Beberapa makanan pemicu miom membesar

Status
Not open for further replies.

lingshenyao

New Member
Penyakit miom adalah benjolan yang berisi otot polos atau juga jaringan ikat. Isi dari benjolan tersebut membentuk pusaran didalamnya seperti konde. Pemicu miom belum bisa dipastikan, namun salah penyebab penyakit miom di rahim yaitu hormone yang tidak seimbang. Ada beberapa makanan yang dapat membantu mengecilkan miom. Sebaliknya, ada juga makanan pemicu miom membesar yang perlu dihindari.

Asupan makanan sangat berperan penting dalam memicu suatu penyakit atau membantu menyembuhkan miom. Gejala yang biasanya dirasakan cukup umum pada pederita miom. Misalnya nyeri ketika haid dan siklus haid yang tidak teratur. Namun, jika miom sudah cukup besar gejala yang timbul lebih parah. Misalnya menjadi sering kencing, sulit BAB, ada rasa tidak nyaman pada panggul dan nyeri ketika berhubungan intim.

Penyebab miom belum dapat diketahui. Namun, ada beberapa hal yang memicu pertumbuhan miom ini. Berikut beberapa faktor pemicunya :

  • Hormon
Ada 2 hormon yang diproduksi ovarium, yaitu estrogen dan progesteron. Hormon estrogen dan progesteron dapat menyebabkan lapisan dinding rahim beregenerasi setiap menstruasi, sehingga dapat merangsang tumbuhnya miom jika darah tidak keluar semua. Sedangkan ketika hamil kedua hormon ini terjadi peningkatan, sehingga memperbesar peluang tumbuhnya miom.

  • Riwayat keluarga
Miom juga dapat diturunkan dari generasi sebelumnya. Misalnya pada seseorang yang memiliki ibu, nenek atau saudara perempuan yang mengalami. Maka risiko terkena miom juga menjadi lebih besar.

Jika anda mengalami gejala dan mempunyai salah satu faktor pemicu sebaiknya periksakan diri pada dokter. Untuk pemeriksaanya akan diawali dengan wawancara medis terkait gelaja yang dirasakan dan Riwayat menyakit pasien. Setelah itu, akan dilakukan pemeriksaan fisik pada daerah rahim, untuk melihat apakah terdapat ciri tumor atau tidak. Jika ditemukan yang dicurigai miom, maka akan dilakukan pemeriksaan penunjang. Yaitu dengan USG dan MRI.



Pengobatan

Setelah mendapatkan hasil dari pemeriksaan, maka akan di putuskan pengobatan yang dibutuhkan pasien. Berikut beberapa cara pengobatan bagi pasien miom :

Pemberian obat anti-nyeri, misalnya parasetamol.


Terapi hormonal. Terapi ini dilakukan menggunakan gonadotropin-releasing hormone (GnRH) atau preparat progestin. Kedua bahan ini bertujuan untuk membantu menyeimbagkan hormone.


Prosedur miomektomi. Pengobatan ini dilakukan dengan cara pembedahan yang bertujuan untuk mengangkat mioma. Proses pengobtan ini sebaiknya dipertimbangkan pada wanita usia muda dan masih ingin untuk hamil dalam waktu dekat. Hal ini karena setelah melakukan operasi, pasien disarankan untuk menunda kehamilan 4 hingga 6 bulan.


Prosedur histerektomi. Cara ini yaitu dengan cara operasi pengangkatan rahim. Prosedur ini menjadi pilihan terakhir karena setelah melalukan prosedur ini tak bisa hamil lagi. Maka perlu di pikirkan baik-baik jika ingin memutuskan memilih prosedur ini untuk pengobatan miom.


Setelah melakukan pengobatan, pasien disarankan melakukan pemeriksaan untuk memantau penyembuhan. Pemeriksaan fisik secara umum dan USG, biasanya dilakukan dalam masa penyembuhan setiap 6 hingga 8 minggu. Namun, jika penyembuhan berjalan dengan baik maka kontrol dilakukan setiap 3 hingga 4 bulan. Selama masa penyembuhan juga disarankan untuk menghindari makanandan miuman tertentu. Berikut beberapa makanan pemicu miom membesar :

Makanan Cepat Saji

Tak hanya untuk pengidap kista saja, makanan cepat saji memang dinilai kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering. Pada makanan cepat saji mengandung banyak pengawet dan juga kolesterol yang dapat memperburuk kondisi kista. Kadar kolesterol yang tinggi dapat micu penyakit jantung coroner pada seseorang.

Minuman Soda dan Alkohol
Minuman bersoda dan alcohol dapat memicu peningkatan kadar hormone estrogen. Yang dimana ketidaksembangan hormone dapat membuat kista semakin parah. Selain itu, minuman ini juga tidak baik untu tubuh. Dapat mememicu obesitas dan tidak baik bagi jantung.

Minuman yang Mengandung Kafein
Minuman yang memiliki kandungan kafein dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain itu, kopi dapat membuat kesulitan tidur jika dikonsumsi pada malam hari.

Daging Merah
Meski makan daging merah dinilai baik, namun lain bagi penderita kista. Konsumsi daging merah dapat anda batasi selama kehamilan. Daging merah mempunyai kandungan kolesterol cukup tinggi sehingga dapat memicu tumbuhnya sel abnormal termasuk memperbesar kista.

Beberapa Sayuran dan Buah
Pantangan makanan kista yang berikutnya adalah buah san sayur tertentu. Sayuran dan buah juga baik dikonsumsi,namun ada beberapa jenis sayur dan buah yang sebaiknya dihindari. Sayur tauge, sawi putih dan buah nangka, durian, anggur yang sebaiknya dihindari.



Selain melakukan pengobatan dan menghindari makanan pemicu miom membesar, menjaga makanan pun penting. Asupan makanan juga berperan penting untuk mencegah miom tumbuh kembali. Berikut makanan yang disaran untuk penderita miom :


Pare


Walaupun sayur pare memiliki rasa pahit, namun kandungan vitamin Cnya cukup tinggi. Sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyebuhan luka. Daya tahan tubuh yang menurun dapat menjadi salah satu pemicu miom semakin membesar.

Pada beberapa terapi penyembuhkan biasanya pare lebih sering dijadikan jus. Namun apakah miom dapat disembuhkan dengan minum jus pare? Tentunya untuk para pedderita miom banyak yang bertanya-tanya akan hal ini. Jawabannya bisa. Jus pare dipercaya mampu mengecilkan hingga mengobati miom.



Dengan konsumsi jus pare dengan rutin minimal 1 hari sehari dapat membantu mengecilkan miom. Jus ini juga biasa ditambahkan dengan brokoli yang juga baik untuk pederita miom. Untuk menambah rasa jus agar tidak terlalu pahit, bisa anda tambahkan perasan jeruk lemon dan juga madu. Berikut cara membuat jus pare untuk miom :


Bahan yang peru disiapkan :
• 1 batang pare.
• 300 gram brokoli.
• 1 buah lemon.
• 3 sendok madu.
• Air 500 ml.


Cara membuatnya :
1. Cuci bersih pare, brokoli dan lemon.
2. Potong pare agar lebih mudah di blender. Jangan lupa buang biji pare agar tidak terlalu pahit.
3. Masukan pare, brokoli dan air kedalam blender. Lalu blender hingga halus.
4. Saring jus pare sambil dipindahkan dalam gelas.
5. Tambahkan perasan lemon dan juga madu.
Dalam 1 resep ini bisa untuk 2 kali minum. Sepalin pare dan brokoli Anda juga dapat konsumsi bayam dan wortel.



Lemon


Seperti yang sudah ditulis sebelumnya jika miom dan kista termasuk pada jenis tumor. Tumor merupakan sel abnormal yang tumbuh tidak terkendali dan berpotensi bekembang menjadi kanker. Jika tumor semakin membesar selain akan berkembang menjadi kanker.
Hasil penelitian juga menunjukkan jika ekstrak mampu menghancurkan sel-sel ganas didalam tubuh. Tak hanya miom dan kista saja, juga termasuk kanker usus, kanker paru-paru dan kanker payudara. Bahkan banyak peneliti berani mengklaim jika lemon lebih efektif dalam pengobatan kanker melebihi kemoterapi. Dengan catatan pasien tah mempunyai masalah lambung dan dikonsumsi dengan rutin dan sesuai anjuran. Selain lemon, juga bisa konsumsi apel, berry, alpukat dan pisang.



Omega 3


Omega 3 lebih dikenal dapat menutrisi otak, ternyata Omega 3 memiliki sifat antiradang. Sehingga dapat mencegah miom membesar. Benjolan yang sedang meradang dapat menimbulkan nyeri apalagi Ketika haid. Makanan yang mengandung Omega 3 yaitu tuna, salmon, sarden, kerrang dan kod.



Zat besi


Makanan untuk penderita kista dan miom yang terakhir yaitu makanan yang mengandung zat besi. Miom dapat menyebabkan perdarahan jika membesar, sehingga zat besi untuk menanggulanginya. Zat besi yang hilang perlu diganti agar tidak terjadi anemia. Makanan yang mengandung zat besi Misalnya daging sapi, sayuran hijau, ikan air tawar, apricot dan telur.
 

OmTon

New Member
Baru dengar ada penyakit namanya miom. Itu sejenis kista atau tumor rahim ya? Nanti saya tunjukin artikel ini ke istri biar mengurangi konsumsi makanan dan minuman diatas guna mengurangi resiko terkena sakit miom. Terimakasih informasinya, bermanfaat
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top