Apa Masih Untung Usaha Digital Printing Walau Banyak Saingan

Discussion in 'General Discussions' started by bimo, Jun 29, 2018.

  1. bimo

    bimo New Member

    Joined:
    Mar 14, 2018
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Pegawai swasta
    Location:
    Tangerang Selatan
    [​IMG]
    Dalam bisnis digital printing semua ukuran banyak nya pesaing tidak secara langsung menurunkan potensi pendapatan bisnis anda, bisa di bilang hal ini relatif.

    Yang mempengaruhi itu semua adalah usaha percetakan digital printing anda itu sendiri, bagaimana anda mengelola usaha digital printing anda, produk atau jasa seperti apa yang anda tawarkan serta pelayanan yang seperti apa yang anda dapat berikan kepada pelanggan. Beberapa hal tersebut lah yang paling besar mempengaruhi daya saing dan keuntungan usaha digital printing anda dengan kompetitor (Saingan Bisnis).

    Bila anda disini adalah pemain baru, atau baru buka usaha digital printing dan usaha anda masih kecil, namun di sekeliling anda banyak sekali pemain besar (perusahaan/perorangan) yang sudah lama berdiri menjalankan usaha printing nya di tempat tersebut dan sudah sukses. walaupun dengan kondisi seperti itu, usaha kecil milik kita yang baru mulai ini masih punya potensi keuntungan pendapatan yang sama seperti saingan kita, tentunya dengan strategi persaingan yang tepat. lalu, bagaimana cara bersaing dengan kondisi seperti itu? Nanti kita akan bahas lebih rinci.

    Lebih detail lagi, usaha kecil kita itu punya kelebihan tersediri, seperti kecepatan, hubungan atau interaksi dengan pelanggan bisa kita lakukan secara langsung sehingga dapat menimbulkan kepercayaan pelanggan lebih tinggi terhadap usaha anda, apalagi bila anda bisa memberikan pelayanan lebih baik dari pesaing anda.

    Kesimpulannya, kita masih bisa memiliki peluang yang sama dengan pesaing usaha kita walaupun pesaing kita pemain besar atau lebih dulu bisnisnya berjalan.

    Lalu bagaimana cara bersaing dengan tepat atau hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk memenangkan persaingan usaha digital printing kita dengan kompetitor?

    Beberapa langkah untuk memenangkan persaingan bisnis digital printing
    1. Cari kelemahan Pesaing Kita
    Perusahaan sebesar apapun pasit memiliki kelemahan, itu pasti. meng analisis pesaing dengan hati-hati itu akan membantu anda meng identifikasi kelemahan-kelemahan tersebut, dan juga anda harus mengetahui kekuatan anda sehingga anda mengetahui bagaimana harus merespon hal tersebut.

    Tips berikut sangat di rekomendasikan untuk anda lakukan
    • -Ketahui target pelanggan mereka
    • -Daftar harga mereka
    • -memperinci strategi pemasaran mereka
    • -Identifikasi keunggulan kompetitif mereka
    • -Temukan kekuatan dan kelemahan mereka
    Bila anda sudah mendapatkan data tersebut, ibaratkan peta, anda sudah tau arah, mau kemana anda, mau naik apa dan dan langkah apa yang harus anda lakukan. bila hal itu sudah angda ketahui, berikutnya adalah membuat strategi untuk memanfaatkan kelemahan mereka dan bermain dengan kekuatan anda sendiri.

    2. Rencanakan Penyerangan Untuk Bersaing
    Berikan apa yang tidak di berikan pesaing anda, contohnya seperti anda memberikan nilai tambah pada produk anda yang tidak di berikan oleh pesain anda (Bila produk anda jasa cetak digital printing, berikan penawaran menarik seperti, 3x cetak gratis 1 kali cetak, atau setiap hari jum'at diskon cetak 50%!) masih banyak lagi contoh2 nya.

    Lakukan apa yang tidak di lakukan pesaing anda,bila pesaing anda selam ini mendapatkan pelanggan murni dari orang2 sekitar yang kebetulan lewat, brosur, atau stiker2 yang di tempel di jalan2 atau bahkan spanduk2 yang ada di jalan sekitar tempat usahanya, lakukan hal yang berbeda dalam strategi pemasan anda, misalkan, lakukan pemasaran via sosial media, karena pemirsa sosial media adalah potensi pelanggan yang paling bagus, atau promosikan website anda untuk menjaring pelanggan2 baru, atau hal apapun yang tidak di lakukan pesaing anda.

    Buat lah perbedaan mencolok dalam hal yang positif dengan pesain anda, sebagai contoh, kalau pesaing anda memberikan service yang biasa saja, tanpa senyum, sapa dan hal lainnya, anda harus bisa memberikan hal yang lebih baik, kondisikan tempat bisnis anda bersih , rapi, pelayanan yang murah senyum, ramah, bertanggung jawab serta profesional dan tepat waktu. dengan hal tersebut, anda dapat mengambil pelanggan pesaing anda secara otomatis. karena sifat pelanggan atau manusia adalah mencari yang paling menguntungkan untuk dirinya.

    3. Tingkatkan Efisiensi dan Speed
    Salah satu keunggulan dimana usaha kecil sering menikmati keuntungan adalah seputar fleksibilitas. pada umumnya semakin besar sebuah usaha, semakin ruwet birokrasi atau administrasinya. perusahaan kecil lebih dapat bertindak atau bekerja dengan cepat, merespon lebih cepat terhadap kejadian terkini atau tren terbaru.

    “Besar bisa jadi berat. Staf yang lebih besar, anggaran yang lebih besar, basis pemirsa yang lebih besar, kerugian yang lebih besar berarti keputusan mengambil keputusan lebih lama dan cenderung menghindari risiko. Institusi yang lebih kecil dapat mengambil risiko karena kelincahan kita berarti dapat menghindari rintangan, mengubah arah, merencanakan ulang dan merespons dengan cepat kesulitan dan kesempatan.” (Carol Ostrow dari Flea Theatre).

    4. Jangan Bersaing Dimana Anda Berada Dalam Kerugian
    Kita harus menyadari potensi yang kita punya, dan setiap potensi ada batasnya, jangan terlibat dengan persaingan yang tidak bisa anda menangkan, semut tidak akan mengalahkan gajah dalam pertandingan gulat, benar?

    Bila usaha printing yg besar bisa melemahkan harga kita, jangan tergoda untuk bersaing di sana, sebagai gantinya, tekankan keunggulan kompetitif anda yang lainnya.

    Contohnya, bila saingan anda menawarkan harga jasa printing murah, anda tidak harus merendahkan harga lebih rendah dari pesaing anda, jangan main di ranah itu, main di keunggulan anda yang lain, misalkan, anda memiliki mesin dengan kecepatan cetak tinggi, maksimalkan speed atau waktu cetak dengan tetap memperhatikan kualitas, gunakan keunggulan speed tersebut untuk melawan saingan anda. itu hanya salah satu contoh, bila anda tidak memiliki keunggulan dalam speed, cari keunggulan anda yang lain dan fokus dan maksimalkan potensi tersebut.

    Pertahankan pertarungan bisnis di wilayah anda sendiri, dimana anda di situ kuat. dan jangan bersaing di tempat dimana anda lemah. karena dalam perang harga, suatu usaha atau bisnis dengan kantong yang lebih dalam hampir selalu menang.

    5. Gunakan Seluruh Potensi Dari Alat Marketing
    Usaha kecil sekalipun kini lebih mudah untuk bersaing dengan perusahaan besar dalam hal marketing, karena banyak sekali fasilitas yang dapat kita gunakan untuk memasarkan produk atau jasa kita menggunakan media sosial, situs iklan, dan masih banyak lagi. karena pada alat alat tersebut, kita dapat menjaring sebanyak banyaknya target pasar potensial yang kita mau.

    Banyak perusahaan kecil yang dapat mencetak kesuksesannya melalui media sosial, dan bagi banyak perusahaan, ini menjadi sebuah alat peng hemat waktu yang sangat efektif dan menguntungkan. untuk lebih lengkapnya, bagaimana memaksimalkan peluang kesuksesan anda dengan Konsultasi Bisnis (Gratis) dengan kami. mudah-mudahan kami dapat membantu anda lebih banyak, karena dalam artikel, tidak banyak hal yang bisa kami tuangkan semua untuk anda.

    ~ Sumber ~
     


  2. Muhamad Romli

    Muhamad Romli New Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Messages:
    372
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Selama yang minat banyak, dan tempat usahanya bagus, saya rasa cukup menggiurkan ko
     
  3. bimo

    bimo New Member

    Joined:
    Mar 14, 2018
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Pegawai swasta
    Location:
    Tangerang Selatan
    betul kak, setuju
     
Loading...

Loading...

Share This Page