10+ Contoh Teks Eksplanasi 2019

Status
Not open for further replies.

tuanvers810

New Member

Tentukan dalam kalian sudah ada yang tahu atau sudah dengar kata Teks Eksplanasi. Jadi apakah Anda mengetahui arti dan fungsinya? Atau Anda sedang cari informasi mengenai Teks Eksplanasi? Apakah Anda ada tugas mengenai Teks Eksplanasi tetapi belum ada contoh untuk referensi?
Dengan tulisan ini, 123dok.com akan membahas mengenai semua informasi tentang Teks Eksplanasi dari pengertian sampai contohnya. Apakah Anda tidak bisa menunggu untuk mengetahui informasi itu? Tidak harus tunggu lama, berikut ini kita akan langsung mulai ke pengertian dan fungsinya dulu ya. Ayo lanjut dengan kami ya!


1. Pengertian Teks Eksplanasi
Kata Eksplanasi berasal dari bahasa Inggris, adalah keterangan atau penjelasan. Jadi Teks Eksplanasi dapat mengertikan merupakan sesuatu paragraf yang memuat informasi tentang suatu tahapan mengapa dan bagaimana yang meliputi peristiwa-peristiwa. Berbagai peristiwa itu biasanya adalah peristiwa alam, sosisal, budaya dan ilmu pengetahuan.

Setiap peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan kita pasti akan ada hubungan sebab akibat dan sebuah proses di dalamnya. Berbagai peristiwa tersebut dapat diamati dan dirasakan dengan mudah, bahkan kita juga dapat mempelajari polanya dengan gunakan aspek mengapa dan bagaimana terkait terjadinya peristiwa tersebut.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Teks Eksplanasi dan ada gambaran lebih lanjut dan mendalam terkaitnya, di bawah ini kami akan membahas ciri-ciri dan struktur Teks Eksplanasinya. Ayo kita lanjut ya.

2. Ciri- Ciri dan Struktur Teks Eksplanasi

Setahu kita, Teks Eksplanasi ada beberapa jenis seperti Teks Eksplanasi tentang peristiwa alam, budaya, sosial, ilmu pengetahuan. Untuk mudah membedakan jenis-jenis itu, kita ada 4 ciri-ciri pada Teks Eksplanasi. Yaitu:

Memuat informasi yang sesuai dengan nyata atau fakta
Fakta informasi yang melekat dalam Teks Eksplanasi itu bersifat ilmiah atau ilmu pengetahuan
Struktur ada tiga macam dimulai dari pernyataan umum, sebab akibat dan intrepretasi
Dalam Teksnya pakai sequence markers seperti pertama, kedua, ketiga ataupun dengan pertama, berikutnya dan berakhir.

Struktur Teks Eksplanasi harus ada berbagai bagian seperti pernyataan umum, sebab akibat, intrepretasi.

Pertanyaan umum adalah paragraf yang memuat penjelasan mengenai sesuatu topik dan proses yang terbentuk dari proses terjadinya sesuatu peristiwa.
Sebab akibat sesuatu peristiwa dalam Teks Eksplanasi adalah bagian yang menjelaskan sesuatu tahap mengenai sesuatu peristiwa dan bagian ini akan disusun secara bertahap yakni berurutan dari awal hingga akhir peristiwa.
Intrepretasi adalah paragraf yang memberikan pertanyaan terkait topok yang diuraikan dalam tulisan atau dapat disebut sebagai kesimpulan dari Teks Eksplanasi.

Selain itu, dalam menyusun sebuah Teks Eksplanasi pasti akan ada bagian-bagian yang mendukung fungsi dari Teks Eksplanasi itu sendiri. Demikian dengan adanya berbagai bagian tersebut bisa menjadi sebuah uraian yang mudah dipahami. Berikut ini adalah bagian-bagian dalam Teks Eksplanasi.

Pembuka, biasanya dalam bagian ini, penulis akan menceritakan secara umum mengenai apa saja yang ada dalam Teks Eksplanasinya
Isi, dalam bagian ini adalah penjelasan fenomena yang terjadi dalam Teks tersebut.
Kesimpulan atau penutup adalah bagian berisi mengenai inti dari penjelasan dalam Teks Eksplanasinya.

Itulah Ciri-ciri dan Struktur Teks Eksplanasi. Berikut ini adalah Kaidah kebahasaannya. Ayo kita lanjut untuk membahas bagian itu ya.

3. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Tergantung jenis Teks apa akan ada kebahasaan yang beda dan unik. Berikut ini adalah beberapa kaidah kebahasaan yang biasanya ditulis dengan Teks Eksplanasi:

Penulisan Teks Eksplanasi dibuat harus disampaikan dengan benar sesauai fakta.
Terdapat istilah ilmiah
Pembahasannya hubungi segala hal bersifat umum, tidak mengikutsertakan partisipan manusia.
Sering menggunakan kata kerja relasional dan material
Penggunaan kalimat pasif
Ada konjungsi kausal dan waktu
Setelah mengetahui Teks Eksplanasi adalah apa dengan pengertian, ciri-ciri dan strukturnya, berikut ini adalah contoh-contoh Teks Eksplanasi yang 123dok.com berikan Anda sebagai referensi. Mari kita mulai ya.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top