Bakteri Pencernaan Yang Dibutuhkan Oleh Manusia

hersam

New Member
Tidak semua bakteri itu merugikan, contohnya adalah bakteri pencernaan. Bakteri ini malah sangat dibutuhkan oleh seseorang. Bakteri ini telah ada dalam tubuh anak semenjak dilahirkan.

Jumlah bakteri memang tidak bisa dihitung. Bakteri ini tersebar dimana-mana. Salah satunya adalah di dalam sistem pencernaan anak.

Tempatnya berada di usus besar dan beberapa ada di usus kecil. Keberadaannya di dalam organ tubuh seseorang bermanfaat untuk menunjang fungsi organ tubuh. Tidak mengherankan jika bakteri ini dianggap sebagai sahabat terbaik bagi manusia.

Memang tidak banyak jenisnya, tapi itu sudah cukup bagi seseorang. Bahkan, seseorang disarankan untuk menjaganya agar hidup di dalamnya. Nah, apa saja bakteri yang dibutuhkan manusia di dalam tubuhnya?

Bakteri Paling Ramah Di Dalam Tubuh

Penyerapan makanan tidak akan sempurna bilamana tidak mendapatkan campur tangan dari bakteri. Bakteri-bakteri tersebut bertugas khusus untuk memuluskan kinerja usus. Diantara bakteri baik yang dibutuhkan manusia adalah sebagai berikut ini.

  • Bakteri Bacteroides
Bakteri backteroides termasuk bakteri yang ramah dalam tubuh seseorang. Ini termasuk kategori bakteri pencernaan yang punya tugas khusus di dalam organ usus. Tanpanya, pemecahan zat nutrisi di dalam tubuh malah tidak bisa terjadi.

Bakteri ini secara alamiah telah berada di dalam sistem pencernaan saat seseorang dilahirkan. Adanya bakteri ini memungkinkan tubuh bisa memecah makanan tertentu menjadi lebih kecil. Pemecahan zat makanan inilah yang nantinya akan dimanfaatkan tubuh.

Yakni dimulai dari pemecahan zat makanan menjadi lebih kecil. Lantas zat terkecil ini dibawa oleh darah ke seluruh tubuh.

Secara umum, bacteroides ini akan melepaskan enzim tertentu untuk memecah jenis makanan yang sulit diuraikan. Makanan yang paling sulit adalah bayam. Bayam yang telah dikonsumsi inilah yang akan ditangani langsung oleh bacteroides.

Enzim dikeluarkan untuk membantu pencernaan bayam. Bayam yang tercerna dengan baik memungkinkan tubuh melakukan penyerapan sari makanan. Dan sari makanan tersebut akan berguna untuk tubuh secara keseluruhan.

Contoh beberapa hasil pekerjaan dari Bacteroides adalah tersedianya vitamin K dan B. Vitamin-vitamin ini didapatkan tubuh akibat fungsi dari bakteri ramah. Vitamin ini akan didistribusikan pada organ tubuh yang membutuhkannya.

  • Bakteri Lactobacillus
Jenis bakteri yang juga ramah di dalam tubuh manusia adalah Lactobacillus. Bakteri ini juga punya peranan penting di dalam sistem pencernaan manusia. Jumlahnya yang stabil akan bermanfaat untuk banyak hal.

Bakteri ini bisa melindungi saluran pencernaan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah untuk melindungi dari serangan bakteri jahat. Bakteri jahat yang masuk di dalam tubuh secara alamiah akan diperangi sehingga tidak menimbulkan sejumlah masalah.

Intinya, bakteri ini punya peranan khusus dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Bakteri ini menawarkan perlindungan dari serangan bakteri lain. Menariknya lagi, bakteri ini dianggap sebagai bakteri sangat baik, khususnya bisa melawan serangan kanker ataupun tumor yang mematikan.

Gaya Hidup Untuk Menjaga Jumlah Bakteri Baik

Bakteri sistem pencernaan memang sangat diperlukan. Namun harus diingat bahwa bakteri ini juga bisa mati di dalam usus. Membuat sistem pencernaan tidak bekerja maksimal.

Supaya jumlahnya tetap stabil ataupun bertambah, seseorang perlu menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Pola hidup sehat ini sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, serta menjauhkan dari sejumlah penyakit.

Khusus untuk menjaga jumlah bakteri baik, seseorang diharapkan bisa menerapkan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Konsumsi probiotik sendiri bisa meningkatkan jumlah bakteri baik secara signifikan.

Probiotik sendiri terdapat pada berbagai jenis makanan yang difermentasi. Proses fermentasi inilah yang memungkinkan bakteri baik hidup. Diantara makanan yang bisa meningkatkan bakteri baik adalah tempe, yoghurt, kimchi dan lain sebagainya.

Selain dari makanan, peningkatan bakteri bisa didukung dengan kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga yang membutuhkan banyak gerakan dianggap sangat mendukung. Karena memang tubuh butuh aktifitas, aktifitas yang baik juga akan berpengaruh pada seluruh sistem di dalam tubuh, tidak terkecuali pada pembiakan bakteri baik.

Peningkatan bakteri dengan gaya hidup olahraga ini dipertegas dengan adanya penelitian yang dilakukan di Irlandia. Sekitar 40 atlet rugby diteliti selama beberapa hari.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa atlet tersebut memiliki bakteri baik lebih besar. Tentunya bila dibandingkan dengan orang yang jarang bergerak di tiap harinya. Menariknya lagi, jenis bakteri baik di dalam tubuhnya juga lebih banyak.

Ini menandakan bahwa olahraga juga sangat berperan untuk menjaga kehidupan bakteri baik. Orang yang rutin olahraga akan lebih sehat. Daya tahan tubuhnya lebih kuat, sistem pencernaannya juga lebih lancar, tentunya tidak mudah jatuh sakit.

Pola hidup yang sama baiknya untuk menjaga bakteri baik adalah istirahat yang cukup. Istirahat ini juga akan berpengaruh pada berubah tidaknya jumlah bakteri pencernaan yang ramah.

Pada saat istirahat, siklus tidur akan mempengaruhi hormon pengontrol istirahat di dalam tubuh. Hormon dalam tubuh yang terkendali memungkinkan bakteri tetap terjaga.

Ini berkebalikan jika seseorang tidak cukup waktu istirahatnya. Hormon di dalam tubuh tidak akan terkendali. Ini berdampak pada ketidaknormalan sirkulasi. Akibatnya, bakteri di dalam tubuh menjadi berkurang.

Pandangan tentang pola tidur ini masih sebatas hipotesis. Namun jika dilihat dari kecenderungan orang yang kekurangan tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan, kemungkinannya adalah bakteri di dalam tubuh memang berkurang. Karena bakteri baik nyatanya punya kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kesimpulannya, bakteri juga punya peran khusus untuk membantu manusia di dalam tubuhnya. Seseorang disarankan untuk menjaga bakteri pencernaan ini agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top