9 Gejala Penyakit Tipes Yang Harus Kita Ketahui

Mak Ijah

New Member
Mungkin banyak orang yang mengira bahwa tipes dan tifus itu sama saja, padahal sebenarnya ini berbeda. Tipes itu disebabkan oleh bakteri S.typhi sebagaimana yang sudah kita sebutkan, sementara tifus itu disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi atau R.prowazekii. Bakteri Rickettsia typhi ini dibawa oleh binatang-binatang kecil seperti kutu, tikus, dll yang kemudian menginfeksi manusia.

Tipes dan gejala tipes pada dasarnya sama saja, yakni dikarenakan bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini kemungkinan besar termakan oleh anda di minuman atau makanan yang terkontaminasi dengan bakter tersebut. Bakteri Salmonella typhi ini bisa masuk ke dalam tubuh kita setelah kita minum atau makan yang memang sudah terkontaminasi oleh orang yang mengidap tipes tersebut.

Gejala Penyakit Tipes untuk Kita Ketahui.

Ada baiknya kita mengetahui apa saja tanda-tanda atau gejala penyakit tipes. Diantara gejala penyakit tipes itu bisa kita lihat dan rasakan sebagai berikut:

1. Demam yang tinggi hingga 40°C.
2. Ruam pada kulit atau nampak bintik-bintik pada kulit.
3. Sakit kepala.
4. Sakit dan nyeri pada otot.
5. Tidak nafsu makan.
6. Diare.
7. Muntah.
8. Lemas.
9. Sakit perut dan sembelit.

Itu adalah tanda-tanda gejala yang bisa kita lihat dan mungkin bisa kita rasakan. Sementara untuk memastikan apakah kita memang terkena tipes atau tidak bisa dibuktikan dengan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan pada sampel darah, urine, feses, atau mungkin sampel sumsum tulang anda.

Dokter tidak akan mudah memvonis seseorang terkena tipes atau tidak sebelum melakukan tes dan menemukan adanya bakteri S.typhi pada aliran darah. Itulah kenapa kita akan lebih sering mendengar gejala tipes dibandingkan tipes.

Karena jika dilihat pasien memang menderita gejala-gejala tipes, namun untuk memastikan nya maka dokter harus melakukan pemeriksaan terlebih. Jika sudah ditemukan adanya bakteri S.typhi tersebut barulah pasien akan dinyatakan mengidap penyakit tipes.
 
Last edited:
Loading...

Thread Terbaru

Top