Apa Keuntungan Menggunakan Erp Pada Bisnis Online?

Discussion in 'Bisnis Online' started by Joni Yandi, Dec 6, 2017.

  1. Joni Yandi

    Joni Yandi New Member

    Joined:
    Dec 6, 2017
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Seperti yang sudah dilansir sebelumnya, sistem ERP merupakan sistem informasi yang digunakan bagi perusahaan baik manufaktur maupun jasa yang dirancang sebagai penghubung seluruh aspek dari proses bisnis yang berhubungan dengan operasional, produksi, hingga distribusi. Integrasi yang dimaksud oleh sistem ERP adalah menggabungkan kebutuhan pada satu software dalam satu database dimana database tersebut dapat menyimpan dan mengambil informasi secara real-time sehingga memudahkan suatu perusahaan untuk merencanakan dan mengelola proses bisnis internal termasuk manufacturing, logistik, akuntansi, keuangan, dan sebagainya.


    Jika dikaitkan dengan bisnis online di marketplace, hal yang paling penting adalah bagaimana pebisnis online tersebut mengelola listing, stok barang di gudang, sn pergerakan stok barang, logistik, penjualan per produk, per minggu, per bulan, dan sebagainya. Tidak sedikit pebisnis online yang ingin mengembangkan usaha mereka dengan membuka toko online di berbagai marketplace. Dengan memiliki lapak di Shopee, Lazada, Matahari mall seller atau marketplace populer lainnya lebih dapat memaksimalkan pemasaran, menjangkau banyak calon pembeli jauh lebih besar, dan meningkatkan penjualan.


    Ketika Kamu menjual barang yang banyak dan beragam, Kamu harus mengecek dan mengupdate stok barang dengan rutin agar calon konsumen tidak kehabisan barang yang mereka inginkan di tokomu. Bayangkan jika Kamu memiliki lapak di Shopee dan Lazada, bahkan 4 marketplace sekaligus. Tentunya akan repot untuk melakukan update listing, inventory, dan lain-lain pada setiap marketplace.


    Tidak hanya perusahaan besar, pengaplikasian ERP dapat menjadikan solusi bagi bisnis jualan online untuk memudahkan dalam mengontrol seluruh kegiatan bisnis yang ada, sistem ERP juga dapat memperkecil resiko kesalahan input data yang kerap sering terjadi. Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan apabila Kamu menggunakan layanan sistem ERP ini:


    1. Memudahkan membuat laporan analitik

    Data dari laporan penjualan dan pergerakan stok barang bergerak secara real-time sehingga memberikan kemudahan bagi pebisnis online untuk memantau dan mengelola laporan dan stok tersebut.


    2. Penyusunan data transaksi yang lebih rinci

    Dari pemesanan hingga penerimaan barang, semua aktivitas transaksi akan terekam dalam satu platform ERP. Data transaksi akan lebih tersusun dan rinci.


    3. Meminimalisir kesalahan manual

    Pada sistem ERP memiliki fitur dimana dapat rekonsilasi jumlah stok barang di gudang apakah sesuai dengan sistem atau tidak. Setiap pembelian barang akan langsung ter-maintain sehingga akan meminimalisir kesalahan dalam penginputan secara manual dan dapat meningkatkan efisiensi kegiatan bisnis.
     
    Last edited: Dec 12, 2017


  2. Gita Lestina

    Gita Lestina New Member

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Baru denger istilah ERP, kayaknya ini software yg mahal :oops:
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page