7 Unsur Kebudayaan Universal Menurut Koentjaraningrat

Discussion in 'Edukasi' started by Mak Ijah, Jan 7, 2019.

  1. Mak Ijah

    Mak Ijah New Member

    Joined:
    Jan 5, 2019
    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Kebudayaan adalah sebuah kekayaan lokal yang di miliki oleh bangsa dan negara. Entah berapa banyak budaya yang kita miliki dari ujung pulau Sumatera hingga Papua sana. Orang bilang bangsa kita adalah bangsa yang yang sangat besar, ribuan pulau dengan entah berapa suku, budaya, dan kearifan lokal yang harus kita jaga bersama.

    Kebudayaan dan budaya manusia pada dasarnya tidak terbentuk dengan sendirinya, namun sebuah kebudayaan memiliki sejumlah unsur-unsur penting yang kemudian membentuk dan terbentuknya sebuah kebudayaan. Walau mungkin di kalangan para ahli, mereka mendefinisikan dan mengartikan budaya dan kebudayaan dengan penjelasan yang sedikit berbeda-beda.

    Misalkan saja: Prof. DR. Koentjoroningrat pengertian budaya dan kebudayaan adalah “keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar”.

    Masih menurut Prof. DR. Koentjoroningrat, kebudayaan itu sendiri memiliki sejumlah unsur universal, karena unsur-unsur tersebut bisa kita temukan hampir di semua suku dan bangsa di dunia, khususnya bangsa-bangsa yang memang memiliki budaya dan kebudayaan mereka sendiri.

    Unsur kebudayaan universal tersebut adalah: bahasa, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan, sistem peralatan hidup atau teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem relegi, dan kesenian.

    Dengan terus menjaga dan mengembangkan sejumlah unsur tersebutlah sebenarnya kita telah menjaga kebudayaan bangsa kita.
     


Loading...

loading...

Loading...
Similar Threads - Unsur Kebudayaan Universal
  1. mowamola
    Replies:
    22
    Views:
    1,591

Share This Page