5 Tempat Wisata Di Sekitar Kalibiru Jogja

arthamara

New Member
Halo kawan traveler sejati, Sedikit info nih yang suka mengeksplore tempat tempat wisata keren. Mungkin teman traveler sudah pernah ke jogja ya? nah di bawah ini ada sedikit tempat menarik yogyakarta, tepatnya di daerah kabupaten kulon progo. yup, terletak disebelah barat kota jogja daerah perbukitan keren menoreh kulonprogo. Kawasan wisata kulonprogo sangat luar biasa pemandangan alamnya. temen traveler pasti sudah pernah dengarkan ya tempat wisata kalibiru?


foto instagram @angguncandraningwijayanti
Kalibiru jogja adalah sebuah Tempat wisata yang terletak di dalam suatu desa dan dikelilingi hutan progo yang masih asri dan segar. Selain karena alamnya yang indah, tempat ini mempunyai daya tarik yang sangat unik yaitu pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan menaiki gardu pandang yang disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Pemandangan bukit-bukit yang hijau nan asri sangat memanjakan mata kita untuk terus menatap pemadangan alam disekitar tersebut. Sebuah hal yang tidak bisa kita dapatkan di lingkungan kerja kita sehari-hari. Bukan hanya bukit yang hijau saja, kita pun dapat melihat Waduk Sermo dari atas gardu pandang. kalibiru Lokasi dari desa Wisata Kalibiru ada di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Perjalanan :
Ada 2 rute perjalanan yang bisa ditempuh yaitu, melalui rute waduk Sermo dan rute Clereng :

  1. Waduk Sermo
    Jika memulai perjalanan dari Kota Jogja, Anda bisa langsung menuju ke Sentolo, lalu menuju ke arah Pengasih, kemudian ke arah Wates hingga bertemu alun-alun Wates. Lanjutkan perjalanan menuju ke Beji, dari Beji ke arah Sermo kemudian langsung menuju ke arah Kalibiru.
  2. Clereng
    Dari kota Jogja menuju ke arah Sentolo, kemudian ke arah Pengasih, lanjutkan perjalanan menuju arah Clereng hingga tiba di Kalibiru.
Harga tiket masuk Wisata Kalibiru yaitu Tiket masuk Rp.10.000 / org, Parkir Mobil Rp. 5.000, Parkir Motor Rp. 2000, Spot Game Rp. 35.000, Spot foto Rp.10.000 – Rp. 15.000. Untuk Jam Operasional wisata Kalibiru buka dari jam 06.00 dan tutup jam 17.00

Apa saja wisata yang menarik di sekitar kalibiru?

Kedung Pedut Kulon Progo
Ini adalah salah satu wisata air yang wajib dikunjungi oleh kalian yang menyukai wisata air. Kedung pedut adalah air terjun yang ada di Kulon Progo. Dengan air yang masih asri dan sejuk, tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin berenang atau melompat terjun ke dalam air karena airnya sangat alami dan pastinya menyegarkan tubuh. Alamat kedung pedut ini ada di desa Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo



foto by @imanuel_yuda
Rute yang bisa dilewati untuk mengunjungi lokasi wisata kedung pedut yaitu, dari Kota Jogja berjalan menuju Demak-Ijo kemudian melanjutkan perjalanan hingga pasar Godean. Selanjutnya menuju ke Jembatan Progo dan Jalan Kiskendo dan bertemu arah menuju waduk Sermo dan air terjun Kedung Pedut. Harga tiket masuk Kedung Pedut sebesar Rp. 5.000 / orang, Untuk flying fox Rp. 15.000 dan pengambilan foto Rp. 5.000 / foto.

Waduk Mini Kleco

Tempat wisata yang masih dikembangkan di Kabupaten Kulonprogo adalah
waduk mini kleco yang berlokasi di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo. Rute jalan waduk kleco yang akan kamu lalui berkelok-kelok dan akan melalui beberapa tanjakan, jadi berhati-hatilah ketika berkendara. hanya sepeda motor saja yang bisa masuk karena jalanannya yang tergolong sempit.


foto instgram @windarositadewi
Pantai Glagah indah Kulonprogo

Pantai glagah indah merupakan salah satu pantai yang unik di daerah Kulon Progo. Karena pantai pada umumnya selalu ada pasir di pinggir pantai. Berbeda dengan pantai lain, di pantai ini terdapat banyak bebatuan unik di pinggir pantai. Pantai ini berlokasi di Temon, Wates, Kab. Kulon Progo.



pict by @romelmela
Rute untuk sampai di pantai ini pun mudah. Dari kota Jogja menuju Jl. Wates, kemudian ke arah Sentolo dan masuk ke Jl. Raya Wates selanjutnya Menuju arah Purworejo. Hingga sampai di Kawasan pantai glagah. Harga tiketnya pun hampir sama dengan pantai – pantai yang ada di Kulon Progo yaitu Rp. 2.000 per orang murah bukan.

Waduk Sermo Wates Kulonprogo

Sebuah waduk yang terletak di desa Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo. Di kelilingi pemandangan pepohonan yang hijau nan asri. Jika pengunjung ingin menikmati pemandangan sekitar bisa dengan menggunakan kendaraan atau perahu yang ada di waduk sermo tersebut. Harga tiket masuknya pun sangatlah murah hanya Rp. 2.000 – 5000ribu per orang dan parkir motor Rp. 2.000. belum termasuk biaya naik perahu dan spot spot foto lainnya ya.



pict @waduksermo
Rute menuju ke waduk sermo dari kota Jogja menuju Jl. Raya Wates, kemudian melewati kota Wates(alun Alun wates), lalu menuju ke arah Kokap dan sampailah ke lokasi waduk sermo.

Kebun Teh Nglinggo

Salah satu obyek wisata yang saat ini tengah naik daun adalah Kebun Teh Nglinggo. Bagi kamu masyarakat lokal yang ingin melihat hijaunya perkebunan teh, tidak perlu jauh-jauh menuju Kota Bandung, datang saja ke Dusun Nglinggo, Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Harga tiket masuk 5000ribu parkir kendaraan motor 2ribu dan mobil 5-10 ribu saat sesi liburan.


foto @dewandaru25
Untuk masuk ke obyek wisata kebun teh, kamu cukup membayar biaya sebesar Rp 3000 saja, termasuk ongkos parkir kendaraan. Sangat murah bukan jika dibandingkan dengan apa yang akan teman tarveler dapatkan di sana?

Karena rute yang akan kamu lalui berupa jalan yang menanjak, maka sangat disarankan untuk cek kondisi kendaraan temen sekalian sebelum berangkat. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima agar kalian tak menemui kendala di sana. Sekian sedikit share mengenai beberapa tempat wisata sekitar kalibiru jogja. semoga bermanfaat.

 
Last edited:
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top