Air Liur Berkurang Banyak, Suara Pun Sering Hilang

Ita Maulani

New Member
Saya punya pengalaman tidak mengenakkan saat periksa dokter akibat sakit sendi di salah satu jari tangan sebelah kiri. Ini terjadi sekitar 4 bulan lalu. Dari dokter, saya mendapatkan obat sendi. Setelah mengonsumsi beberapa kali, saya merasa maag saya kambuh. Saya pun bertanya-tanya, apa penyebab maag kambuh

Saya pikir, saya tidak pernah mengonsumsi makanan atau minuman pedas, asam yang bisa menyebabkan maag kambuh. Saya kemudian googling. Ternyata obat dari dokter punya efek samping bisa membuat maag kambuh.

Akhirnya saya datang lagi ke dokter. Saya sampaikan kembali bahwa sakit sendi jari tangan saya belum sembuh. Saya mukakan pula saya punya sakit maag. Obat yang diberikan dokter sebelumnya menyebabkan maag saya kambuh.

Kembali dokter memberi obat. Kali ini ada dua jenis obat. Satu untuk sendi dan satunya untuk maag. Sehari kemudian setelah mulai minum obat, maag saya kembali kambuh. Lambung terasa perih. Lalu, komsumsi obat saya hentikan.

Ternyata, efeknya tidak sampai di situ. Beberapa hari kemudian, mulut terasa kering. Air liur berkurang. Bahkan saya tidak pernah meludah karena sedikitnya air liur yang keluar. Kalau berbicara agak lama sedikit, suara pun hilang. Hanya mulut yang bergerak-gerak tanpa suara.

Memperbanyak Minum Air Putih

Sebagai solusi, saya tidak lagi periksa dokter. Saya memperbanyak minum air putih, termasuk saat bangun tidur pagi. Begitu bangun, saya langsung minum air putih. Walaupun tidak pakai ukuran minum air sekian gelas. Pokoknya saya harus sering minum air putih, termasuk minum saat bangun tidur malam.

Selain itu, saya menghindari makanan minuman yang bisa membuat maag kambuh. Sudah belasan tahun saya punya sakit maag. Tetapi tahun-tahun belakangan saya bisa mengatasi dengan cara makan tepat waktunya.

Untuk sakit sendi di jari tangan, saya juga tidak lagi minum obat. Tiap bangun pagi, saya sempatkan dulu memijat jari saya yang sakit beberapa menit. Itu rutin saya lakukan. Kecuali lupa.

Alhamdulillah, setelah sekitar 4 bulan, suara saya bisa kembali lancar. Bicara lama tidak masalah, tetapi bisa bicara dengan baik. Suara tidak hilang lagi. Ini saya rasakan 4 hari lalu.

Selain itu, sakit sendi saya juga hampir sembuh. Mungkin kesembuhannya sudah 95%. Saya berharap nantinya bisa sembuh 100%. Hanya dengan cara dipijat sendiri.

Itulah sedikit pengalaman saya untuk hidup sehat dengan mengatasi sakit sendi di jari tangan, sakit maag dan mengembalikan produksi air liur bisa meningkat sehingga kalau berbicara, suaranya tidak menghilang.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top