Aturan pemberian tanda koma dalam bahasa Inggris

Status
Not open for further replies.

Juwana

New Member
Tanda koma digunakan untuk memisahkan word, phrase, atau clause saat diperlukan jeda sejenak. Terdapat beberapa aturan untuk koma dimana penggunaannya sering dihubungkan dengan rasa atau penekanan. Kesalahan yang umum adalah penggunaannya yang berlebihan sehingga mengganggu "aliran" kalimat.

Aturan terbaik dalam menggunakan tanda koma adalah hanya jika bermanfaat bagi makna. Koma diperlukan dalam daftar noun, adjective, verb, atau adverb.

Contoh:
  • Butter, milk, eggs, and cheese are in short supply.
  • The play was long, boring, tasteless, and badly acted.
  • The children laughed, cheered, and shouted.
  • It should be sung softly, gently, and lightly.
Koma sebelum "and" yang mendahului benda terakhir dalam daftar bersifat opsional tetapi biasanya tidak perlu. Koma tidak diperlukan saat daftar adjective mendahului noun dengan cara yang mengalir.

"A big old orange estate car drew up alongside."

Tetapi koma membantu menekankan jika adjective saling bertentangan:

"An angular, twitching, untidy-looking young man."

Koma juga digunakan dalam daftar phrase atau clause (main atau subordinate):

  • "His favourite relaxations are listening to music, cultivating raspberries, and sailing his boat at weekends." (phrases)
  • "We went to a restaurant, spent a long time over our meal, and talked of old times." (main clauses)
  • "He said that he had bought the house as a ruin, renovated it at considerable expense, and then sold it." (subordinate clauses)

Dalam susunan yang panjang seperti ini, koma sebelum "and" yang mendahului benda terakhir merupakan penanda yang bermanfaat, tetapi tidak wajib, dan ada yang berpendapat bahwa pilihan ini berlebihan dan merepotkan.

Sumber: https://pintarbahasainggris.com/community/general-discussions/aturan-penggunaan-tanda-comma-dalam-bahasa-inggris/
 

Rize Kaneki

New Member
Kita tahu bahwa masih banyak orang yang belum paham bahkan mengabaikan penggunaan tanda koma. Padahal tanda koma sendiri keberadaannya sangat diperlukan dalam menyusun kalimat yang benar.
Btw, terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top