5 Manfaat Sistem Inventory yang Baik

mrsawada

New Member
Saat ini, mayoritas sistem manajemen inventory dapat diintegrasikan dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem akuntansi, sistem pembelian, dan bahkan menjadi bagian dari sistem ERP. Aplikasi inventory barang yang canggih memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan mereka yang disimpan di gudang yang tersebar di berbagai lokasi.

apa yang membuat banyak perusahaan untuk memilih mengotomatiskan pengelolaan inventarisnya dengan menggunakan aplikasi inventory barang? Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa manajemen inventaris merupakan proses yang kompleks, yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya apabila dilakukan secara manual.

Sistem manajemen inventory dapat membuat simpel proses pengelolaan persediaan yang kompleks, seperti pengecekan inventaris, pemesanan barang dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah beberapa manfaat utama sistem manajemen inventory yang juga menjadi alasan bagi banyak perusahaan untuk beralih menggunakan solusi otomatis ini.
1. Penyimpanan Data Terpusat
Semakin banyak lokasi stok yang harus Anda kelola, semakin rumit Anda mengelola pesanan dan melacak ketersediaan stok yang Anda miliki.
Dengan sistem manajemen inventory yang memadai, Anda akan dapat mengetahui ketersediaan barang dan menemukan lokasinya hanya dalam hitungan detik, bahkan sekalipun barang berada di gudang atau toko yang berbeda. Anda juga dapat memproses pesanan dan melacak kurir pengiriman melalui sistem yang sama.
2. Stock Control
Stock control (atau inventory control) adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyediakan stok barang yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan konsumen.
Sistem manajemen inventory memungkinkan Anda untuk mengawasi ketersediaan stok Anda dan memastikannya untuk selalu berada di tingkat yang mencukupi. Sistem akan memberikan notifikasi ketika persediaan Anda sudah menipis sehingga Anda dapat segera melakukan pemesanan ulang.
3. Peningkatan Efisiensi
Dengan sistem manajemen inventory, berbagai aktivitas kompleks yang termasuk dalam penanganan stok dapat dibuat menjadi lebih sederhana. Laporan inventaris bulanan hingga tahunan dapat dihasilkan dalam hitungan detik. Ini adalah sesuatu yang mustahil jika dilakukan secara manual.
4. Produktivitas yang Optimal
Karena berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan inventaris telah diotomatiskan, maka karyawan Anda dapat lebih fokus pada tugas-tugas lain yang tidak kalah penting. Mereka tidak perlu lagi terjebak pada satu pekerjaan yang memakan waktu lama seperti pencatatan jumlah stok atau pembuatan laporan dengan spreadsheet.
5. Penghematan Biaya
Solusi manajemen inventaris menjauhkan perusahaan dari kerugian finansial akibat dari berbagai human error, penyimpanan stok yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan pengiriman, dan lain-lain. Dengan satu sistem yang terpusat dan terintegrasi, Anda tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli sistem tambahan untuk mengelola persediaan Anda.
Selain itu, Anda juga bisa mengurangi biaya yang semestinya Anda gunakan untuk membayar tenaga kerja profesional untuk mengelola inventaris perusahaan. Sebab, sistem ini mampu mengotomatiskan pengelolaan inventaris Anda. Sistem ini dapat dengan mudah diimplementasikan oleh siapa pun sekalipun penggunanya bukan ahli dalam inventaris.
 

OmTon

New Member
Info bagus. Cocok nih digunakan oleh perusahaan industri, distributor, agen grosir, jasa ekspedisi, toko-toko besar dll dimana arus keluar masuk barang sangat tinggi sehingga mengurangi resiko human error. Kalau sistem inventory semrawut sering terjadi ketidaksinkronan data di kertas sama realita yang ada di gudang
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top