Berbagai Jenis Salep Mata, Pastikan Anda Pilih Yang Tepat

Discussion in 'Health & Beauty' started by hidupsehat, Jul 19, 2019.

  1. hidupsehat

    hidupsehat New Member

    Joined:
    May 7, 2019
    Messages:
    63
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mata kita terpapar dengan kuman dan benda asing setiap saat. Kedipan mata, air mata, bulu mata, adalah contoh bentuk pertahanan tubuh untuk mencegah benda asing masuk ke dalam mata. Namun demikian, iritasi atau infeksi mata seringkali sulit dihindari. Obat yang tersedia untuk mengatasi sakit mata tersedia dalam bentuk tetes dan salep mata. Kedua jenis obat ini dirancang untuk langsung diaplikasikan ke mata agar penyerapan obat lebih cepat, dan reaksinya dibatasi hanya lokal pada mata saja.

    Salep mata adalah bentuk obat mata yang umum digunakan. Kandungan zat aktifnya terdapat beberapa macam. Mari kenali jenis-jenis salep mata serta kegunaannya.

    Salep Mata Antibiotik

    Salep mata antibiotik adalah jenis salep mata yang paling umum ditemui. Jenis salep ini digunakan untuk mengatakan penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi bakteri pada mata dapat menyebabkan keluhan mata merah, mata belekan, rasa gatal atau mengganjal pada mata. Salep mata antibiotik juga sering digunakan untuk mengatasi hordeolum atau mata bintitan.


    Salep Mata Antivirus

    Infeksi mata akibat virus, disebut konjungtivitis viral, sering terjadi dan biasanya sangat mudah menular. Infeksi virus pada mata menyebabkan mata merah, rasa nyeri, pegal, atau berair lebih banyak dari biasa. Namun umumnya infeksi virus ini dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak membutuhkan antivirus. Salep mata antivirus, yang biasanya mengandung acyclovir, ditujukan untuk mengobati radang mata akibat herpes simplex


    Salep Mata Kortikosteroid

    Salep mata kortikosteroid biasanya diresepkan oleh dokter mata sebagai terapi jangka pendek untuk mengatasi reaksi radang, mata merah, atau iritasi mata. Obat ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka lama, kecuali ada indikasi dan petunjuk dari dokter. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan salep mata ini.


    Salep Mata Antiseptik

    Salep mata yang mengandung asam borat bekerja sebagai antiseptik ringan untuk radang pada kelopak mata. Selain dapat menon-aktifkan bakteri, asam borat juga dapat menonaktifkan jamur.


    Macam-macam salep mata akan efektif digunakan jika tepat guna sesuai indikasi. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah pada mata, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
     


Loading...

Loading...

Share This Page