi:

Apabila batu terlalu besar untuk dipecahkan, Anda dapat melakukan operasi pengangkatan. Ahli bedah akan melakukan sayatan pada perut dan mengeluarkan batu kandung kemih.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top