Cara Memilih Sistem Kasir Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Status
Not open for further replies.

yonatalia

New Member
POS Sistem atau sistem kasir dapat menjadi tambahan yang baik untuk bisnis anda. Sistem Kasir menawarkan fitur-fitur seperti manajemen inventaris, pelaporan, dan bahkan opsi jam waktu. Tetapi dengan kelebihan Sistem Kasir yang semacam itu. Bagaimana cara memilih sistem kasir yang tepat bagi usaha anda.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan tips-tips agar anda tidak salah pilih bagaimana caranya? Mari kita simak penjelasannya:

Cara Memilih Sistem Kasir yang Tepat

Kesalahan dalam memilih sistem kasir bisa menjadi tugas yang memberatkan bagi anda. Berikut ini ada tiga langkah untuk menemukan sistem kasir yang tepat bagi bisnis anda:

1.Ketahui Apa yang anda butuhkan

Untuk mengetahui apa yang paling penting, ada dua pendekatan untuk memutuskan sistem kasir. Pertama memilih berdasarkan fitur, kedua memilih berdasarkan biaya.

Memilih berdasarkan fitur. Jika anda membuka restoran maka anda membutuhkan fitur pemesanan online dan pengambilan langsung.

Jika anda membuka toko pizza atau toko bunga maka anda membutuhkan fitur pelacakan pengiriman. Jika anda membuka penjualan tembakau atau jenis minuman clum malam, maka anda perlu membutuhkan fitur verifikasi usia/ID.

Jika fitur-fitur di atas harus anda miliki, maka anda perlu memilih sistem yang mempunyai fitur tersebut. Anda bisa berrtanya ke perusahaan penyedia sistem kasir apakah fitur tersebut disertakan dalam sistemnya, atau anda bisa memeriksa situs web perusahaan sistem kasir.

Kedua memilih berdasarkan biaya. Bandingkan harga yang ditawarkan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Tetapi tetap anda harus bertanya sistem kasir yang tersedia seperti apa. Jangan sampai salah pilih ya.

2. Putuskan Prosesor yang Anda Terima dalamSistem Kasir

Setiap sistem kasir yang tepat pasti akan bekerjasama dengan prosesor tertentu. Keuntungannya anda tidak perlu meninjau harga dari beberapa prosesor karena biasanya sudah disediakan oleh web produsen.

Kekurangannya, anda tidak bisa menegoisasikan biaya yang anda keluarkan. Juga anda tidak bisa beralih ke prosesor yang lain. Jika anda ingin beralih maka anda harus membeli sistem yang baru. Belum lagi jika sistem dan prosesor yang anda gunakan ternyata sudah ketinggalan zaman.

Solusinya adalah pertama-tama anda harus mengidentifikasi apakah sistem yang ingin anda gunakan memerlukan prosesor yang spesifik seperti yang ada di situs web produsen. Biasanya produsen sistem kasir akan memberikan saran mengenai prosesor yang mendukung sistem mereka.

3. Pertimbangkan Apakah Anda akan Menyewa atau Membeli

Cara memilih sistem kasir selanjutnya adalah anda harus memikirkan apakah ingin menyewa saja atau membeli.

Beberapa perusahaan akan menawarkan opsi untuk menyewa atau membeli. Keuntungan dari menyewa adalah biaya muka yang murah, tetapi peralatan sewa dapat dikenakan biaya tambahan. Biaya bulanan yang akan anda bayarkan bisa jadi bertambah hingga berlipat-lipat. Namun jika tidak ingin menyewa perhitungkan juga kondisi keuangan anda.

Perlu diketahui juga bahwa menyewa sering kali disertai dengan kontrak yang tidak bisa dibatalkan selama kurang lebih 4 tahun. Sedangkan jika membeli secara langsung akan mahal di awal tapi banyak manfaat yang bisa anda dapatkan.

Salah satu manfaat dari membeli adalah anda bisa memperbarui perangkat lunak secara gratis. Selain itu, anda juga mendapatkan update terkini dari perangkat lunak seperti kemampuan contactless (NFC) sehingga bisa memperluas jenis pembayaran anda.

Nah, tiga poin di atas merupakan beberapa cara memilih sistem kasir yang tepat untuk usaha atau bisnis anda tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk berfikir. Terakhir, pesan yang bisa disampaikan putuskan juga apakah anda akan membeli berdasarkan fitur atau prosesor.

Jika anda memilih berdasarkan fitur, gunakan direktori produk untuk meneliti sistem kasir dan memilih apa yang anda inginkan dan butuhkan.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top