3 Macam Alat Emergency Rumah Sakit

Baehaqi Nur

New Member
Anda tentu pernah berkunjung ke rumah sakit, kalau kita perhatikan hampir disemua rumah sakit atau pusat layanan kesehatn di manapun, bagian depan adalah ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat). Ya, hal ini berkaitan dengan kondisi yang harus segera ditangani. Biasanya pasien yang harus mendapatkan pertolongan cepat masuk ke dalam ruangan ini untuk pertama kali.

Di rumah sakit, dilengkapi dengan berbagai macam perlatan medis, dari A hingga Z. Lengkap dan jumlahnya cukup banyak, salah satu diantaranya yaitu alat Emergency. Yaitu alat – alat yang digunakan untuk setiap tindakan yang berhubungan dengan kegawatdaruratan atau Emergecny. Mau tau apa saja ? Berikut saya akan sebutkan 3 contohnya yang cukup penting dan bernilai besar.

3 Contoh Alat Emergency Rumah Sakit

1. Streetcher

Dalam bahasa yang mudah yaitu tandu, yaitu alat yang digunakan untuk membawa orang dengan cara ditandu. Namun istilah stretcher berbeda, karena dilengkapi dengan beragai fitur lain seperti roda, bisa dilipat bisa transofrmasi menjadi bentuk lain. Bagaimanapun, stretcher merupakan salah satu alat emergency yang digunakan di rumah sakit. Fungsi utamanya yaitu, untuk memindahkan pasien dari tempat yang satu ke tempat lain. Biasanya dari tempat kejadian (insiden) ke dalam ambulance.

2. Defibrillator

Defibrillator merupakan satu alat yang berkaitan dengan jantung. Yaitu alat yang digunakan untuk menstimulus jantung yang dalam masalah. Ketika serangan jantung terjadi, kebanyakan mengakibatkan fibrilasi ventrikel, dimana bilik ventrikel pada jantung bergetar kencang namun tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu kebanyakan tidak sadarkan diri. Untuk mengembalikan detak jantung pada seperti semula digunakan sebuah alat yang disebut dengan defibrillator. Harga alat defibrillator cukup mahal karena harus import ke luar negeri.

3. Alat Oksigenasi

Yaitu alat – alat yang digunakan untuk pertolongan pada pasien yang membutuhkan oksigen. Alat ini hampir bisa kita jumpai di ruang IGD rumah sakit. Alat ini terdiri dari beberapa macam alat diantaranya yaitu tabung oksigen, regulator oksigen dan juga masker oksigen yang dikenakan pada pasien. Ada juga alat oksigenasi lain yang sering digunakan orang seperti inhaler, oxycan, dan juga oksigen concenterator.
 

Ita Maulani

New Member
Mengenali alat-alat kesehatan sangat penting untuk yang ringan-ringan saja tetapi menyangkut kehidupan sehari-hari. Misal alat cek tensi darah, cek kolesterol, cek gula darah, cek berat badan, cek lemak, dsb. Tidak hanya mengenali, tetapi melakukan berbagai cek kesehatan itu.

Kita perlu tahu sekarang ini tensi darah kita berapa. Jangan sampai tak pernah cek tensi, merasa sehat, eh tahu-tahu jatuh stroke. Itu dialami oleh teman saya.

Tidak pernah cek gula darah, merasa sehat, sukanya makanan minuman sangat manis. dan tahu-tahu terkena diabetes. Gula darahnya sampai 600. Itu terjadi pada tetangga saya.

Nah, cek kesehatan yang seperti ini sangat penting. Kita bisa tahu persis kesehatan kita. Jika tensi melebihi normal, harus segera diturunkan. Kurangi makan ini makan itu biar tensi kembali normal. Belum telanjur parah (stroke).

Demikian juga untuk kesehatan gigi. Jika lihat anak kecil suka memasukkan jari jempolnya ke mulut, harus dicegah. Jika terus dibiarkan, giginya bisa tonggos. Demikian juga anak sudah usia 2 tahun masih suka ngedot. Giginya bisa jadi tonggos. Itu harus dicegah. Perhatian orang tua sangat penting. Biar giginya bisa rapi, putih, menarik.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top