4 Menu Mudah dan Praktis Buah Naga Saat Puasa di Bulan Suci Ramadhan 2021

tepiair

New Member
4-menu-mudah-dan-praktis-buah-naga-saat-puasa-di-bulan-suci-ramadhan-2021-1.jpg

Buah naga adalah salah satu buah yang memiliki ciri khas dan rasa yang khas pula. Buah naga banyak terdapat di daerah tropis, seperti Indonesia.Buah yang tumbuh seperti pohon kaktus ini memiliki cita rasa yang sangat tinggi.

Tak hanya rasanya yang nikmat, kandungan buah naga merah juga sangat beragam. Selain baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian Anda, kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga merah juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh selama puasa di bulan suci Ramadhan 2021.

Buah naga mengandung beberapa jenis zat antioksidan. Zat ini penting untuk menambah manfaat buah naga dalam melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat penuaan dini serta mencegah terjadinya penyakit kronis.

Zat-zat antioksidan tersebut antara lain batalain atau pigmen merah pada buah naga mengandung likopen, yaitu antioksidan yang dipercaya dapat mencegah kanker prostat.
Flavonoid, yaitu kelompok antioksidan utama yang sifatnya meningkatkan kesehatan otak. Zat ini juga menambah manfaat buah naga dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

Kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu pencernaan menjadi lancar dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan mengkonsumsi buah naga Anda akan mendapatkan protein baik dan dapat membuat tubuh anda sehat dan segar selama bulan Ramadhan.

Kandungan vitamin C pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kandungan vitamin C pada buah naga juga baik untuk merangsang pembentukan kolagen, menjaga daya tahan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah.

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung vitamin B2 dan vitamin B3. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelancaran metabolisme tubuh dan memelihara kesehatan jaringan tubuh. Asupan vitamin B yang tercukupi juga diyakini dapat menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti migrain, katarak, preeklampsia, dan penyakit jantung. Vitamin B juga disebut berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh.

Banyaknya manfaat buah naga, akan sangat baik jika buah naga dikonsumsi secara teratur selama bulan puasa. Buah naga bisa dikonsumsi secara langsung untuk buka puasa, disantap bersama granola saat sahur, dibuat selai untuk pelengkap roti dan pancake sebagai camilan setelah berbuka, ataupun diolah terlebih dahulu untuk menjadi sajian yang lezat menjadi puding.

Buah Naga Potong Untuk Buka Puasa

Buah naga potong bisa disantap sebagai menu berbuka puasa. Cara menyiapkannya sederhana saja. Buah naga dicuci bersih. Buah naga dipotong dan dipisahkan antara daging buah dan kulitnya. Buah naga siap dikonsumsi, dan sebaiknya langsung dihabiskan ya.

4-menu-mudah-dan-praktis-buah-naga-saat-puasa-di-bulan-suci-ramadhan-2021-2.jpg

Jika ingin menyimpan buah naga lebih lama, tips berikut bisa diikuti. Bungkus buah naga terlebih dahulu dengan kantong plastik sebelum menyimpannya di kulkas. Hindari memotong buah naga jika tidak segera dihabiskan. Jika sudah terlanjur memotong buah naga namun tidak habis dimakan, buah naga bisa disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya atau simpan di dalam freezer. Jangan mengkonsumsi buah naga jika daging buah sudah berubah warna menjadi kecoklatan dan bertekstur lembek.

Buah Naga dan Granola Menu Sahur Yang Sehat Bikin Kenyang Tapi Tidak Bikin Gemuk

Granaola adalah makanan siap saji dengan gizi seimbang. Apalagi ditambah dengan potongan buah naga. Pilihan menu sahur yang praktis dan menyehatkan, juga lezat tentunya.

4-menu-mudah-dan-praktis-buah-naga-saat-puasa-di-bulan-suci-ramadhan-2021-3.jpg

Granola memiliki gizi yang lengkap, karena terbuat dari rolled oat, biji-bijian, dan buah kering. Mengkonsumsi granola bisa membuat kenyang lebih lama, juga tidak perlau takut kurang gizi….dan yang pastinya tidak bikin gemuk selama bulan puasa.

Selai Buah Naga Untuk Olesan Roti Sebagai Camilan Setelah Buka Puasa

Selai buah naga buatan sendiri bisa tahan sekitar satu minggu dalam kulkas. Teksturnya menyerupai selai stroberi.

4-menu-mudah-dan-praktis-buah-naga-saat-puasa-di-bulan-suci-ramadhan-2021-4.jpg

Selai buah naga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bisa digunakan sebagai pelengkap sahur di pagi hari, disantap bersama roti tawar atau pancake. Bisa juga sebagai pengoles crakcer untuk camilan di malan hari setelah buka puasa. Selai buah naga juga bisa sebagai bahan olesan ataupun toping saat membuat cake.

Puding Buah Naga Praktis Untuk Berbuka Puasa

Ciri khasnya yang manis dan segar, membuat buah naga sering dijadikan salah satu hidangan dalam berbuka puasa.

4-menu-mudah-dan-praktis-buah-naga-saat-puasa-di-bulan-suci-ramadhan-2021-5.jpg

Selain dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi selai yang nikmat, buah naga juga bisa diolah menjadi puding. Cara membuatnya juga cukup praktis sehingga tidak perlu repot. Puding buah naga sangatlah cocok untuk berbuka puasa, apalagi kalau disantap saat dingin.

Sumber: https://www.tepiair.com/4-menu-mudah-dan-praktis-buah-naga-saat-puasa-di-bulan-suci-ramadhan-2021/
 
Loading...
Top