Anak Tidak Mau Minum Susu? Mungkin Ini Penyebabnya

Discussion in 'Family & Parenting' started by hersam, Jan 21, 2019.

  1. hersam

    hersam New Member

    Joined:
    Apr 10, 2018
    Messages:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Mengetahui anak tidak mau minum susu pasti membuat para orang tua cemas dan khawatir. Bagaimana tidak, selama ini susu dikenal sebagai minuman favorit yang wajib bagi anak-anak. Lalu mengapa ada saja anak yang tidak mau meminumnya?

    Kebanyakan anak-anak memang suka minum susu tapi kadang ada juga anak yang selalu menolaknya. Jika anak Bunda juga tidak mau minum susu maka ini adalah tugas untuk Bunda agar bisa membujuknya. Tapi sebelum itu, Bunda sebaiknya mencari tahu dulu apa yang menyebabkan si kecil tidak mau minum susu.

    Haruskah Anak Minum Susu?

    Haruskah anak minum susu? Pertanyaan ini pasti pernah Bunda pikirkan mengingat sejak kecil bahkan saat baru lahir, bayi sudah minum susu yaitu ASI. Saat anak mulai berjalan dan bicara, ia juga minum susu. Bahkan ketika anak beranjak remaja, susu juga masih tetap dianjurkan untuk diminum. Ini pasti membuat Bunda bertanya-tanya, bagaimana jika anak tidak minum susu?

    ASI adalah makanan pokok bagi bayi, karena itulah ASI sangat penting pada 6 bulan pertama kehidupannya. Selepas dari ASI biasanya anak akan mulai diberi susu formula untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Karena kebutuhan kalsium dan protein anak pada tahap ini cukup tinggi untuk pertumbuhannya. Sedangkan ia hanya mampu mengonsumsi sedikit makanan dimana susu pertumbuhan menjadi solusinya.

    Mengetahui hal yang telah dijelaskan pasti membuat Bunda berpikir susu memang harus diminum si kecil. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya tepat karena pada kondisi tertentu anak tidak perlu lagi minum susu. Seperti saat kebutuhan nutrisi terutama kalsiumnya sudah terpenuhi dari makanan lain. Tapi mengingat sedikitnya kalsium yang ada pada makanan, susu tampaknya cukup penting bagi anak.

    Penyebab Anak Tidak Mau Minum Susu

    Tahukah Bunda apa penyebab anak tidak mau minum susu? Mengetahui penyebab ini penting untuk Bunda jika ingin membujuk anak agar mau minum susu. Karena dengan mengetahuinya, Bunda bisa menentukan cara yang tepat. Nah, beberapa penyebab yang sering terjadi pada anak adalah:

    Rasa Susu yang Tidak Enak


    Penyebab ini adalah yang paling sering terjadi, terutama untuk anak baru lepas dari ASI dan anak yang suka pilih-pilih makanan. Hal ini wajar saja karena selera anak yang berbeda-beda, ada yang suka susu vanila ada juga yang merasa mual hanya dengan mencium baunya. Untuk mengatasi hal ini, Bunda bisa memilih beragam varian rasa susu yang si kecil enak dan ia suka.

    Alternatif kedua dalam mengatasi anak yang mogok tidak mau minum susu karena rasa, mungkin cara penyajiannya yang kurang tepat. Demi membujuk anak tidak mau minum susu menjadi berkenan, ada takaran tertentu dengan metode khusus supaya sumber nutrisi dalam minuman ini dikonsumsi lahap.


    Bosan Minum Susu


    Rasa bosan pasti akan anak rasakan saat ia rutin minum setiap hari. Apalagi jika susu yang Bunda berikan selalu sama dan itu-itu saja. Anak pasti lama kelamaan bosan dan tidak mau minum susu lagi. Nah agar anak mau minum susu lagi, Bunda perlu sedikit berkreasi dengan susu. Seperti mencampurnya dengan jus buah, puding, sereal atau makanan lainnya.

    Badan dan Mulut Anak Terasa Sakit


    Saat badan dan mulut anak terasa sakit ia pasti akan menolak mengonsumsi apapun termasuk minum susu. Karena itu periksalah apakah anak mengalami flu, batuk atau demam. Jika tidak ada gejala badan anak sakit maka periksa mulut anak, perhatikan ada tidaknya masalah seperti sariawan, radang gusi atau gigi tumbuh. Saat rasa sakitnya hilang, anak pasti mau minum susu lagi.

    Adanya Gangguan Pencernaan


    Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan anak bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi. Gangguan ini bisa berupa sembelit ataupun diare yang pastinya membuat anak tidak nyaman. Jika anak tidak mau minum susu karena ini maka Bunda perlu membantu mengatasi gangguan pencernaan yang dirasakannya lebih dulu sebelum menawarkan susu.

    Adanya Masalah Kesehatan


    Jika anak terlihat lesu, pucat atau ada ruam dan tidak bersemangat maka Bunda perlu mewaspadai adanya masalah kesehatan yang mungkin dialami. Untuk itu, segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jika masalah kesehatan ini terjadi akibat anak alergi susu sapi maka sebaiknya ganti susu si kecil dengan susu kedelai.

    Merasa Dipaksa


    Kemungkinan terakhir yang bisa saja menjadi penyebab anak menolak susu adalah karena ia merasa dipaksa. Anak-anak memang sangat tidak suka dipaksa sehingga ia akan melakukan perlawanan. Tidak minum susu ini mungkin menjadi perlawanannya. Jadi Bunda jangan pernah memaksa si kecil untuk minum susu saat sedang tidak ingin meminumnya.

    Manfaat Minum Susu Untuk Anak

    Manfaat minum susu untuk anak seharusnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Lihat saja perbedaan anak rutin minum susu dengan anak tidak mau minum susu. Tapi untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat minum susu untuk anak:

    Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


    Susu memiliki kandungan kalsium tinggi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Karena itulah rutin minum susu akan membuat pertumbuhan tulang anak lebih optimal sehingga anak memiliki tubuh yang tinggi. Selain itu, kandungan kasein yang juga terdapat pada susu akan melapisi permukaan email gigi serta mencegah gigi berlubang.

    Mendukung Berat Badan Ideal


    Nutrisi yang terkandung dalam susu mampu melancarkan pencernaan anak dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Ini tentu sangat baik untuk mendukung anak memiliki berat badan ideal karena sisa-sisa makanan atau sampah dalam tubuh dapat dibersihkan. Yang ini berarti anak akan lebih sehat dan terhindar dari resiko obesitas selama susu tidak dikonsumsi berlebihan.

    Mengurangi Kecemasan


    Vitamin D yang biasa ditambahkan pada susu mampu mendukung produksi serotonin yang berpengaruh pada suasana hati. Jika hormon ini baik maka suasana hati anak juga akan baik. Hal ini tentu akan mengurangi kecemasan anak serta meningkatkan nafsu makan dan kualitas tidurnya.

    Jadi sebaiknya Bunda selalu mengusahakan agar anak rutin minum susu. Jika anak tidak mau minum susu maka ketahui dulu faktor penyebabnya agar Bunda mudah membujuknya. Yang terpenting adalah atur dan awasi banyaknya susu yang anak konsumsi setiap harinya.
     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page