4 Gerakan untuk Meredakan Sakit Maag

lingshenyao

New Member
pose.jpg
Maag merupakan salah satu gangguan kesehatan yang banyak ditemukan, khususnya di Indonesia. Kondisi ini sering kali mengganggu pengidapnya dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun Anda jangan cemas, sebab ada beberapa gerakan untuk meredakan sakit maag yang dapat Anda coba terapkan.

Sebelum membahas gerakan apa saja yang sapat membantu meredakan maag, Anda harus menetahui lebih jauh seperti apa maag tersebut.

Secara umum, Maag (gastritis) adalah suatu kondisi di mana lapisan lambung mengalami peradangan yang terjadi secara mendadak. Seseorang yang berada dalam kondisi ini umumnya akan merasakan sakit di bagian perut yang umumnya bersifat sementara. Namun, apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus tanpa ditangani, maka dapat menimbulkan masalah yang lebih berat.

Biasanya keluhan akibat maag akut muncul secara mendadak dan memburuk dengan cepat, sehingga disebut kondisi akut. Lain halnya dengan kondisi kronis, yang mana berjalan dengan waktu yang lama. Dengan begitu, apabila tidak segera diobati, maka kondisi akut ini dapat berlangsung terus-menerus dalam jangka panjang, sehingga pada akhirnya menjadi kronis.

Penyebab Maag

Penyebab utama dari maag akut adalah karena adanya kerusakan pada lapisan lambung, dan akan semakin parah kertika terjadi iritasi akibat asam lambung. Secara umum, maag akut dapat disebabkan oleh beberapa hal, di anyaranya adalah :
  • Infeksi bakteri H. pylori
Bakteri H. pylori adalah jenis bakteri yang dapat ditemukan pada saluran pencernaan. Namun, bakteri tersebut kerap menyerang dan menyebabkan gangguan berupa peradangan pada lapisan lambung.
  • Penggunaan obat antiinflamasi non-steroin dan kortikosteroid
Maag juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat antiinflamasi non-steroin dan kortikosteroid. Hal ini disebabkan karena, obat-obatan tersebut biasanya memang menyerang saluran pencernaan, sehingga timbulah efek samping berupa maag akut.
  • Konsumsi minuman beralkohol
Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol tentunya dapat menyebabkan iritasi pada lambung, sehingga menyebabkan maag.

Tak hanya tiga hal di atas, maag juga dapat terjadi akibat beberapa kondisi lain, seperti infeksi virus, penyakit autoimun, gagal ginjal, sarcoidosis, hingga penyakit Crohn. Stres juga dinilai dapat memicu terjadinya maag akibat produksi asam lambung yang meningkat.

Gejala Maag

Sebenarnya, maag menimbulkan gejala yang terbilang ringan, sehingga banyak pengidapnya yang tidak menyadari bahwa mereka menderita maag . Bahakan, tak jarang gejala yang muncul diabaikan begitu saja. Namun, ada juga orang yang terganggu akibat maag akut yang diderita. Gejala-gejala umum maag antara lain berupa :
  • Nyeri pada ulu hati
  • Perut kembung dan terasa penuh.
  • Mual dan muntah.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Adanya sensasi terbakar dalam perut.
  • Muntah darah.
  • BAB hitam.
Gerakan untuk Meredakan Sakit Maag

Meski banyak obat maag yang dijual bebas, tetapi tidak ada salahnya jika Anda coba mengatasi maag secara alami tanpa obat-obatan. Salah satunya adalah dengan berlatih gerakan yoga.

Hal tersebut disebabkan karena latihan yoga secara teratur dapat memperkuat sistem pencernaan dan memastikan seluruh organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik. Dengan begitu, sirkulasi darah di daerah tersebut pun meningkat, dan penyerapan nutrisi pun berjalan lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa pose atau gerakan yoga yang dapat membantu Anda meredakan sakit maag :

1. Pose Kucing

pose1.jpg

Berlatih pose kucing dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah serta memijat organ-organ pencernaan. Pose yang satu ini akan memberi Anda bantuan instan untuk mengatasi asam lambung.

Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu :
  • Pertama mulai dengan telapak tangan dan lutut menempel ke lantai (membentuk posisi seperti meja).
  • Pastikan lutut berada langsung di bawah pinggul, serta pergelangan tangan, siku, dan bahu dalam posisi lurus dengan lantai.
  • Buang nafas dan jatuhkan dagu Anda ke dada saat melengkungkan punggung ke arah langit-langit, setelah itu buat bokong menjadi rileks.
  • Tahan posisi ini selama beberapa saat seiring dengan mengatur napas, kemudian kemlai ke posisi awal (posisi meja).
  • Ulang gerakan ini sebanyak 5 sampai 6 kali sebelum berhenti.
2. Pose anjing menghadap ke bawah

pose2.jpeg


Pose yang satu ini dapat membantu Anda mengoksigenasi perut dan dapat mengurangi sensasi terbakar akibat refluks asam lambung.

Cara melakukannya adalah :
  • Pertama-tama berdiri di atas empat anggota badan, sehingga posisi tubuh Anda membentuk struktur seperti meja.
  • Pastikan tangan sejajar dengan bahu, dan kaki berada sejajar dengan pinggul. Selain itu, pastikan juga jari-jari kaki Anda mengarah keluar.
  • Setelah itu, tekan tangan Anda ke tanah dan panjangkan lehermu dan biarkan telinga menyentuh lengan bagian dalam.
  • Alihkan pandangan Anda ke arah pusar.
  • Tahan posisi ini selama beberapa saat sambil bernapas teratur, lalu tekuk lutut dan kembali ke posisi meja.
  • Ulang gerakan ini sebanyak 5 sampai 6 kali sebelum berhenti.
3. Pose warior II

pose3.jpg


Pose warior II dinilai efektif untuk meredakan maag akibat refluks asam lambung. Pasalnya, pose ini dapat membantu memperkuat sistem pencernaan dan mengurangi keasaman. Hal ini juga dapat memastikan berfungsinya seluruh organ tubuh serta menyembuhkan masalah lambuh lainnya.

Cara melakukannya adalah :
  • Pertama-tama berdiri tegak dan rentangkan kaki Anda.
  • Putar kaki kanan keluar sekitar 90 derajat, kemudian kaki kiri ke dalam sekitar 15 derajat.
  • Pastikan tumit kaki kanan benar-benar sejajar dengan pusat kaki kiri.
  • Angkat lengan ke samping hingga setinggi bagu, dan pastikan telapak tangan menghadap ke atas, serta lengan yang sejajar dengan tanah.
  • Ambi napas dalam-dalam dan keluarkan napas sambil tekuk lutut kanan.
  • Kemudian putar kepala Anda perlahan-lahan , dan lihat ke arah kanan.
  • Saat posisi tersebut terasa nyaman, Anda perlu mendorong tubuh lebih jauh. Regangkan lengan dan dorong panggul ke bawah perlahan-lahan.
  • Tarik napas dan hentikan gerakan tersebut.
  • Jatuhkan lengan Anda saat menghembuskan napas.
  • Ulangi pose ini dengan memulainya menggunakan kaki kiri.
4. Pose anak

pose4.jpg


Pose anak adalah pose restoratif, pose ini dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan mengurangi serangan asam. Ketika Anda beradap pada pose ini, organ perut Anda pun akan dipijat dan diperkuat.

Cara melakukannya adalah :
  • Pertama-tama berlutut di lantan dan sentuh jari jempol kaki satu sama lain saat Anda duduk di atas tumit.
  • Setelah merasa nyaman, rentangkan lutut selebar pinggul sambil mengatur napas.
  • Bungkukan badan ke depan, dan letakkan tubuh Anda di antara paha saat menghembuskan napas.
  • Rentangkan sakrum (tulang punggung) di bagian belakang panggul, dan persempit titik pinggul kamu hingga mengarah ke pusar.
  • Regangkan tulang ekor belakang panggul saat Anda mengangkat pangkal kepala dan sedikit menjauh dari leher.
  • Regangkan lengan ke arah depat dan letakkan di depan, sehingga sejajar dengan lutut.
  • Lepaskan bahu ke lantai.
  • Tahan posisi ini selama 30 detik.
  • Lepaskan pose dengan regangkan badan ke depan sambil mengatur napas.
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai gerakan untuk meredakan sakit maag, semoga apa yang telah disampaikan dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

Baca Juga : Bahaya Maag Akut yang Harus Diketahui
 
Loading...

Thread Terbaru

Top