5 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Menjadi Mudah

faddycool

New Member
Ketika anda memasuki tahun akhir perkuliahan, anda akan berhadapan dengan sebuah tahap yang kerap menjadi momok bagi sebagian besar mahasiswa. Tahap tersebut adalah tahap mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Tahap ini dipercayai sebagian ujian terberat bagi seorang mahasiswa karena memang tak mudah untuk menyelesaikannya. Namun meskipun demikian, mengerjakan skripsi bisa menjadi mudah asalkan anda tahu cara atau tips mudah mengerjakan skripsi tersebut.

Sebenarnya gak mudah-mudah amat sih, tetap harus butuh usaha. Bagi mahasiswa yang ingin lulus dengan mudah barangkali memilih untuk menyewa jasa yang berkaitan dengan itu, hanya saja itu sangat beresiko terutama ketika anda menjalani sidang skripsi yang menuntut pemahaman komprehensif terhadap skripsi yang anda kerjakan. Oleh karena itu, tentu akan lebih baik mengerjakannya sendiri, bukan?

Kabar baiknya, beberapa tips yang akan saya tuliskan di bawah ini dapat membuat pengerjaan skripsi anda menjadi lebih mudah.

Rancanglah skripsi anda bahkan dari awal kuliah

Sebagian besar mahasiswa baru akan memikirkan skripsinya ketika ia telah memasuki tahun akhir di perkuliahan, tentu saja itu akan cukup memusingkan. Belum lagi jika ada beberapa mata kuliah yang harus diperbaiki. Merencanakan skripsi dapat dilakukan bahkan ketika anda baru memasuki kampus. Anda bisa bertanya pada senior di jurusan anda, atau membaca literatur ilmiah tentang jurusan atau disiplin ilmu anda. Minimal anda punya gambaran topik apa yang hendak anda kaji di dalam skripsi.

Pilihlah dosen pembimbing yang bersahabat

Tak bisa dipungkiri bahwa dosen pembimbing adalah salah satu faktor utama yang dapat menentukan kesuksesan skripsi yang akan anda jalani. Sudah tak terhitung banyaknya mahasiswa tahun akhir yang mengeluh mengenai susahnya bertemu dan berkomunikasi dengan dosen pembimbingnya. Saya sendiri punya teman yang terpaksa berhenti kuliah karena dosen pembimbingnya sangat memaksakan kehendak. Oleh karena itu, pastikan anda mencari dosen pembimbing yang bersahabat agar skripsi anda lancar dan selamat.

Rancang proses penelitian anda dengan baik

Sebagian besar mahasiswa terhambat dalam mengerjakan skripsi karena yang bersangkutan bingung mau memulai pekerjaannya dari mana. Semua itu bisa dicegah andai kata mahasiswa tersebut membuat rencana penelitian atau proses penelitiannya dengan baik. Anda bisa merancang penelitian mulai dari kajian literatur, metode pengambilan data dan sebagainya. Rencana penelitian ini akan membantu anda dalam menentukan pekerjaan-pekerjaan mana yang harus anda dahulukan, dan mana yang bisa dilakukan secara paralel.

Lengkapi skripsi anda dengan referensi yang terpercaya

Ketika data penelitian telah anda kumpulkan, selanjutnya anda perlu menulis hasil dan pembahasan, bukan? Oleh karena skripsi adalah salah satu jenis karya ilmiah, maka anda harus membuat argumen yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Salah satu referensi yang bisa anda ambil untuk menguatkan argumentasi atau analisis anda adalah jurnal internasional. Sebagai contoh, jika penelitian anda tentang pendidikan, anda bisa mencari jurnal internasional pendidikan untuk anda jadikan referensi. Untuk memudahkan anda menemukan jurnal yang bagus, anda bisa mencarinya di laman ini https://ajopiaman.com/jurnal-internasional-pendidikan-terindeks-scopus/

Mengambil referensi yang berkualitas akan membuat skripsi anda juga berkualitas.

Konsisten dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya

Semua cara yang sudah saya sebutkan di atas tidak akan berhasil jika anda tidak bisa konsisten dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan skripsi tersebut. Sejurus ini terkesan normatif, tapi itu benar-benar kenyataan yang harus dihadapi.

Ketika mengerjakan skripsi di S1 dulu, saya sengaja ngebut mengerjakannya setiap hari, sebab andai saya mengambil libur sehari saja, itu akan membuka peluang untuk menambah hari libur lainnya. Maka sebaiknya, kita mengerjakan skripsi dengan segera, lalu menikmati waktu libur setelah tidak banyak pekerjaan yang tertinggal.

Bagaimana menurut anda?

Nah, setidaknya beberapa tips mengerjakan skripsi dengan mudah di atas bisa anda coba terapkan dalam menjalani hari-hari anda sebagai mahasiswa tahun akhir. Memang mengerjakan skripsi itu berat, tapi ia tetap harus dijalani agar anda bisa segera tamat dan wisuda dari status seorang mahasiswa. Tentu dengan begitu, anda punya jawaban dari pertanyaan nyinyir orang tentang “kapan wisuda”, bukan?

Terima kasih sudah membaca.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top