10+ Contoh Notulen Rapat, Pemerintah, Sekolah, Osis

Discussion in 'General Discussions' started by tuanvers810, Jul 11, 2019.

  1. tuanvers810

    tuanvers810 New Member

    Joined:
    May 22, 2019
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    TT
    Location:
    Bandung
    [​IMG]

    10+ Contoh Notulen Rapat, Pemerintah, Sekolah, OSIS

    I. Pengertian notulen
    1. Definisi
    Notulen atau notula adalah pencatatan hasil sebuah rapat. Petugas yang membuat notulen biasanya disebut pembuat notula (notulis). Peran dan fungsi notulen sangatlah penting sebagai arsip atas pelaksanaan sebuah rapat. Bila dikemudian hari ada yang membutuhkan hasil rapat, pastilah harus membuka notulen rapat untuk cek kembali. Notulen rapat yang disampaikan dalam laporan berfungsi untuk memperkuat isi laporan. Laporan hasil diskusi biasanya juga dilengkapi dengan dokumen lain yang digunakan saat diskusi berlangsung. Misalnya, makalah dari pembicara, foto kegiatan, dan lain-lain.
    Biasanya notulen juga dapat disertakan juga daftar hadir peserta serta bahan-bahan lain yang diperlukan. Sesuai dengan keperluan yang diminta. Notulen ditulis selama kegiatan berlangsung. Notulen berisi keterangan dan catatan hasil diskusi. Seseorang yang menulis notula disebut notulis.
    2. Fungsi notulen
    Notulen dapat diartikan sebagai rangkuman yang singkat, sistematis, padat dan menyeluruh dari suatu kegiatan rapat atau sidang.
    Notulen sendiri memiliki fungsi yang tentunya sangat penting dalam kegiatan rapat, karena disinilah semua kegiatan rapat akan dibuktikan secara tertulis, berikut beberapa fungsi notulen :

    Notulen dapat digunakan sebagai bukti tertulis bahwa rapat telah dilaksanakan.
    Notulen dapat digunakan sebagai tolak ukur sukses atau tidaknya pelaksanaan rapat. Dan juga digunakan untuk acuan pelaksanaan kegiatan yang dihasilkan dari hasil keputusan rapat.
    3. Sususan notulen
    Sebuah notulen terdiri atas 4 bagian yaitu kepala notulen, isi notulen, bagian akhir dan penandatanganan. Susunan kepala notulen dilakukan agar para notulis secara mudah mengerti bagaimana cara penulisan notulen dengan baik dan benar. Selain itu, juga agar notulen dapat tersusun dengan rapi dan sistematis.
    a. Kepala notulen
    Kepala Notulen merupakan bagian yang pertama kali harus diingat dalam penulisan tanpa tertinggal. Adapun kepala notulen terdiri atas :
    Nama atau tema yang akan dibahas
    Hari dan tanggal acara dilaksanakan
    Waktu (Jam) pelaksanaan acara
    Tempat pelaksanaan acara
    Acara saat berlangsung
    Unsur-unsur yang terlibat dalam rapat, yaitu ketua dan wakil ketua, sekretaris, notulis dan peserta

    b. Isi notulen
    Isi Notulen merupakan suatu bagian dari susunan notulen yang isinya berupa hal-hal yang dianggap penting dalam kegiatan tersebut, tanpa ada yang tertinggal.Maksud dari pembuatan isi notulen adalah membedakan dari susunan matematis dalam notulen tersebut.
    Adapun susunan sistimatika dalam penulisan notulen adalah.

    Kata pembukaan
    Pembahasan
    Pembacaan Keputusan dari Hasil
    Waktu (Jam) penutupan

    c. Bagian akhir
    Bagian Akhir dari notulen merupakan penulisan atau penjelasan tentang hal-hal yang berada pada akhir penulisan notulen. Namun, walaupun letaknya diakhir, pengertian dan kedudukannya sangat penting dalam penulisan notulen. Susunan sistematika dari bagian akhir notulen adalah.

    Nama Jabatan
    Tanda tangan
    Nama pejabat, pangkat, dan NIP

    d. Penandatanganan
    Penandatanganan berisi tentang tanda tangan dari pihak - pihak yang diangap penting dan bertanggung jawab atas terlaksananya acara rapat tersebut.Notula biasanya ditanda tangani oleh ketua,wakil ketua, sekertaris, notulis.
    4. Pengertian Notulis dan Tugas Notulis
    Menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi) notulis adalah orang yang bertugas membuat notula (catatan rapat). Dengan begitu notulis adalah orang yang mampu meyimak, dan menulis dengan baik agar hal - hal yang ada dalam diskusi tertangkap dengan baik. Sederhananya notulis adalah seseorang yang mencatat hasil dari jalannya diskusi dari awal hingga akhir acara.
    Tugas notulis
    Notulis mempuyai tugas dan peranan yang sangat penting di dalam diskusi. Berikut beberapa tugas dan hal - hal yang harus ditulis notulis di dalam diskusi :
    Mencatat topik permasalah
    Mencatat waktu (jam) dan tempat diskusi dilaksanakan
    Mencatat jumlah peserta
    Menyimak dan menulis segala hal atau proses yang berlangsung dalam diskusi
    Menuliskan kesimpulan atau hasil diskusi
    Mendokumentasikan catatan tentang diskusi yang telah dilakukan

    5. Tips menulis notulen rapat secara benar dan baik

    Judul notula yang berisi organisasi penyelenggara rapat.
    Keterangan penyelenggaraan rapat yang meliputi tempat rapat, tanggal dan waktu penyelenggaraan, pemimpin rapat, acara rapat, dan peserta rapat.
    Pelaksanaan rapat yang meliputi pembukaan, sambutan Pembina OSIS, sambutan Pembina Teater, pembahasan program kegiatan Pelantikan Anggota Baru, tanya jawab dan lain-lain, serta penutup.
    Notula rapat ditandatangani oleh ketua rapat dan notulis.
     


Loading...

Loading...

Tags:

Share This Page