Bingung Mau Rintis Bisnis Startup Di Mana? Coworking Space Solusinya

Discussion in 'Startups' started by Digitalbanget, Nov 30, 2018.

  1. Digitalbanget

    Digitalbanget New Member

    Joined:
    Aug 9, 2017
    Messages:
    53
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Coworking space adalah solusi bagi pebisnis startup pemula karena fleksibel, bisa memperluas jaringan, mendapatkan ide dsb.


    Jadi, Anda sudah punya rencana bisnis tapi masih belum tahu mau memulainya dari mana? Pertanyaan yang sama juga pasti pernah muncul di kepala para pengusaha besar dunia. Jika Apple lahir dari garasi mobil, saat ini kita punya Instagram; Uber; dan Spotify yang lahir dari coworking space.



    Banyak pengusaha yang mungkin memilih bekerja dari rumah karena belum punya kantor sendiri. Namun sekali lagi, bekerja adalah proses yang melibatkan kreativitas. Tempat dengan suasana yang tidak mendukung bisa-bisa malah menghambat pekerjaan Anda. Di sinilah Anda bisa menjadikan coworking space sebagai solusi. Kenapa tempat kerja yang tengah tren ini banyak menjadi pilihan?





    Lebih Nyaman daripada Rumah atau Coffee Shop

    Selain rumah, kafe juga banyak dipilih oleh individu atau perusahaan yang membutuhkan ruang kerja. Sayangnya, kedua tempat ini tidak menyediakan fasilitas yang seharusnya Anda miliki saat bekerja. Meja yang cukup, ruang rapat, hingga peralatan kantor standar. Di sinilah coworking space berperan sebagai penyedia ruang kerja yang tak hanya memiliki fasilitas mumpuni, tetapi juga atmosfer yang mendukung produktivitas Anda.





    Fleksibel dari Banyak Sisi

    Selain biaya yang besar, kantor konvensional memiliki jangka waktu sewa yang umumnya panjang. Untuk Anda yang baru memulai usaha (dan belum tahu ke arah mana bisnis Anda akan berjalan), memiliki kantor dengan masa sewa hingga 5 tahun tidaklah fleksibel.


    Sebagai gantinya, sewalah ruangan atau meja di coworking space terdekat. Selain Anda bisa menyewa dengan jangka waktu fleksibel dengan metode pembayaran per jam, per hari atau perminggu, ruang rapat juga bisa Anda pakai dan bayar sesuai kebutuhan.





    Anda Bisa Mendapatkan Jaringan yang Lebih Luas

    Sebagai pengusaha baru, mencari kenalan atau jaringan sebanyak-banyaknya adalah sebuah keharusan. Coworking space sebagai tempat yang digunakan bersama-sama oleh berbagai komunitas dari beragam sektor industri adalah “ladang” yang luas dan menjanjikan bagi Anda untuk mendapatkan teman-teman baru. Sebut saja Anda sedang mengembangkan ide pembuatan startup fintech, Anda mungkin akan menemukan seorang web developer yang bisa membantu mewujudkan ide dari tempat kerja yang Anda sewa.





    Mendapatkan Ide dari Pengelola

    Banyak pengelola atau pemilik ruang kerja bersama adalah orang-orang yang akrab dengan dunia startup. Pengalaman mereka menampung orang-orang dari dunia kreatif bisa Anda manfaatkan untuk menggali ide lebih banyak.


    Bahkan, banyak pengelola yang bisa membantu Anda mengarahkan, memberikan ide serta masukan untuk perusahaan rintisan yang ingin Anda bangun.


    Ada juga coworking space yang di-set sebagai accelerator atau inkubator khusus startup. Di sini selain mendapatkan ide, Anda mungkin akan mendapakan akses kepada seorang investor atau menemukan mentor untuk membantu mengembangkan ide yang sudah ada.





    Coworking Space Menyediakan Tempat Sesuai dengan Ukuran Bisnis Anda

    Salah satu kelebihan menggunakan ruang kerja bersama ini adalah fleksibilitas yang tidak akan Anda temukan di kantor konvensional. Di awal, sebut saja Anda punya 5 anggota tim. Jika tim Anda semakin besar, Anda mungkin harus pindah dari kantor lama ke kantor baru. Masalah ini tidak akan Anda alami di coworking space.


    Ruang kerja ini menyediakan tempat sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika awalnya Anda hanya butuh ruang untuk lima orang dan mendadak perlu menambah anggota lagi, Anda tinggal menambah bayaran untuk tempat yang lebih luas. Jauh lebih mudah ketimbang harus menemukan tempat baru dan pindah dari kantor lama, bukan?


    Coworking space bukan hanya solusi bagi Anda yang sudah memiliki usaha. Orang-orang yang masih bingung dengan ide pun bisa datang ke tempat ini. Temukan orang-orang dengan visi yang sama dan bagilah ide Anda dengan mereka. Bukan tidak mungkin, perusahaan yang sekarang hanya ada dalam bayangan Anda bisa tumbuh sebesar Uber dan sesukses Spotify.


    Baca juga: Tips memilih coworking space
     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page