9 Cara Pengobatan Asam Urat, Mudah dan Efektif !

Status
Not open for further replies.

lingshenyao

New Member
Asam urat pada awalnya mungkin tidak akan menimbulkan gejala sampai serangan akutnya benar-benar terjadi. Berangsur-angsur, gejala asam urat bisa semakin melemahkan ketika penyakit ini sudah berlangsung lama. Sebagian besar gejala yang biasanya terjadi selama beberapa jam dalam 1-2 hari. Jika tidak juga diobati, maka kekambuhan serangan sewaktu-w
f:id:lingshenyaoid:20200601134447j:plain


Waktu bisa menghambat aktivitas harian. Lantas, bagaimana cara pengobatan asam urat yang berlebih?
Berbagai cara mengobati sekaligus menurunkan asam urat
Asam urat tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, Anda bisa mengobati gejalanya agar tidak kambuh atau mengganggu keseharian Anda.
Kunci dari pengobatan yang efektif merupakan menurunkan asam urat yang berlebih dengan cara mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Berikut merupakan berbagai cara untuk mengobati asam urat yang bisa dilakukan di rumah:
  1. Pantau Kadar Asam Urat
Jika Anda baru didiagnosis sudah terkena asam urat, berbagai cara untuk mengobati penyakit ini tidak mungkin efektif apabila Anda tidak memantau kadarnya.
Sebagai permulaan, Anda dapat menggunakan alat tes asam urat yang dijua bebas di apotek. Bentuk dan cara pakainya yang hampir sama dengan penggunaan alat pengecek gula darah. Namun agar hasilnya akurat, minta dokter atau apoteker untuk mengajarkan cara menggunakan alat ini di rumah.
Dengan menggunakan alat tersebut Anda dapat terus memantau kadar asam urat. Kadar asam urat yang normal ialah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan sedangkan untuk laki-laki di bawah 7 mg/dL.
  1. Obat Asam Urat Dokter
Minum obat merupakan salah satu cara paling efektif untuk menurunkan asam urat. Jika Anda telah diresepkan obat asam urat oleh dokter, maka patuhilah aturan aturan jadwal minum dan takaran dosisnya sesuai dengan arahan petunjuk.
Beberapa contoh obat penurun asam urat yang umum biasa diresepkan dokter ialah allopurinol dan colchicine. Biasanya dokter juga akan meresepkan obat antiradang contohnya seperti celecoxib, meloxicam, indomethacin, atau sulindac untuk meredakan nyeri dan juga bengkak di persendian.
  1. Obat Penghilang Rasa Sakit
Begitu serangan asam urat mulai melanda, Anda bisa langsung meminum obat antinyeri (NSAID) nonresep contohnya seperti diclofenac atau ibuprofen untuk mengobati gejalanya.
Jangan minum aspirin sebagai cara untuk mengobati serangan asam urat. Meski sama-sama golongan antinyeri NSAID, obat tersebut dilaporkan beberapa penelitian justru malah bisa meningkatkan risiko serangan baru di kemudian hari; bahkan dengan dosis yang ringan sekali pun.
  1. Olahraga
Selama Anda menjalani pengobatan asam urat, penting untuk Anda agar terus bergerak aktif dengan olahraga.
Berolahragalah dengan teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit untuk 5 hari dalam seminggu.
Keparahan gejala asam urat lebih bisa dikendalikan jika Anda rutin melakukan olahraga. Olahraga membuat sendi-sendi menjadi menguat dan terlatih dengan baik, sehingga bisa mencegah nyeri yang kerap kali mulai menyerang orang dengan asam urat.
Namun, Anda tidak disarankan untuk berolahraga tepat ketika asam urat sedang kambuh menyerang. Melakukannya justru bisa membuat gejala makin terasa parah sehingga berlarut-larut. Peradangan pada persendian pun bisa semakin parah.
Meski begitu, bukan berarti Anda jadi tidak menggerakkan sendi. Saat sendi meradang, maka lakukanlah peregangan yang lembut untuk mencegahnya menjadi semakin kaku.
Setelah peradangan mereda, baru Anda bisa melakukan olahraga dengan bertahap dan pelan-pelan. Olahraga sangat dianjurkan untuk membangun kembali kekuatan serta pergerakan otot-otot di sekitar sendi.
  1. Berat Badan
Sama seperti olahraga, berbagai cara untuk mengobati dan menurunkan asam urat tidak akan efektif jika Anda tidak menerapkan pola makan yang tepat.
Kekambuhan serangan asam urat akan lebih riskan dialami oleh orang-orang yang berat badannya berlebih atau obesitas. Gejala asam urat juga akan sering kambuh bila Anda terbiasa makan makanan pemicu, yaitu yang memiliki kandungan tinggi lemak dan purin.
Maka sebagai cara untuk menurunkan sekaligus mengobati asam urat, Anda wajib menjaga pola makan yang sehat untuk meraih berat badan yang ideal.
Perbanyaklah asupan buah dan juga sayuran serta karbohidrat kompleks seperti gandum. Untuk asupan protein, pilihlah dari daging yang tanpa lemak, ikan, daging ayam dengan takaran porsi 2-3 potong per hari. Sumber protein lain yang bisa ditambahkan dalam diet Anda ialah produk susu rendah lemak atau yogurt.
Selain itu patuhi pula pantangan makanan tertentu sebagai cara untuk menurunkan sekalian mencegah lonjakan asam urat semakin tinggi. Sajian yang harus dihindari ialah makanan dan minuman yang tinggi purin yaitu seperti seafood, daging merah, makanan-makanan manis, alkohol, dan jeroan.
Purin merupakan zat yang dipecah tubuh dan bisa meningkatkan kadar asam urat.
  1. Minum Air Mineral
Sebaiknya minum air putih minimal delapan gelas pada setiap hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Memperbanyak minum air yang termasuk sebagai salah satu cara menurunkan asam urat yang sangat efektif, meski tidak secara langsung.
Di dalam tubuh, air akan membantu mengangkut zat-zat racun dan yang sudah tidak terpakai; termasuk kelebihan asam urat. Itu kenapa beberapa ahli percaya bahwa dengan minum air putih ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang telah menumpuk dalam tubuh.
Selain dari air putih, makan buah yang mengandung air juga dapat menjadi salah satu cara untuk memperlancar pengeluaran asam urat berlebih dari dalam tubuh.
  1. Kadar Insulin
Menjaga kadar insulin agar tetap di ambang normal bisa menjadi cara lain untuk mengobat asam urat. Hal ini cukup penting dilakukan, bahkan jika Anda tidak menderita diabetes.
Kelebihan insulin pada darah kemungkinan bisa memicu kelebihan asam urat. Maka, sempatkan diri untuk cek gula darah ketika Anda mengunjungi dokter untuk memeriksakan penyakit asam urat Anda.
  1. Hindari Stres
Stres harian tidak hanya akan berdampak pada suasana hati (mood), tapi juga pada kesehatan tubuh Anda dari dalam.
Salah satu efek stres amerupakan menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko peradangan. Kedua hal ini bisa memicu peningkatan asam urat dalam darah yang bisa mencetuskan serangan gejala.
Agar berbagai cara yang Anda lakukan untuk mengobati asam urat bisa berjalan dengan sukses, usahakan untuk menjaga tubuh serta pikiran agar tidak mudah stres.
Anda bisa melakukan meditasi atau olahraga yoga yang akan membantu mencegah stres sembari melenturkan persendian pada gerakan-gerakannya,
Selain itu cara sehat seperti tidur cukup, rutin berlahraga, dan makan makanan bergizi bisa mencegah stres datang sembari menurunkan asam urat agar tidak kambuh lagi.
  1. Pengobatan Obat Herbal
Beberapa obat tradisional yang bisa Anda coba konsumsi adalah Rheumapas, brotowali, jahe, kunyit, daun jelatang, dan meniran hijau.
Meski begitu, obat-obatan herbal untuk mengatasi asam urat tidak bisa sepenuhnya menggantikan peran atau fungsi obat asam urat medis dari dokter.
Cara alami ini hanya bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh sembari menurunkan kadar asam urat
Baca juga
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top