Apakah Penyakit Gonorrhea Itu? Dan Apa Berbahaya?

melisa23

New Member

Selamat sore Gan Sis, Kali ini Ane bakalan membahas mengenai penyakit gonorrhea, lalu apakah penyakit gonorrhea itu? Dan apakah penyakit ini berbahaya dan menular?

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit gonorrhea ataupun gonore dan biasanya dikenal dengan sebutan penyakit kencing nanah adalah salah satu penyakit menular 's3kzual' (PMS) yang umumnya menular melalui kontak 's3kzual', cairan tubuh penderita, ataupun penularan dari ibu hamil ke bayi.

Gonore atau gonorrhea adalah penyakit yang mudah menular melalui kontak 's3kzual', cairan tubuh penderita, ataupun penularan dari ibu hamil ke bayi. Ada beberapa hal yang harus diketahui terkait dengan gonorrhea, berikut penjelasannya.

Lalu, Apakah yang Menyebabkan Penyakit Gonorrhea?



Perlu Anda ketahui bahwa penyebab penyakit gonorrhea adalah adanya infeksi bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae. Tempat-tempat tertentu yang sering diserang oleh bakteri ini adalah pada bagian serviks, saluran kencing dan saluran sperma, dubur, mata dan juga tenggorokan.

Apa Sajakah Gejala-Gejala Gonorrhea?

Banyak penderita gonorrhea yang tidak mengalami gejala apapun, namun walaupun tidak menunjukkan gejala, akan tetapi penderita bisa menularkan gonorrhea pada orang lain.

Dan jika gejala muncul, biasanya sekitar 2 hingga 10 hari setelah tubuh terpapar bakteri Neisseria gonorrhoeae, selain itu perlu Anda ketahui bahwa umumnya gejala gonorrhea yang dialami oleh wanita dan pria cenderung akan berbeda, seperti:

- Gejala Gonorrhea Pada Pria, Diantaranya:

Pada pria biasanya gejala yang terjadi seperti keluar lendir tidak normal yang berwarna kuning kehijauan ataupun putih susu dari Mr P, kemerahan dan bengkak pada ujung 'p3n1s', sakit ketika buang air kecil, buang air kecil meningkat, tenggorokan terasa terbakar (biasanya setelah melakukan oral s3ks), kelenjar getah bening bengkak, testis membengkak dan biasanya gejala ini akan muncul setelah 14 hari setelah bakteri menginfeksi.

- Gejala Gonorrhea Pada Wanita

Pada wanita biasanya gejala gonorrhea adalah seperti keluar lendir tidak normal yang berwarna kuning kehijauan ataupun putih susu dari m1ss v, terasa nyeri di perut bagian bawah atau panggul, sakit ketika buang air kecil, buang air kecil meningkat, pendarahan abnormal di luar siklus menstruasi, muncul bercak darah setelah melakukan hubungan 's3kzual', bengkak di area vulva, kelenjar getah bening bengkak, konjungtivitis, demam.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Terinfeksi Gonorrhea?

Jika Anda seorang yang aktif secara 's3kzual' dan sering berganti-ganti pasangan s3ks dan memiliki salah satu gejala gonore seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter spesialis di Klinik Utama Gracia.

Dan biasanya dokter akan mendiagnosis dengan memeriksakan kondisi Anda ke dokter akan memeriksa sampel cairan yang berasal dari bagian tubuh yang diduga terinfeksi bakteri gonore, seperti m1ss v, 'p3n1s', uretra, dubur, ataupun tenggorokan.

Cairan akan diambil menggunakan cotton bud. Pada wanita alat tersebut akan dimasukkan ke dalam m1ss v atau mulut rahim. Dokter juga akan mengambil sampel yang berasal dari ujung uretra. Lalu sampel tersebut diperiksa di laboratorium.

Sedangkan pada pria, dokter akan memeriksa sampel cairan dari ujung 'p3n1s', dan menyarankan tes urine. Adapula pemeriksaan lain, seperti tes penyakit menular 's3kzual' lainnya, karena biasanya gonore bisa menyebabkan infeksi lain.

Mengerikan Inilah Dampak Gonorrhea Jika Tidak Diobati

Jika gonorrhea tidak diobati maka akan menimbulkan dampak tersendiri bagi penderitanya. Seperti pada wanita, gonorrhea bisa membuat terjadinya penyakit radang panggul, ketidaksuburan dan juga terjadi kehamilan ektopik. Sedangkan pada pria, dampak gonorrhea adalah menyebabkan epididimis, permasalahan prostat, dan sulit buang air kecil.

Bagaimanakah Cara Mencegah Gonorrhea?

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, untuk itu, sebelum Anda terinfeksi gonorrhea, ada baiknya Anda mencegah terjadinya penyakit ini, dengan cara melakukan hubungan 's3kzual' yang aman, menggunakan kondom ketika berhubungan 's3kzual', dan tidak bergonta-ganti pasangan.

Jika Anda mengalami gejala gonorrhea, ada baiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Jika gonorrhea tidak segera diobati dengan tuntas, maka bisa menimbulkan komplikasi yang sudah disebutkan di atas. Karena itulah penanganan dan pengobatan yang tepat harus segera dilakukan. Biasanya pengobatan akan dilakukan dengan pemberian antibiotik oral ataupun injeksi.

Pengobatan juga harus dilakukan pada pasangan 's3kzual' Anda, agar tidak terjadi kekambuhan infeksi. Anda juga disarankan melakukan pengobatan, jika dirasa telah melakukan hubungan 's3kzual' yang berisiko, ataupun mencurigai telah terpapar cairan tubuh penderita gonorrhea yang lain. Deteksi penyakit ini lebih dini, agar tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai penyakit Gonorrhea dan jika misalkan Anda aktif secara 's3kzual' dan memiliki salah satu gejala seperti diatas maka segeralah konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia karena merupakan salah satu Klinik Spesialis Penyakit Kelamin yang terpercaya di Jakarta.

For Sumur: Klinikginekologi.net
 

melisa23

New Member
[QUOTE = "Nabila, posting: 15690, member: 750"] Serem ya :([/ QUOTE]
Iya Sis serem banget, tapi jangan khawatir karena untuk mencegahnya cukup sederhana ko yaitu dengan menghindari berbagai macam kontak 's3kzual' tapi Kamu masih bisa berhubungan dengan pasangan sah Kamu ;)
 
Loading...

Thread Terbaru

Top