8 Makanan Ini dapat Cegah Asam Urat Kambuh

lingshenyao

New Member
5-makanan-alami-yang-diyakini-bisa-menurunkan-kadar-asam-urat-halodoc.jpg
Salah satu cara untuk mencegah asam urat kambuh adalah dengan menjaga pola makan. Ada beberapa jenis makanan untuk asam urat kambuh yang baik dikonsumsi. Apa saja itu? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Sebelum mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk mencegah maupun saat asam urat kambuh, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih jauh mengenai asam urat itu sendiri.

Secara umum, asam urat merupakan zat kimia yang dibuat ketika tubuh memecah zat yang disebut purin. Purin sendiri dapat ditemukan dalam makanan yang mungkin biasa Anda konsumsi, seperti daging, jeroan, seafood, kacang kering, dan lain-lain.

Sementara itu, kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh justru dapat menyebabkan terbentuknya kristal pada sendi. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala asam urat. Kadar asam urat tinggi di dalam tubuh tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab utama meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh adalah akibat adanya penumpukan zat purin dibagian sendi. Hal ini membuat otot menjadi tegang, pegal, ngilu, bahkan dapat berujung pada gangguan ginjal. Kandungan zat purin yang tinggi terdapat dalam beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat, sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya.

Sementara itu, bagian tubuh yang paling sering terserang asam urat, di antaranya adalah kaki, tangan, lutut dan juga jari-jari. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan kristal asam urat yang berlebihan pada are tubuh tersebut.

Gejala Asam Urat

Berikut ini adalah gejala asam urat yang paling umum terjadi :
  • Nyeri di bagian persendian
Gejala utama yang disebabkan oleh asam urat adalah timbulnya rasa nyeri di bagian sendi. Umumnya, bagian sendi yang seringkali terdampak asam urat antara lain adalah pergelangan tangan, lutut, jempol kaki, siku, dan jari-jari yang dapat terjadi selama 4 hingga 12 jam, dan kemudian mereda. Jika Anda mengalami hal ini, maka akan lebih baik jika Anda segera periksa ke dokter untuk mengetahui gejala yang dirasakan tersebut.
  • Pembengkakan
Terjadinya pembengkakan atau benjolan pada lapisan kulit, tepatnya di area sendi juga merupakan gejala asam urat lainnya yang perlu anda ketahui. Pembengkakan yang membentuk benjolan ini muncul akibat asam urat yang sudah parah dan sudah menumpuk dalam jangka waktu yang cukup lama. Apabila zat asam urat menumpuk di saluran kemih, Anda harus lebih hati-hati, sebab hal ini dapat berujung membentuk batu ginjal.
  • Sendi kaku
Menumpuknya zat asam urat pada sendi juga dapat membauat sendi Anda menjadi kaku. Meski rasa sakit yang dialami sudah mereda, tetapi Anda akan tetap kesulitan dalam melakukan pergerakan seperti biasanya. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, maka dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan jangka panjang.
  • Radang kemerahan
Radang kemerahan di area sendi yang terdampak juga merupakan salah satu gejala yang timbul akibat asam urat. Kemerahan pada area sendi ini dapat diikuti dengan dengan munculnya sensasi panas di area tersebut. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kristal asam urat menumpuk dan menetap di sendi, sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakkan dan peradangan pada sendi.
  • Kesemutan yang tak kunjung reda
Gejala asam urat lainnya ditandai dengan terjadinya kesemutan yang tak kunjung reda. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya sensasi panas yang terasa membakar kaki dan tentunya membuat tidak nyaman. Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang terkena gejala asam urat tinggi.

Makanan untuk Asam Urat Kambuh

1. Apel


Mengonsumsi apel dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena apel memiliki kandungan asam malat yang dapat membantu menetralkan asam urat dalam aliran darah.

2. Buah ceri

Ceri juga termasuk buah-buahan yang dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ini sebelumnya. Oleh sebab itu, ceri dapat dijadilan makanan untuk menurunkan asam urat. Buah ceri mengandung zat anti-inflamasi, yakni antosianin yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Tak hanya itu, ceri juga dapat mencegah asam urat mengkristal dan mengendap di persendian, sehingga sangat baik dikonsumsi saat asam urat kambuh.

3. Wortel dan ubi jalar

Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi jalar memiliki kadar purin paling rendah. Maka dari itu, wortel dan ubi jalar termasuk ke dalam makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asa urat.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salh satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk mereka yang mengidap asam urat. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C di dalam brokoli dapat membantu menurunkan kadar asam urat sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

5. Bayam

Selain brokoli, bayam juga merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini disebabkan karena kandungan purin yang ada pada bayam aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

6. Jamur

Jamur merupakan makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan jenis sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

7. Kacang-kacangan

Jenis protein yang dianjurkan untuk penderita asam urat adalah protein hewani. Oleh sebab itu, agar asupan protein di dalam tubuh terpenuhi, Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan. Pasalnya, kacang-kacangan termasuk makanan dengan kandungan protein yang tinggi.

8. Pisang

Pisang adalah makan sumber potasium, selain itu, pisang juga dilengkapi dengan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Selain makanan di atas, cobalah untuk perbanyak minum air putih, minimal 8 sampai 9 gelas sehari. Pasalnya, air putih dapat membantu melarutkan asam urat dan membuang racun di dalam tubuh.

Makanan dan Minuman Pantangan untuk Asam urat

Selain makanan yang baik dikonsumsi pengidap asa urat, ada baiknya jika Anda juga mengetahui makanan dan minuman apa saja yang tidak dianjurkan untuk pengidap asam urat. Di antaranya adalah :
  • Daging merah
  • Jeroan
  • Makanan laut (sea food)
  • Makanan cepat saji (junk food)
  • Makanan yang mengandung gula tinggi atau fruktosa, seperti minuman bersoda, jus dalam kemasan, es krim, dan permen
  • Oatmeal
  • Roti

Tips Mencegah Asam Urat Kambuh

Disamping menjaga pola makan, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan utuk mencegah asam urat kambuh, yaitu :
  • Olahraga teratur
  • Jagaberat badan ideal
  • Tidak merokok
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol
  • Cukupi kebutuhan protein
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai asam urat dan makanan pencegah asam rat kambuh. Semoga apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

Baca Juga : Tanaman Obat untuk Atasi Penyakit Asam Urat

https://rheumapas.com/harga-obat-rematik/
 
Loading...

Thread Terbaru

Top