Penyebab Munculnya Jerawat Nodul

Status
Not open for further replies.

Aprilia

New Member
Eva Mulia - Umumnya jerawat nodul mempunyai bentuk yang lebih besar dan nyeri saat disentuh. Ciri-ciri munculnya jerawat nodul yaitu berwana merah, bertekstur keras dan menonjol. Untuk menyembuhkannya cukup lama dan kadang sering meninggalkan bekas luka.


Jerawat ini terbentuk karena adanya sumbatan sebum pada kulit wajah bercampur dengan kotoran dan debu. Sehingga terkadang membuat kulit wajah berwarna merah atau putih.

Faktor Penyebab Jerawat Nodul



Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya jerawat nodul pada wajah antara lain:


1. Penggunaan kosmetik berlebihan

Penggunaan kosmetik secara berlebihan akan menutup pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat yang dibiarkan tidak terawat bisa menyebabkan komedo hitam (blackhead) dan jerawat nodul.

Dokter Eva

2. Pengaruh hormon

Penyebab jerawat nodul kedua adalah perubahan hormon. Terutama pada wanita saat mengalami menstruasi atau pada masa kehamilan, produksi hormon progesteron meningkat. Sehingga menghasilkan kadar minyak berlebih pada wajah.

3. Infeksi komedo yang berlebihan

Komedo yang menumpuk pada wajah juga bisa menyebabkan munculnya jerawat nodul. Jika tidak diatasi komedo batu setiap harinya akan bertambah dan mendorong lapisan kulit sehingga membentuk benjolan merah pada wajah.

Refrensi:
lifestyle people
elvante skin care
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top