7 Makanan Yang Bisa Meredakan Radang

Discussion in 'Health & Beauty' started by Harafi, Jan 8, 2019.

  1. Harafi

    Harafi New Member

    Joined:
    Jan 8, 2019
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Radang merupakan reaksi atau respon tubuh secara alami saat tubuh yang kita miliki mengalami infeksi atau iritasi. Dan ciri tubuh yang mengalami radang bisa ditandai dengan pembengkakan, nyeri, menghangat dan memerah.

    Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami radang, tidak perlu khawatir. Karena Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa makanan yang dapat meredakan radang yang sedang anda alami.

    Berikut Dibawah Ini Adalah 7 Makanan Yang Dapat Meredakan Radang Yang Sedang Anda Alami.

    1. Nanas
    Mengandung antioksidan, vitamin C, Potassium, serat dan mangan, membuat buah ini mampu melancarkan sistem pencernaan, mengurangi peradangan usus, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tambahkan buah nanas dalam menu sehat keseharian anda.


    2. Salmon Liar
    Ada dua jenis salmon yang beredar di pasaran saat ini, yang pertama adalah salmon budidaya dan yang kedua adalah salmon liar. Untuk urusan gizi, ikan salmon liar memiliki kandungan vitamin dan mineral yang jauh lebih banyak dibandingkan salmon hasil budidaya. Ikan salmon liar ini merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik di dunia, yang di mana kandungan ini dapat membantu meredakan peradangan, menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan mental.

    Saat Anda mengalami peradangan tubuh, jangan lupa masukan salmon liar ke dalam menu anda. Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang disertai campuran rempah-rempah khas Indonesia.


    3. Jamur
    Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, jamur juga memiliki segudang manfaat. Memiliki sifat antibakteri, antivirus dan antiinflamasi, menjadikan jamur, ampuh meredakan peradangan di dalam tubuh. Ergothioneine (antioksidan super kuat) yang terkandung di dalam jamur berperan aktif lawan peradangan. Namun perlu berhati-hati, sebab sebagian jamur bukan mengandung gizi, justru dapat memberi efek beracun bagi manusia. Konsumsilah jamur yang sudah umum menjadi panganan sehari-hari, seperti: jamur kancing, jamur shitake, jamur enoki dan jamur tiram.


    4. Sayur Brokoli
    Mengandung vitamin C, vitamin E , vitamin A, asam folat, dan antioksidan, menjadikan sayur yang satu ini berkhasiat meredakan peradangan. Anda bisa menumis sayur brokoli dengan campuran sayur lainnya untuk menambah variasi rasa.


    5. Blueberry
    Dalam buah blueberry ini terkandung beberapa vitamin yang berperan penting dalam melawan peradangan, seperti: vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

    Di dalam buah ini ini juga terkandung senyawa antosianin, yang berupa pigmen larut air yang terdapat pada berbagai jenis tumbuhan. Kandungan di dalam antosianin ini berkhasiat sebagai antioksidan dengan mekanisme penangkapan radikal bebas.


    6. Kunyit, Jahe Dan Bawang Putih
    Biasa digunakan sebagai bumbu masakan, Tahukah anda bahwa kunyit, jahe dan bawang putih memiliki khasiat sebagai anti peradangan atau anti inflamasi.

    Di dalam kunyit terkandung kurkumin (senyawa aktif) yang berfungsi melindungi saraf, melindungi hati, pankreas dan menurunkan peradangan pada jaringan adiposa.

    Bukan hanya kunyit, jahe juga memiliki kandungan senyawa yang bersifat bioaktif seperti gingerol yang berguna meredakan peradangan. Anda bisa mencampurkan air rebusan jahe saat menyeduh teh untuk mendapatkan khasiat dari gingerol.

    Bawang putih memiliki sejarah lebih dari 7000 Tahun Lamanya, biasa hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata bawang putih juga berhasiat sebagai anti peradangan. Tidak hanya itu, Selain berfungsi sebagai anti peradangan, bawang putih juga berfungsi mengatasi rambut rontok, mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko kanker dan mengendalikan tekanan darah.


    7. Kaldu Tulang
    Hampir semua dari kita menyukai masakan yang satu ini. Selain rasanya yang gurih dan lezat, kaldu tulang ternyata memiliki khasiat meredakan peradangan. Didalamnya juga terdapat kolagen, gelatin, asam amino, glutamin, arginin dan prolin yang membantu memperkuat lapisan usus dan mencegah peradangan di dalamnya.

    Beberapa manfaat kaldu tulang

    - mengurangi radang usus
    - memperkuat sistem pencernaan
    - meningkatkan sistem detoksifikasi
    - meningkatkan kekebalan tubuh


    Itulah pembahasan mengenai 7 makanan di sekitar kita yang dapat meredakan radang. Semoga bermanfaat.


    Rujukan:
    Department of Biochemistry and Molecular Biology, University of New Mexico, School of Medicine; Gonzales AM, Orlando RA.

    Penulis : akhbar

    Sumber : http://mybooksanddreams.blogspot.com
     


  2. Ita Maulani

    Ita Maulani New Member

    Joined:
    Nov 18, 2017
    Messages:
    84
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Waduh, aku pernah mengalami radang tenggorokan bertahun-tahun sebagai efek samping dari minum obat darah tinggi. Berkali-kali saya periksakan ke dokter. Tetapi, radang tenggorokan masih saja kambuh. Tidak hanya satu dokter. Hasilnya tetap sama saja. Radang tenggorokan belum juga sembuh.

    Dari otak-atik saya, kemudian saya memastikan bahwa ini adalah efek samping dari minum obat darah tinggi. Lalu, ketika periksa dokter untuk darah tinggi, saya langsung minta dokter agar obat penurun darah tinggi diganti karena telah menimbulkan efek samping, yaitu radang tenggorokan. Saya minum obat darah tinggi itu sudah belasan tahun.

    Begitu saya minum obat darah tinggi yang baru, radang tenggorokan langsung berhenti. Saya tidak merasakan lagi tenggorokan gatal. Padahal sebelum minum obat darah tinggi yang baru, batuk akibat radang tenggorokan terkadang terjadi bertubi-tubi.

    Apalagi ketika saya berada di dekat kipas angin atau AC, batuk langsung muncul dan terkadang tidak mudah dihentikan. Sejak minum obat darah tinggi yang baru, batuk akibat radang tenggorokan jarang muncul. Masih, tetapi sangat jarang.

    Untuk menghindari efek samping dari konsumsi obat seperti terjadi radang tenggorokan, maka sekarang saya minum obat darah tinggi tidak terus-menerus tiap hari. Kalau tensi darah normal, saya tidak minum. Saya lebih menyukai konsumsi buah atau sayuran yang bisa mencegah tensi darah naik tinggi.

    Selain itu, saya juga selalu menjaga kebersihan mulut biar tidak ada bakteri yang bisa menimbulkan sariawan atau radang tenggorokan. Ya, itulah yang saya praktekkan untuk mengatasi radang tenggorokan.
     
Loading...

loading...

Loading...

Tags:

Share This Page