Apa Yang Terjadi Jika Anak Susah Makan ?

Achmad Try

New Member
Semua orang ingin anaknya tumbuh dengan sehat disertai asupan gizi yang cukup. Yang jadi masalah, terkadang anak suka nya main mulu sampai lupa makan.

Tahukah anda apa yang akan terjadi pada anak jika susah makan ?? Berikut ini akan saya bahas mengenai akibat dari anak yang susah makan :

Badan Jadi Kurus

Jika anda susah makan tentu saja badannya jadi kurus dan terlihat tidak sehat. Anak-anak perlu makanan yang bernutrisi serta gizi sehat seimbang supaya tidak kurus dan bisa tumbuh sehat. Jika anda susah makan, maka berikan anak nutrisi terbaik pada makanan nya. Sebagai tambahan anda bisa membeli obat gemuk di apotik untuk membuat anak mau makan lagi.

Muncul Penyakit

Anak yang susah makan akan berisiko terkena berbagai macam penyakit. Jika anak susah makan, maka daya tahan tubuhnya jadi lemah sehingga rentan terserang penyakit. Apabila anak sudah berusia 11 tahun tetap susah makan dan mudah terkena penyakit, maka ketika dewasa bisa sakit-sakitan.

Munculnya Masalah Makan

Beberapa masalah makan yang bisa muncul ketika anak susah makan adalah binge eating disoerder atau nafsu makan berlebihan, bisa juga terkena bulimia dan anoreksia. Biasanya anoreksia akan muncul ketika dewasa, hal ini dikarenakan ketika anak-anak sudah diyakini oleh keyakinan yang salah mengenai tubuh kurus itu adalah ciri fisik yang baik.

Tidak Tumbuh Dengan Baik

Sangat jelas, jika anak susah makan maka anak akan tumbuh dengan tidak baik alias tidak sehat. Masa pertumbuhan anak akan terhambat apabila anak susah makan, maka ketika anak-anak sangat penting untuk mendapatkan nutrisi yang baik bagi tubuhnya. Kalau bisa, setiap harinya anak harus diberi asupan nutrisi terbaik.

Meningkatkan Risiko Kematian

Anak yang susah makan bisa sangat kelaparan, tapi karena terbiasa tidak makan maka anak tidak akan pernah bilang kalau dia sebenarnya sedang kelaparan dan membutuhkan makanan. Oleh sebab itu, anak yang susah makan bisa meningkatkan risiko kematian.

Jadi itulah beberapa hal yang terjadi apabila anak susah makan.

Anda sebagai orang tua harus bisa memaksa anak yang susah makan menjadi mau makan lagi. Jangan abaikan masalah anak yang susah makan karena bisa datangkan berbagai macam masalah.

Seharusnya orang tua itu kreatif, buatlah makanan sehat yang berbentuk menarik atau variasi kan makanan setiap harinya supaya anak tidak bosan. Karena biasanya anak yang susah makan itu adalah anak yang sudah bosan makan. Anak seperti ini memiliki anggapan bahwa bermain itu lebih menyenangkan daripada makan.

Kemudian anda juga sebaiknya jangan pernah memberi anak jajanan tidak sehat. Jajanan tidak sehat itu rasanya enak, maka sekali coba bisa ketagihan. Jika anda sebagai orang tua memulai dengan jajanan sehat, maka anak akan terbiasa dengan makanan sehat.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top