Berbagai Jenis Perangkat Kompter Berdasarkan Fungsinya

Discussion in 'General Computer' started by Tips Komputer, Mar 30, 2018.

  1. Tips Komputer

    Tips Komputer New Member

    Joined:
    Oct 31, 2017
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Occupation:
    bloger
    Location:
    Indonesia
    Secara fisik, kita bisa melihat komputer dengan bagian – bagiannya seperti itu adanya. Namun ternyata, di dalamnya tersimpan banyak sekali komponen yang sangat rumit yang tidak kita sangka sebelumnya. Mungkin bagi anda yang sudah menguasai komputer, ini tidak asing lagi. Namun untuk kita orang awam, perangkat komputer hanya baru sekedar teori dasarnya saja.

    Yang kita ketahui, ada dua jenis komputer yang sekarang ini digunakan dan dijual dipasaran. Yaitu komputer PC dan komputer Laptop (Note Book). Dari segi fisiknya memang beda, namun kalau kita lihat dari komponen dan perangkatnya, isinya sama yaitu terdiri dari beberapa macam perangkat keras komputer.

    Skarang, kita tidak perlu terlalu jauh membahas dengan detail semua bagian- bagian komputer tersebut. Sebagai penambah wawasan, sekarang kita belajar mengenai dasar – dasar komputer dengna mengenal bagian – bagiannya.

    1. Perangkat Input Komputer

    Perangkat masukkan adalah perangkat yang berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer untuk mengerjakan sesuatu seperti menyeleksi tulisan atau file, memindahkan, menghapus dan berbagai macam perintah lainnya. Perangkat yang mengambil bagian dalam sistem input contohnya seperti keyboard & mouse.

    2. Perangkat Proccesing

    Merupakan satu sistem komputer dengan tugas yang paling inti yaitu eksekutor. Menjalankan perintah dan juga memproses perintah – perintah yang diberikan melalui perangkat input. Karena fungsinya cukup berat.

    Sistem ini terdiri dari banyak komponen atau perangkat seperti Proccessor, RAM, Motherboard, Hard disk, VGA card, Soud Card dan berbagai macam perangkat lainnya. Pada komputer PC perangkat – perangkat ini terletak di box yang dinamakan CPU (central proccessing Unit). Dan biasanya perangkat - perangkat inilah yang dikenal dengan hardware (perangkat keras komputer)

    3. Perangkat Output Komputer

    Bagian komputer yang terakhir yaitu perangkat output. Sebagaimana ada perangkat input, tentu juga ada perangkat output. Fungsi dari perangkat ini adalah sebagai output atau keluaran dari sistem proccessing .

    Contoh perangkat output komputer yang utama adalah monitor yang tersambung pada bagian VGA card sebagai display. Perangkat output lainnya yaitu printer. Merupakan perangkat aksesoris yang berfungsi sebagai alat cetak dokumen atau gambar dari komputer.

    Setidaknya ada tiga macam perangkat atau komponen yang ada di dalam komputer kita. Semuanya bekerja secara sinergis sehingga bisa kita gunakan sebagaimana mestinya. Sekian, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
     


  2. Muhamad Romli

    Muhamad Romli Active Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Gender:
    Male
    Hm... jadi inget pelajaran sekolah, Orang sekarang udah banyak meninggalkan komputer yaa, karena sekarang smua kemudahan udah ditawarkan smartphone, kecuali mungkin untuk urusan kerjaan real
     
  3. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Active Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Gender:
    Male
    Location:
    Indonesia, Jakarta
    Materi waktu SMP dulu nih. Disekolah disediakan komputer satu untuk berdua. Alhasil waktu ngerjain tugas, hanya satu orang yang ngerjain, yang lain tinggal kopas :D
    Apesnya saya yang kebagian ngerjain, temen saya yang kopas boy16:
     
  4. raden92

    raden92 Member

    Joined:
    Jun 8, 2017
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Female
    Buat saya, point nomer 3 itu paling penting sih, karena saya bekerja di salah satu kantor agency advertising di bidang design daerah jakarta jadi saya perlu komputer dengan spesifikasi perangkat di sektor processing yang mumpuni untuk ngejalanin aplikasi/software kaya photosop, corel dll gitu, yang bahkan bisa di bilang aplikasi aplikasi ini lebih berat dari sebuah game, kalau gk, bisa gawa tiba tiba pas lagi ngebuat project dari client, trus komputer ngecrash,ngehang bahkan bluescreen. apa lagi data belom tersave boy7: tamat deh
     

Artikel Sponsor

loading...

Loading...

Share This Page